Mengenal Genderless Fashion dan Bedanya dengan Androgynous Fashion

Meskipun pakaian masih kerap menerapkan istilah kategori pria dan wanita, beberapa brand mulai protes dengan hal tersebut. Hal ini mendorong peningkatan permintaan akan pakaian yang tidak didasarkan pada jenis kelamin. Genderless fashion adalah gebrakan baru untuk fashion lebih universal.

Dalam segmen ini, mari kenali lebih dekat mengenai gaya busana tanpa asas gender, atau anak zaman sekarang lebih sering menyebutnya dengan istilah genderless.

Apa Itu Genderless Fashion?

Genderless fashion atau gender-neutral adalah konsep busana yang berorientasi pada kesetaraan antara pria dan wanita dalam berpakaian. Dalam artian, gaya busana genderless tidak membedakan jenis kelamin dalam memilih atau menggunakan produk fashion.

Dalam busana genderless, seseorang memakai pakaian tanpa batasan kaku. Ragam identitas seperti jenis kelamin, usia, dan orientasi seksual tidak lagi diatur, namun diubah sebagai identitas yang lebih luwes. Model pakaian genderless terdiri dari pola yang minimalis, dan tidak dirancang khusus untuk menonjolkan ciri fisik maskulin atau feminin. Tujuannya adalah supaya bisa  menciptakan daya tarik yang setara dan menampilkan ekspresi individu tanpa harus memandang orientasi.

Konsep genderless sangat penting dalam menghapus stereotip gender dalam fashion. Hal ini memberikan ruang yang lebih besar bagi individu untuk mengekspresikan diri mereka melalui busana tanpa terikat oleh ketentuan yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Mengenal Sustainable Fashion dan Cara Menerapkannya

Apa Saja Karakteristik dari Genderless Fashion?

karakteristik genderless fashion

Beberapa ciri di bawah ini menunjukkan bagaimana produk busana dapat dikategorikan sebagai genderless fashion:

1. Tidak Menonjolkan Siluet Tubuh

Pola pakaian pada gaya genderless sengaja tidak dirancang untuk menonjolkan bentuk tubuh yang dianggap sebagai laki-laki atau perempuan.

2. Bebas Memilih Warna Apa Saja

Warna pakaian yang dipilih pun tidak merujuk pada stereotip yang berlaku di norma masyarakat. Contoh kasus yang paling umum seperti stigma warna pink hanya boleh dipakai oleh para perempuan.

3. Desain Simpel

Pakaian yang dipilih memiliki desain yang minimalis dan simpel. Jarang adanya hiasan atau ornamen yang khas untuk pakaian pria maupun wanita.

4. Fokus Pada Kenyamanan

Busana genderless memberikan ruang untuk mengekspresikan pribadi yang lebih dewasa. Dalam hal ini kunci utamanya adalah bisa lebih percaya diri dalam berpakaian.

5. Neutral Look

Pakaian genderless menawarkan tampilan yang netral dan sering kali tidak mencolok, sehingga dapat dipakai dalam berbagai kesempatan.

6. Menekankan Sisi Individualisme

Pakaian genderless lebih berorientasi pada individualitas dan ekspresi diri, sehingga dapat memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri mereka tanpa dibatasi oleh konsep gender.

Baca Juga: Mengenal Istilah Fast Fashion, Dampak, dan Ciri-cirinya

Apa Saja Perbedaan Genderless Fashion dan Androgynous Fashion?

perbedaan genderless fashion dan androgynous fashion

Baik genderless fashion maupun androgynous fashion sepintas memang sama, padahal keduanya punya perbedaan mencolok. Berikut adalah hal yang membedakan baik pada genderless fashion dan androgynous fashion:

  • Definisi dari genderless fashion sendiri adalah mode yang bebas dari batasan gender, sehingga tidak mengikuti stereotip pakaian untuk pria atau wanita. Sedangkan androgynous fashion sendiri didefinisikan sebagai mode yang menggabungkan elemen pakaian pria dan wanita.
  • Genderless fashion cenderung lebih fokus untuk menghapus perbedaan gender melalui warna, potongan, dan detail pada pakaian. Berbeda dengan androgynous fashion yang cenderung lebih berpusat pada paduan antara pakaian pria dan wanita, sehingga terlihat ambigu secara gender.
  • Genderless fashion membuka kesempatan untuk bereksperimen dengan tampilan yang lebih universal. Sedangkan androgynous fashion lebih memberikan kesan maskulin yang kuat pada pakaian wanita atau sebaliknya.

Walau terdapat perbedaan antara keduanya, genderless fashion dan androgynous fashion tetap berteguh pada konsep busana agar lebih bisa diterima oleh berbagai gender dan melampaui batasan norma tradisional.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kombinasi Baju Warna Putih Untuk Fashion Sehari-hari

Inspirasi Outfit Genderless Fashion dari Tshirtbar

Konsep fashion ini juga dikenal sebagai unisex, dimana produk pakaian yang dipakai tidak dirancang khusus untuk satu jenis kelamin. Hal Ini memungkinkan orang untuk mengekspresikan gaya pribadi mereka tanpa dibatasi oleh norma gender tradisional. Berikut beberapa inspirasi outfit untuk fashion tanpa gender:

1. Kaos Oversize

Kaos dengan model oversize adalah salah satu pakaian genderless yang paling umum, dan cocok dipadukan dengan banyak gaya. Namun perlu diingat bahwa kaos oversize tidak direkomendasikan untuk dipakai saat acara formal. Namun, hal ini bisa diakali dengan penggunaan blazer sebagai luaran.

2. Hoodie

Luaran seperti hoodie juga tidak terbatas pada gender tertentu. Hal ini jadi alasan kenapa hoodie sangat fleksibel dan punya peminat yang cukup besar.

3. Jogger Pants

Jogger pants adalah salah satu jenis celana yang memiliki tampilan yang sangat sporty. Ciri khas dari celana ini adalah pada bagian kaki yang longgar di atas dan berujung lancip di bawahnya, berbeda dengan celana jogging biasa yang punya desain siluet standar. Celana jogger juga tampak netral dan sering digunakan untuk para pria dan wanita.

4. Wide Pants

Bawahan seperti wide pants memiliki fleksibilitas yang tinggi dan dapat dipakai pada berbagai kesempatan. Celana ini dapat dipadukan dengan kaos grafis dan sepatu sneakers untuk penampilan santai, atau kemeja dan sepatu formal untuk acara yang lebih formal.

5. Kemeja Oversize

Sebenarnya kemeja oversize sama halnya dengan kaos, dimana yang membedakan hanya dari segi ukuran. Ada beragam jenis kemeja oversize dalam pilihan motif. Bisa pakai summer shirt yang berwarna-warni atau hanya kemeja bowling standar. Semuanya bisa disesuaikan dengan acara seperti garden party dan hangout bersama teman.

Bisa disimpulkan bahwa genderless fashion adalah hasil olah kreatif dari budaya yang mengedepankan sisi inklusif. Berbagai produk bisa kamu terapkan dalam gaya busana genderless untuk setiap hari. Informasi lengkap mengenai varian baju dan merchandise bisa kontak melalui team sales kami.

CTA BANNER FASHIONWEAR

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222