5 Rekomendasi Fashion ala Grunge Style

Grunge style adalah salah satu tren busana yang sudah hadir sejak puluhan tahun silam. Gaya ini telah jadi favorit banyak orang, terutama untuk anak muda. Grunge style identik dengan nuansa hitam dan sedikit acak-acakan. Namun siapa sangka tren busana ini masih tetap eksis hingga sekarang.

Tidak semua orang menerapkan gaya busana satu ini. Warna hitam memang jadi favorit banyak orang, tapi belum banyak yang paham bagaimana memadukan grunge style dengan tepat. Style ala rocker ini bisa kamu coba agar tampil tidak biasa. Selain keren kamu juga bisa menarik perhatian di tempat publik. 

Untuk mengetahui lebih dalam tentang grunge style itu sendiri, kami akan uraikan secara dalam dan juga memberikan inspirasi yang bisa ditiru secara mudah.

Apa Itu Grunge Style?

Istilah grunge sendiri bermula dari salah satu genre musik yang sudah eksis pada era 80-an hingga 90-an. Grunge adalah sebuah gerakan yang aktif menyuarakan anti pola hidup konsumerisme. Dimana para musisi atau band rock sering kali datang ke toko barang bekas dan membeli kemeja flanel atau sepatu kulit. Tapi kalau ingin bahas siapa yang mencetuskan grunge, jawabannya adalah dari 3 band berikut. Diantaranya adalah Pearl Jam, Nirvana dan Soundgarden.

Fashion dan musik memang saling berkaitan satu sama lain. Dari situ muncullah tren grunge style yang diikuti oleh fans musisi tertentu. Seiring berjalannya waktu, fashion grunge style sudah bisa diterima orang umum. Hingga saat ini, setidaknya sudah banyak brand fashion yang menjual produk fashion dengan gaya tersebut. Bukan cuma di negara Barat, di Indonesia sudah bisa kita temukan. 

Baca Juga: 4 Style Baju Baseball yang Kece Buat Kamu

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Grunge Style?

kelebihan dan kekurangan grunge style

Fashion adalah sesuatu yang sering berkembang setiap hari, bahkan selalu berubah trennya di setiap musim. Tapi akar dari sebuah fashion adalah bagaimana kita bisa tampil keren di hadapan umum. Tidak dapat diprediksi siklus tren fashion seperti apa kedepannya.

Namun grunge style adalah tren fashion yang sangat mencolok. Saat menerapkan gaya tersebut, banyak hal-hal penting yang harus kamu pertimbangkan. Tidak bisa menolak bila grunge style sudah punya khas tersendiri. Berikut kelemahan dan kekurangan dari grunge style:

Kelebihan

  • Jadi pusat perhatian: Mengadopsi grunge style yang mencolok tentu sudah memikat mata publik. Alasannya karena style ini sangat punya ciri khas yang dimana penuh dengan nuansa gelap dan ala rocker.
  • Trendy: Fashion ala gaya grunge sudah ada sejak lama. Namun tetap saja bisa diadopsi untuk saat ini. Desainnya selalu hadir dengan inovasi yang keren. Kamu akan tetap keren dengan grunge style.
  • Tidak ketat: Mengusung style ini tidak perlu memamerkan bentuk tubuh. Cocok untuk orang yang kurang suka berpenampilan seksi. Yang diperlukan adalah kaos gombrong serta aksen lainnya. Contohnya kemeja flannel dan bandana.

Kekurangan

  • Kurang fleksibel: Tren gaya grunge dirasa tidak luwes untuk acara tertentu. Gaya ini tidak bisa diterapkan untuk pergi ke kantor atau kegiatan formal lainnya. Hanya bisa digunakan untuk kegiatan santai.
  • Banyak aksen: Ada banyak aksen yang jadi ciri khas dari gaya grunge. Misalnya bandana, jaket kulit atau sepatu kulit. Tapi sebenarnya itu semua bisa diatasi, sudah ada cara yang lebih simpel.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Style Kemeja Oversize Korea Agar Terlihat Keren

Bagaimana Cara Berpenampilan Grunge Style?

cara berpenampilan grunge style

Sama seperti tren busana lainnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam bergaya. Termasuk grunge style yang punya nuansa jadul tapi tetap bisa diterapkan sampai detik ini. Ada langkah-langkah penting untuk kamu terapkan ketika mengadopsi grunge style.

1. Tetap Cuek

Berpenampilan seperti grunge sebetulnya tidak peduli dengan tren lain yang ada. Kamu cuma butuh percaya diri dengan apa yang dikenakan. Merasa nyaman dan bebas adalah prinsip utama dari grunge.

Tak peduli dengan orang di luaran sana, kamu bisa berekspresi sebebas mungkin. Tapi tetap harus menyesuaikan dengan tempat atau kegiatan.

2. Coba Teknik Layering

Fashion grunge tidak serta merta hanya menggunakan satu produk saja. Banyak sekali jenis-jenis produk yang berkaitan erat. Menggunakan kemeja flanel adalah satu diantara produk yang lekat dengan grunge. Bisa juga memakai double layer long sleeve T shirt yang funky.

3. Pilih Kaos Band Favorit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, grunge lahir dari tren musik punk. Kamu bisa pakai kaos band favorit dengan desain ciamik. Logo Nirvana adalah salah satu contoh desain yang ikonik.

Kaos band biasanya terdiri dari warna hitam dan putih. Tapi saat ini sudah banyak pilihan warna yang variatif. Sesuaikan saja dengan preferensi masing-masing.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Street Style dan Rekomendasi Outfitnya

Rekomendasi Outfit Grunge Style

Berikut adalah beberapa pasangan yang sangat cocok untuk grunge style. Nyatanya, grunge bukan cuma identik dengan kaos band saja.

1. Grunge Style dengan Ripped Jeans

Ripped jeans adalah celana jeans yang punya tekstur robek pada permukaannya. Biasanya robekan ini terdapat pada bagian paha dan lutut. 

2. Grunge Style dengan Sepatu Boots

Selanjutnya ada sepatu boots yang sering dipakai para rockstar. Tidak dipungkiri bahwa sepatu boots memiliki kesan gagah dan keren. Tidak ada salahnya memakai jenis sepatu satu ini.

3. Grunge Style dengan Double Layer T Shirt

Gunakan double layer t shirt untuk tampil lebih praktis. Model kaos ini punya dua lapis pada bagian lengan dan sangat bisa diterapkan untuk grunge style

4. Grunge style dengan Jaket Kulit

Jaket kulit punya kesan sangat maskulin dan keren. Banyak musisi rock yang kerap memakai jaket kulit saat manggung. Orang umum juga bisa mengenakan jaket ini. Pastikan bahan kulitnya terbaik di kelasnya.

5. Grunge Style dengan Kemeja Flanel

Grunge style memang tidak bisa lepas dari kemeja flanel. Motif kotak-kotak ini punya karakter kuat, tapi di satu sisi juga fleksibel. Bisa digunakan dengan kaos hitam gelap atau diikatkan pada pinggang.

Dari sini kita tahu bahwa grunge style adalah salah satu gaya busana yang bisa kamu coba. Jangan sampai melewatkan gaya ini. Custom desain kaos ala grunge style bisa kamu percayakan pada Tshirtbar.

Custom Fashion Wear

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *