Last Update: October 20th, 2022 at 11:39 am

5 Fungsi Tumbler Untuk Menjaga Lingkungan

Fungsi tumbler atau botol minum tidak hanya berdampak positif untuk diri sendiri. Kalian mungkin sering melihat kampanye dari para petinggi dan aktivis tentang pola hidup eco-friendly. Bumi memang sudah semakin tua, dan ditambah lagi isu lingkungan yang kini semakin terlihat jelas berdampak besar bagi keberlangsungan hidup. Bencana alam dan pemanasan global; adalah dua contoh akibat kerusakan lingkungan sekitar. Dari fenomena tersebut bisa disimpulkan bahwa sudah seharusnya kita membangun kesadaran untuk lebih menjaga bumi.

Mengenai soal bagaimana cara kita menjaga bumi, ada cara paling sederhana yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah membawa tumbler sendiri setiap hari.  Dalam jangka panjang, penggunaan plastik secara terus menerus juga bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan dan penumpukkan sampah secara besar-besaran. Bisa dibayangkan seperti apa bumi di masa depan bila penggunaan plastik masih sering kita lakukan. Maka dari itu, mencintai lingkungan sudah seharusnya kita terapkan pada aktivitas sehari-hari.

Apa Pengertian Tumbler?

Secara definisi, tumbler adalah salah satu jenis botol minuman yang didesain untuk dibawa kemana saja. Produk tersebut bisa digunakan berkali-kali dan berbahan dasar stainless steel. Tumbler juga sangat ramah lingkungan. Tidak seperti botol minum plastik biasa yang hanya bisa digunakan sekali pakai.

Baca Juga: 7 Desain Tumbler Keren

Apa Saja Fungsi Tumbler?

Selain berkontribusi terhadap lingkungan, membawa botol sendiri juga memiliki dampak positif lainnya. Mungkin membawa tumbler sendiri bisa dibilang ribet dan membuat space kantong semakin sedikit, tapi bukan berarti jadi masalah besar.

1. Menghemat Pengeluaran

Sekarang kita sudah lebih dibebaskan untuk pergi kemana saja. Dengan membawa air minum di tumbler sendiri berarti kalian tak perlu lagi membeli minum. Kalian juga bisa isi ulang minum sendiri dari dispenser yang disediakan di kantor maupun di sekolah.

Dengan membawa tumbler sendiri, berarti kalian sudah menghemat budget untuk kebutuhan makan dan minum. Harga minuman di luaran sana saja tidak selalu terjangkau. Pastinya kalian tidak mau kan harus terus-terusan boros? Makanya, tumbler adalah sebuah solusi tepat untuk menekan pengeluaran sehari-hari.

2. Kebersihan Lebih Terjamin

Sudah sepatutnya kita harus lebih hati-hati dalam memilih produk minuman. Akibatnya, kalian akan terhindar dari kontaminasi zat tidak baik yang mungkin bisa saja berdampak negatif bagi tubuh. Dari sini kalian bisa lebih memahami bila minuman yang dikonsumsi sudah layak dikonsumsi. Lain dari kebersihan, kualitas air yang tersimpan dalam tumbler juga lebih terjaga lebih lama. Tahukah kalian bahwa kemasan minuman tidak semuanya BPA Free?

Faktanya, BPA merupakan senyawa yang mengandung racun bahkan bisa berisiko memicu kanker di tubuh.

3.  Gaya Hidup Lebih Sehat

Sejak dini kita diajarkan untuk minum air mineral minimal 8 gelas per hari. Karena gelas sendiri bukan barang praktis, penggunaan botol minum tentunya bermanfaat supaya kalian tidak merasakan dehidrasi saat berada di luar. Kalian gak mau kan kalau sampai kehausan? Jadi, selalu sedia botol minum di genggaman ya.

Perlu diketahui bahwa asupan air dalam tubuh juga memiliki dampak signifikan terhadap organ tubuh. Kalau kalian kurang minum air, metabolisme pun bisa terganggu hingga memicu penyakit yang tidak diinginkan. Supaya lebih jelas, kami hadirkan video penjelasan tentang waktu yang tepat untuk minum air putih:

Baca Juga: Ide Merchandise Unik Untuk Acara Anda

@tshirtbarid

Yakin kamu sudah minum cukup air? Jangan sampai dehidrasi ya.. jaga kesehatan kulit dan tubuh kamu dengan Tumbler dan Mug dari Tshirtbar. #tumblr #mug #xyzbca #foryou #brandlokal

♬ original sound – 𝑔𝑖𝑎🤭🤍

Baca Juga: 7 Desain Tumbler Keren

Apa Saja Jenis-jenis Tumbler Berdasarkan Ukuran?

Tahukah kamu bahwa tumbler memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan ukuran. Berikut ini merupakan 3 jenis tumbler dengan ukuran yang berbeda-beda, antara lain:

1. Tumbler Sakura 

tumbler sakura

Jenis tumbler satu ini memiliki kapasitas air hingga ½ liter. Desainnya elegan dan cocok dibawa kemana saja dan pilihan warnanya yang variatif. Tumbler ini dapat gunakan untuk minuman panas dan dingin dengan ketahanan suhu maksimal 6 jam.

2. Tumbler Osaka (500 ml)

tumbler osaka

Kedua, ada tumbler osaka yang dilengkapi filter sehingga air tidak langsung tumpah seluruhnya atau bisa menyaring isi (seperti kertas teh buah, dll). Kapasitasnya 500ml sehingga bisa menampung banyak air dan lebih mudah dikreasikan menjadi jenis minuman lainnya.

3. Tumbler Travel (350 ml dan 500 ml)

tumbler travel

Jenis satu ini pas banget buat travelling atau berpergian jauh. Bentuknya yang minimalis sehingga tidak membutuhkan banyak space di kantong. Bahkan kalian bisa menambahkan gantungan. Terdapat filter juga supaya air tidak mudah tumpah. Kapasitasnya terdiri dari 350ml dan 500ml. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagaimana Cara Mencuci Tumbler Agar Tidak Bau?

Bau tak sedap yang menempel pada tumbler kerap kali membuat kita membiarkannya bahkan langsung membuangnya sebab dirasa sudah tidak berguna lagi. Namun nyatanya, jika bau tersebut dibiarkan terus-menerus akan semakin menimbulkan bau dan jika membuangnya sama saja menambah jumlah limbah yang bisa merusak lingkungan. Maka dari itu, daripada melakukan hal tersebut, kamu bisa membersihkannya menggunakan teknik yang benar dan tepat agar bau pada tumbler bisa hilang dan bersih tahan lama.

1. Mencuci Seluruh Bagian Tumbler

Apabila tumblermu ingin kembali bersih seperti baru, maka kamu harus mencuci tumbler secara keseluruhan. Kamu juga perlu mencuci dengan bersih bagian tutup serta mulut tumblersebab bagian terseut umumnya sering luput dari perhatian. Jangan lupakan juga untuk mencuci bagian dalam, bagian luar, bagian bawah, dan bagian sedotan jika ada. Intinya, jangan sampai ada bagian tumbler yang terlupakan untuk dicuci.

2. Mencuci Tumbler Menggunakan Spons Bersih

Mungkin sebagian orang suka mencuci tumbler dengan menggunakan spons bekas cuci piring karena menganggap itu hal yang tidak perlu diperhatikan. Padahal, mencuci tumbler dengan menggunakan spons bekas merupakan kesalahan yang cukup fatal.

Mengapa demikian? spons bekas nayatanya mengandung banyak bakteri dan jika digunakan untuk mencuci tumbler justru akan semakin menyebarkan bakteri tersebut sehingga menimbulkan bau tak sedap. Maka dari itu, cucilah tumbler dan alat makan minum lainnya menggunakan spons bersih atau jika memungkinkan bisa dengan spons khusus tumbler.

3. Mencuci Tumbler Menggunakan Garam

Lalu, mencuci tumbler menggunakan garam juga terbukti efektif dan cukup ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap dan noda membandel pada tumbler. Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur dan perasa makanan, garam juga bermanfaat untuk membersihkan peralatan makan dan minum.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan satu sendok garam dan satu gelas air hangat. Larutkan garam pada air hangat dan masukkan cairan tersebut ke dalam tumbler, kemudian kocok dengan kuat. Kamu bisa melakukannya beberapa kali supaya hasilnya lebih maksimal.

4. Mencuci Tumbler Menggunakan Air Panas

Jika bau tak sedap yang ada pada tumbler tidak terlalu menyengat, kamu hanya cukup mencucinya dengan memakai air panas. Cara mencuci tumbler menggunakan air panas pun sangat mudah, hanya tinggal memasukan air panas secukupnya lalu kocok selama kurang lebih 1-2 menit. Dengan begitu, kuman dan bakteri pada tumbler yang menimbulkan bau tak sedap dijamin akan hilang dalam sekejap!

5. Mencuci Tumbler Rutin Setiap Hari

Cara yang pastinya paling ampuh dan mudah untuk kamu lakukan adalah mencuci tumbler setiap hari menggunakan sabun cuci piring. Jika semakin lama tumbler dibiarkan dan tidak dicuci, maka semakin banyak pula bakteri yang tumbuh di dalamnya. Namun, jika tumbler rajin dicuci setiap hari, bau tak sedap pun tidak akan tumbuh dan kehigienisan akan terjaga.

Bagaimana Cara Memilih Tumbler yang Tepat?

Tumbler memang berfungsi sebagai alternatif tempat minum yang bisa dibawa secara fleksibel kemanapun dan kapanpun. Namun, jangan sampai kamu asal memilih tumbler tanpa memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Memilih tumbler sesuai fungsinya sesuai dengan apa yang kamu perlukan.
  • Pastikan bahwa tumbler yang dipilih sudah terstandar BPA Free.
  • Memperhatikan lambang segitiga yang ada di bawah tumbler, biasanya tumbler yang bagus memiliki angka 5 di dalam segitiga tersebut dan artinya aman untuk digunakan berkali-kali.
  • Memilih bahan tumbler yang berkualitas baik.

Baca Juga: Pilihan Merchandise Unik untuk Hadiah Acara Kantor

Apa Saja Perbedaan Tumbler dan Termos?

Meskipun orang mengiranya sama, namun keduanya punya perbedaan signifikan. Kami akan coba jelaskan lebih detail:

1. Kapasitas

Perbedaan pertama bisa dilihat dari daya tampung keduanya. Tumbler memiliki kapasitas lebih sedikit dibandingkan termos. Jadi kalau dibawa bepergian, tumbler terasa lebih praktis dan tidak berat.

2. Fungsi

Memang keduanya berfungsi untuk wadah minuman. Tapi, nyatanya tidak begitu. Termos lebih difungsikan sebagai mempertahankan suhu minuman panas dalam volume besar. Lain halnya dengan tumbler sebagai kebutuhan praktis untuk menyimpan air dan bisa lebih dibawa kemana saja tanpa memakan banyak tempat.

3. Harga

Dari segi harga, termos dibanderol dengan harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan tumbler. Hal ini juga dipengaruhi oleh bahan yang digunakan serta kemampuan daya tahan air, yang dimana termos memang dikhususkan untuk mewadahi air dengan suhu panas.

Jadi, sudah saatnya untuk lebih mencintai lingkungan. Penggunaan tumbler sehari-hari sama saja kalian telah berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik di bumi. Selain untuk kebutuhan pribadi, tumbler custom juga bisa jadi merchandise ataupun kado untuk orang terdekat. Kelebihan produk tersebut sebagai souvenir juga bisa dirancang desainnya sesuai keinginan. Percayakan pada Tshirtbar sebagai jasa tumbler custom dengan pilihan dan warna yang beragam.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *