Last Update: June 25th, 2024 at 9:58 am

ID Card Karyawan yang Cocok Untuk Perusahaan

Kartu Identitas atau ID Card karyawan dalam sebuah perusahaan adalah kebutuhan yang penting dan wajib. Fungsinya sebagai tanda pengenal menunjukkan keanggotaan seseorang di perusahaan tersebut, menjadikannya esensial bagi staff selama bekerja.

Selain digunakan di lingkungan perusahaan, ID Card juga berperan sebagai pengenal bagi mahasiswa atau murid di berbagai instansi. Penggunaannya yang merata dan penting terbukti tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di hampir semua negara yang menggunakannya untuk kegiatan luar atau identifikasi di instansi perusahaan.

Perlu dicatat bahwa saat ini terdapat berbagai jenis ID Card dengan keunggulan masing-masing. Apa saja jenisnya dan fungsinya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Penjelasan Soal ID Card

contoh id card karyawan dengan lanyard

ID Card, pada dasarnya, adalah suatu bentuk kartu identifikasi yang dirancang untuk memudahkan saling pengenalan antarindividu. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan dalam menyebutkan nama seseorang dan memberikan informasi dasar mengenai identitas dan statusnya.

Penggunaan ID Card sangat umum di berbagai konteks, termasuk di kantor, dalam komunitas, di lingkungan universitas, dan pada acara-acara khusus. Dalam setiap momen tersebut, ID Card menjadi lebih dari sekadar kartu, melainkan sebuah lambang yang mencerminkan nilai dan peran seseorang dalam suatu lingkungan.

Meskipun sering dianggap sepele karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawa, keberadaan ID Card sebenarnya sangat penting. ID Card tidak hanya mencakup nama, tetapi juga dapat menunjukkan posisi atau jabatan, memberikan wawasan tambahan tentang individu tersebut.

Untuk menjaga keberlangsungan ID Card, tali gantungan seperti lanyard sering digunakan. Hal ini tidak hanya melindungi kartu dari kerusakan dan kehilangan, tetapi juga menawarkan opsi gaya dengan berbagai pilihan warna, model, dan bahan. 

Penggunaan card holder juga dapat menjadi alternatif untuk melindungi ID Card dengan lebih baik. Dengan demikian, ID Card tidak hanya berfungsi sebagai alat identifikasi, tetapi juga mencerminkan pentingnya pengenalan diri dalam berbagai situasi.

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk ID Card, Ini 5 Fungsi Bahan Lanyard

Jenis-Jenis dari ID Card

custom id card karyawan

Ternyata, tidak banyak yang mengetahui bahwa dalam era ini, kita memiliki beragam pilihan jenis ID Card yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi tertentu. Jenis-jenis ini umumnya dapat ditemui di berbagai instansi, memenuhi keperluan identifikasi dan pengenalan. Beberapa di antaranya adalah:

  • ID Card Standard

ID Card ini difungsikan sebagai kartu pengenal yang mencantumkan berbagai informasi penting, seperti nama, jabatan, identitas, nama perusahaan, dan foto pendukung. Umumnya, ID Card jenis ini digunakan di berbagai perusahaan sebagai alat identifikasi bagi karyawan. Keunikan ID Card Standard terletak pada fleksibilitas desainnya yang bisa berupa horizontal atau vertikal, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Meskipun desainnya sederhana, ID Card ini memiliki nilai praktis yang tinggi.

  • ID Card Pre-Printed

Meskipun bahan kartunya sama dengan ID Card Standard, perbedaannya terletak pada hasil cetaknya. Kartu pre-printed hadir dengan desain yang lebih sederhana dan menyediakan kolom kosong untuk pengisian manual. Harganya yang terjangkau menjadikan opsi ini populer di beberapa lingkungan kerja yang lebih casual. Meski simpel, ID Card jenis ini tetap memberikan fungsi identifikasi yang efektif.

  • ID Card Access

Meskipun mungkin terlihat serupa dengan jenis lainnya, ID Card Access memiliki fungsi yang lebih spesifik, yaitu sebagai bukti akses ke area tertentu. Hal ini terutama penting di gedung-gedung besar dengan tingkat keamanan yang ketat. Selain itu, ID Card Access juga berperan dalam membedakan antara tim internal dan tamu, menciptakan lapisan identifikasi yang lebih dalam.

  • ID Card E-Money

Saat ini, banyak perusahaan yang mengadopsi teknologi e-money dalam bentuk ID Card. ID Card E-Money dilengkapi dengan penulis data dan alat deteksi baca, memungkinkan pemiliknya untuk mengubah data sesuai keinginan. Selain berfungsi sebagai kartu identifikasi, ID Card ini juga dapat digunakan untuk pembayaran transaksi, menggambarkan peran ganda dalam memfasilitasi proses bisnis dan keuangan.

Seiring dengan kemajuan zaman, desain ID Card E-Money, terutama untuk layanan e-toll, dapat disesuaikan dengan preferensi pemiliknya, mencerminkan kemajuan teknologi dalam penggunaan kartu identitas. Itu menjadi salah satu manfaat dari penggunaan E-Money.

Baca Juga: Fungsi Lanyard Custom yang Wajib Perusahaan Miliki

Ketahui Tips Membuat ID Card untuk Karyawan

@tshirtbarid

Mau dong punya lanyard + ID Card yang lembut dan nyaman saat dipakai dengan desain tali yang tidak monoton, apalagi kalau tidak ada minimal order.. bisa pesan banyak dengan desain yang berbeda!!😍 #lanyard #idcard #fypシ #duniafashion #OOTDChallenge #MyOutfitOfficial #OOTDWanitaKarir #OOTDPergiKerja #StyleOutfitsIdeas #Fashionstore #OOTDFashion #outfitwanitamurah #RekomendasiOOTD #OOTDInspirations #StyleOutfitIdeas #OutfitStyleIdeas #tshirt #OOTD #outfitwanita #styleoutfit

♬ Obsessed With You x All About Him – ARNEL REMIX

Apabila Anda memiliki pemahaman tentang bagaimana proses pembuatan ID Card dan mengetahui jenis serta manfaatnya, langkah selanjutnya adalah mencetaknya. Jika Anda berencana mencetak kartu untuk karyawan, pastikan Anda juga mempertimbangkan beberapa aspek penting. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Identifikasi yang Jelas

Saat ingin mencetak ID Card untuk karyawan, hal yang tidak boleh terlewat adalah mencantumkan identitas perusahaan dengan jelas. Tujuannya adalah agar masyarakat atau klien dapat dengan mudah mengenali karyawan atau individu yang melayani. Pastikan untuk menyertakan data penting secara rinci dan akurat.

  • Bahan Kartu yang Berkualitas

Dalam dunia percetakan kartu, terdapat berbagai jenis bahan kertas yang dapat digunakan. Namun, ketika mencetak kartu untuk kebutuhan perusahaan, disarankan untuk memilih kertas berkualitas tinggi yang tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Bentuk Kartu

ID Card umumnya memiliki dua bentuk dasar, yaitu vertikal dan horizontal. Disarankan untuk tidak mencetak kartu dengan bentuk yang tidak umum, karena hal ini dapat membuat kartu terlihat aneh dan kurang sesuai.

  • Pengkodean Digital

Dengan perkembangan dunia yang semakin modern, ID Card tidak hanya menampilkan identitas tertulis, tetapi juga seringkali menggunakan kode digital. Kode digital memungkinkan penggunaan kartu dengan deteksi otomatis melalui mesin. Identitas perusahaan dapat tercantum dengan lengkap melalui barcode, terutama digunakan untuk akses masuk atau situs web perusahaan.

Mencari ide contoh desain ID Card dapat membantu Anda mendapatkan tampilan kartu yang menarik dan dapat digunakan dalam berbagai situasi. Tshirtbar, sebagai jasa cetak merchandise seperti ID Card, dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut. Anda dapat menyesuaikan desain sendiri dan bahkan mendapatkan card holder dan lanyard untuk melengkapi ID Card Anda.

CTA Whatsapp Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 225