ID Card: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Tips Membuatnya

ID Card adalah salah satu kebutuhan bagi karyawan dalam suatu perusahaan. Gunanya, sebagai tanda pengenal dan memberitahukan bahwa seseorang bergabung pada perusahaan tersebut. Jadi, bisa dikatakan bahwa hal ini menjadi satu hal yang tidak terlepas pada staff selama dia bekerja.

Lain dari itu, fungsi dari ID Card adalah digunakan pada suatu instansi juga pengenal para mahasiswa atau murid. Ini jadi bukti bahwa penggunaannya hampir merata dan sangat dibutuhkan.

Bahkan tidak hanya di Indonesia saja, namun hampir semua negara pakai cara ini untuk kegiatan luar atau pengenal pada instansi perusahaan. Makanya, kita perlu untuk memilikinya.

Penting untuk kamu ketahui, bahwa ada begitu banyak jenis ID Card saat ini dengan berbagai macam keunggulannya. Lalu apa saja jenisnya dan fungsinya? Berikut ulasannya.

Apa Itu ID Card?

creative-bussiness-card-id
Creative Business Card Design with Mockup

Pada dasarnya, fungsi dari ID Card adalah untuk saling mengenal dengan mudah. Sehingga tidak terjadi kesalahan menyebut nama seseorang. Ini umum digunakan di berbagai kepentingan, baik di kantor, komunitas, universitas sampai acara khusus.

Berbagai momen tersebut menjadikan benda satu ini sangat istimewa nilainya. Tak hanya nama, terkadang posisi atau jabatan juga disematkan untuk mempermudah seseorang mengetahui dari bagian mana.

Mungkin sebagian besar orang menganggap kartu identitas ini tidak begitu penting. Sebenarnya, selain karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana saja, kehadirannya sangat diperlukan. Dan ini yang membuat seseorang melupakannya dan membuatnya hilang.

Penting untuk menjaganya dengan menggunakan tali gantungan seperti lanyard agar tidak mudah rusak dan hilang. Terdapat beberapa pilihan model lanyard dengan berbagai pilihan warna serta bahan digunakan. Atau bisa juga menggunakan card holder sebagai opsi lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Tali ID Card Custom?

Apa Saja Jenis-jenis dari ID Card?

id-card-tshirtbar-custom

Tidak banyak orang tahu, bahwa saat ini sudah begitu banyak pilihan jenis ID Card yang dipakai sesuai dengan kebutuhan dan situasi. Semuanya biasa ditemukan di instansi manapun. Berikut ini beberapa jenis dari ID Card adalah:

1. ID Card Standard

Jenis ini memiliki fungsi sebagai pengenal yang tercantum nama, jabatan, identitas, nama perusahaan serta foto pendukung. Biasanya digunakan pada perusahaan untuk karyawan.  

Bentuknya bisa dibuat horizontal atau vertikal. Tergantung kebutuhan masing-masing saja. Desainnya pun sangat simpel.

2. ID Card Pre-printed

Sebenarnya tidak ada yang beda dari bahan kartu ini. Namun yang membedakan adalah hasil cetaknya. Kartu pre-printed menghadirkan desain simple dan terdapat kolom kosong untuk diisi secara manual. Harganya pun terjangkau.

3. ID Card Access

Access ID Card adalah jenis kartu yang apabila kita perhatikan memang sama saja. Akan tetap, memiliki fungsi sebagai bukti bahwa kita bisa memasuki area tertentu. Apalagi di gedung-gedung besar dengan privasi yang ketat. ID Card satu ini juga bertujuan untuk membedakan tim internal dan tamu.

4. ID Card E-Money

Sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan e-money sebagai ID Card. Dilengkapi dengan penulis data, alat deteksi baca, sehingga data yang masuk bisa diubah sesuai keinginan pemiliknya.

Kartu ini tak hanya berfungsi sebagai pengenal, namun bisa sebagai alat pembayaran transaksi. Mengingat zaman sekarang e-toll sudah bisa di custom desainnya.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Membuat ID Card Panitia Terlihat Keren

Apa Saja Fungsi dari ID Card?

Ada begitu banyak manfaat yang dimiliki apabila menggunakan ID Card. Dan berikut beberapa diantaranya :

  • Mempermudah seseorang mengenal serta meminta bantuan dengan menyebut nama. Selain itu juga memudahkan mencari orang sesuai divisinya.
  • Memberi kesan baik untuk pekerjaan.
  • Sebagai tanda pengenal.
  • Menyimpan data diri dengan aman dan rahasia.
  • Akses control keluar masuk gedung.
  • Sebagai alat promosi jika berkunjung atau berkenalan dengan perusahaan lain.

Bagaimana Tips Membuat ID Card untuk Karyawan?

Apabila kamu mengetahui bagaimana ID card terbentuk dan apa saja jenis serta kegunaannya, selanjutnya tinggal mencetaknya. Jika kamu punya rencana mencetak kartu untuk karyawan, pastikan kamu juga mempertimbangkan beberapa hal penting. Apa saja itu? Simak penjelasannya :

1. Identitas Penting

Saat ingin mencetak ID Card untuk karyawan pastinya tidak meninggalkan satu hal, yaitu identitas perusahaan. Tujuannya, supaya masyarakat atau klien bisa dengan mudah mengenali karyawan atau orang yang melayani. Cantumkan juga data penting secara rinci dan tepat.

2. Bahan Kartu

Dalam dunia percetakan kartu, tentu ada banyak macam bahan kertas yang digunakan. Akan tetapi, apabila kamu ingin mencetak kartu untuk kebutuhan perusahaan, sebaiknya pilih kertas yang berkualitas terbaik dan awet digunakan dalam waktu lama.

3. Bentuk Kartu

Ada dua bentuk dasar ID Card yaitu vertikal dan horizontal. Jangan mencetak kartu dengan bentuk tak biasa, karena ini membuat kartu terlihat aneh dan tak pantas digunakan.

4. Pengkodean

Dunia yang semakin modern dan berkembang membuat segala sesuatunya mudah. ID card tak hanya menampilkan identitas tertulis saja, karena sudah banyak ID yang menggunakan kode digital. Dengan begitu setiap digunakan akan berhadapan dengan mesin deteksi secara otomatis.

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk ID Card, Ini 5 Fungsi Bahan Lanyard

Semua identitas perusahaan akan tercantum lewat barcode dengan lengkap. Biasanya sistem ini digunakan pada perusahaan untuk akses masuk atau website perusahaan. Tidak diragukan ID card adalah kartu dengan banyak fungsi penting. Itu sebabnya penting digunakan untuk beragam acara serta kegiatan.

Jika kamu berniat untuk mencetak kartu pastikan menggunakan jasa terpercaya. Tidak ada salahnya mencari ide contoh desain pas agar mendapatkan tampilan kartu yang menarik dan digunakan kapan saja. Tshirtbar sebagai jasa cetak merchandise seperti ID Card bisa bantu kamu untuk memenuhi keinginan. Kamu bisa custom desain sendiri dan tersedia juga card holder dan lanyard.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *