Gothic Style: Pengertian, Jenis, dan Inspirasi Outfitnya

Gothic style adalah salah satu fashion yang mungkin orang pikir seram. Nuansa gelap pada pakaian, dengan untaian aksesoris terbilang nyeleneh, ini adalah gaya busana paling mencuri perhatian. Salah satu contoh tren gaya tersebut bisa kita lihat di setiap episode serial Netflix, Wednesday Addams yang sempat heboh di tahun 2022 lalu.

Padahal, sebenarnya fashion dengan nuansa gothic bukan cuma soal baju warna gelap saja. Atas dasar itu, lewat artikel ini kami akan bahas pengertian gothic serta referensi outfit yang pas. Tentunya bisa dipakai untuk pria dan wanita.

Apa Itu Gothic Style?

Cikal hadirnya sub budaya Goth sebenarnya sudah lahir sejak munculnya berbagai genre musik. Terutama saat genre musik post-punk sedang hype pada tahun 1970-an di Britania Raya. Saat skena musik tersebut mulai mendapatkan antusias yang luar biasa, bahkan hingga menjamur ke seluruh dunia.

Lebih jauh lagi, goth adalah sebuah gerakan yang menolak secara keras akan norma dan ketertiban yang berlaku di masyarakat. Bisa dilihat dari cara mereka berpakaian dengan lebih bebas. Namun semua itu tak lepas dari nuansa gelap dan terinspirasi dari film horor, serta gaya busana di abad 18.

Pergerakan gothic di kancah fashion sendiri sudah jadi tren anak muda di tahun 80-an. Tentunya kiblat fashion ini terlahir dari budaya gothic, dengan ciri khas sedikit dramatis dan dandanan yang lebih bold. Hal ini semakin dikenal banyak orang karena sudah diterapkan untuk kebutuhan fashion runway, trend mode dan bahkan sampai street style.

Beberapa tokoh yang banyak berjasa dalam eksistensi fashion gothic contohnya adalah Alexander McQueen dan Vivienne Westwood. Tak heran bila sampai sekarang masih banyak digandrungi oleh semua kalangan. Tujuannya untuk menciptakan gaya yang lebih individualis.

Baca Juga: 5 Windbreaker Style untuk Berbagai Acara dan Ide Outfitnya

Apa Saja Jenis-jenis dari Gothic Style?

jenis jeins gothic style

Gaya gothic punya histori panjang dan terus berinovasi. Berikut adalah jenis style yang paling umum dalam budaya Goth:

1. Gothic Tradisional

Gothic tradisional adalah konsep gaya yang paling populer, sebab gaya satu ini merupakan murni budaya gothic. Munculnya gaya tersebut berawal dari era 80 hingga 90-an yang didominasi oleh tren musik punk dan rock n roll.

Jenis gothic satu ini umumnya punya ciri khas dengan gaya rambut hitam dan riasan smokey eye. Adapun aksesoris yang menunjang gaya gothic tradisional seperti sarung tangan jaring, studded belt dan anting tindik. Sedangkan untuk atasannya, goth tradisional kerap memakai jeans hitam dan atasan dengan beberapa desain mistis disertai font nyentrik dan aksen seperti skull.

2. Cyber Goth

Cyber Gothic adalah salah satu konsep gotik yang unik dan mencolok. Gaya ini memadukan berbagai elemen tradisional Gotik dengan unsur pakaian modern pada outfitnya. Pakaian yang biasa digunakan dalam gaya ini didominasi oleh warna cerah dan terang seperti neon. Ditambah lagi sepatu boot tinggi serta aksesoris seperti kacamata alien yang semakin memperjelas gaya cyber goth.

3. Gothic Casual

Pengguna gaya goth casual sebenarnya tidak beda jauh dengan gaya tradisional, dimana para penggunanya memakai baju serba hitam. Jenis pakaian yang dipilih pun lebih sederhana, hanya mengandalkan kaos hitam atau celana hitam. 

Gaya rambut juga biasanya panjang dan lurus, dan cenderung tidak terlalu banyak merias wajah kecuali menggunakan lipstik hitam. Sebagai pelengkap, gothic casual mengenakan perhiasan pada tangan, lengan, hidung, telinga, dan leher.

4. Gothic Pastel

Saat ini gaya gothic bukan cuma soal pakaian serba gelap. Di sisi lain sudah ada konsep yang lebih imut dan lebih cheerful. Contohnya adalah gothic pastel.

Ciri khas dari goth pastel adalah kaos vintage tahun 80-an. Tapi yang membedakan dari gaya lainnya adalah rambut warna cerah, riasan mata mencolok, dan perhiasan kalung choker berwarna cerah. Konsep gaya ini pada dasarnya menggabungkan gaya Kawaii ala Jepang dengan gothic tradisional pada umumnya.

Baca Juga: 7 Style Sporty Casual untuk Berbagai Acara dan Inspirasinya

Bagaimana Tips Berpenampilan Gothic Style?

Sejatinya, gaya gothic sudah sangat mencolok. Berikut adalah tips buat kamu yang ingin berpenampilan lebih gothic lagi.

1. Pilih Pakaian Nyaman

Meski Gothic itu nyeleneh, bukan berarti harus memaksakan diri dalam berpakaian. Pilih baju dan sepatu yang pas. Penggunaan elemen fashion ketat seperti legging sebenarnya sah saja. Tapi yang paling penting adalah bisa memberikan kenyamanan saat berpakaian.

2. Warna Pakaian Bold

Gothic tidak terlepas dari rona gelap dan misterius. Kamu bisa memakai baju yang didominasi oleh warna bold seperti hitam atau navy

3. Sesuaikan dengan Preferensi Pribadi

Jika tidak ingin tampil terlalu basic, boleh saja menggabungkan elemen cyberpunk atau bahkan grunge. Jangan takut untuk mencoba hal baru yang mungkin belum pernah dicoba sebelumnya.

4. Gunakan Aksesoris yang Tepat

Penggunaan aksesoris atau elemen lainnya bisa mewakili gaya gothic yang lebih lugas. Gunakan kalung choker, studded belt atau bahkan sepatu boots juga bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin bergaya gothic.

5. Buat Baju Secara Custom

Bila masih kurang sreg dengan baju yang dijual di pasaran, sudah saatnya untuk buat baju bergaya gothic di jasa custom terpercaya. Tentunya hal ini bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi.

Baca Juga: Pengertian Style Edgy dan Rekomendasi OOTD

Inspirasi Outfit Gothic Style dari Tshirtbar

inspirasi gothic style

Di bawah ini kami hadirkan ragam referensi fashion yang bisa disesuaikan dengan gothic style:

1. Traditional Goth

Pertama, kamu padukan kaos berwarna hitam dan celana panjang dengan bahan tebal. Pakai jaket kulit sebagai luaran dan rias mata dengan tampilan smokey eyes. Gunakan choker hitam pada leher atau gelang warna hitam.

2. Cyber Goth

Selanjutnya, kamu bisa coba gunakan kaos berwarna neon green atau neon orange. Lalu pilih baggy jeans warna gelap serta gunakan anting tindik berwarna silver. Lebih sempurna lagi kalau memakai beanie atau topi polos dengan desain gambar alien.

3. Casual Goth

Pilih kaos berwarna hitam long sleeve dan padukan dengan celana skinny jeans warna hitam. Gunakan riasan eyeliner sedikit tebal sera sepatu chelsea boots dan gelang studded.

Baca Juga: 7 Inspirasi Jogger Pants Style Agar Semakin Keren

4. Pastel Goth

Untuk mendapatkan tampilan pastel goth, kamu hanya butuh aksen warna pastel nan cerah. Contohnya adalah kaos warna hijau sage, lilac, coral dan ungu cerah. Lalu sesuaikan dengan aksesoris berwarna cerah namun bawahan tetap didominasi warna hitam.

Kesimpulannya, gothic style adalah salah satu gaya busana yang bisa buat penggunanya menarik perhatian. Gunakan gaya ini untuk tampilan lebih beda dari biasanya. Dapatkan berbagai produk fashion dan merchandise di Tshirtbar sekarang juga.

CTA BANNER FASHIONWEAR

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217