Eboy Outfit: Pengertian, Karakteristik, dan Tips Memadukannya

Dunia fashion sering memberikan inovasi baru di setiap musim. Eboy outfit adalah istilah gaul yang paling menarik perhatian belakangan ini. Keistimewaan dari e-boy sangat mudah dikenali dan tidak sulit untuk ditiru. Terutama bagi para pria yang tidak suka akan busana serba formal.

Jika kamu ingin mencoba tampil ala e-boy atau memadukannya dengan gaya kamu sendiri, berikut adalah beberapa cara untuk mengadopsi gaya e-boy dalam penggunaan outfit.

Apa Itu Eboy Outfit?

Gaya ini bermula dari tren di platform medsos TikTok, yang memadukan elemen fesyen edgy dengan tren saat ini. Istilah e-boy sendiri diambil dari gabungan kata “electronic boy”. Eksistensi TikTok sebagai parameter tren di seluruh dunia yang menjadi faktor utama kenapa fashion e-boy jadi opsi yang disukai para anak muda. Meski pertama eksis di tahun 2018, kehadiran gaya ini tetap masih bertahan sampai sekarang..

Pengaruh besar dari adanya tren ini bisa dilihat dari perpaduan antara subkultur anak muda seperti emo, gothic, skateboard, hip-hop, dan bahkan invasi K-Pop. Salah satu public figure yang berpengaruh dari tren tersebut adalah mendiang Lil Peep, musisi berkebangsaan Swedish/Amerika Serikat.

Bagaimana Karakteristik E-boy Outfit?

karakteristik eboy outfit

Dalam gaya fesyen e-boy, sebetulnya tidak ada batasan secara tertulis seperti apa mereka harus berpakaian. Tapi yang terpenting adalah mereka bisa tampil keren dan layak untuk pamer di sosial media.

1. Terdapat Warna Gelap Pada Pakaiannya

Pemilihan pakaian untuk gaya eboy terdiri dari warna dengan tone gelap, namun tidak monokrom secara keseluruhan. Mereka kerap memakai outfit yang menonjolkan warna hitam sebagai tema utama. Tetapi di satu sisi ada warna solid yang cerah pada bagian aksen, misalnya pada desain gambar atau mungkin pada perhiasan seperti gelang dan kalung choker.

2. Kesan yang Dihadirkan

Outfit e-boy mengadopsi gaya androgini, namun di satu sisi juga feminim. Hal tersebut membuat style fashion tersebut menampilkan kesan lembut, misterius, dan berani dalam mengekspresikan diri mereka secara unik lewat pakaian dan aksesori yang dipakai.

Baca Juga: 5 Outfit Rompi Pria dan Tips Memilihnya

3. Atasan Serba Longgar

Memakai atasan yang oversize dan lebar jadi kunci utama pada penampilan ala e-boy. Beberapa contoh pakaian bagi para pecinta gaya e-boy diantara hoodie, bowling shirt, dan kaos oversize. Para e-boy jarang sekali untuk memakai baju serba ketat di bagian atas.

4. Penggunaan Aksesoris

Gaya fashion eboy juga mencakup aksesori yang tidak biasa. Contohnya seperti sabuk rantai, gelang silver, beanie hat, cincin akrilik, dan tindik telinga. Lebih unik lagi, mereka terlihat narsis dengan tooth gems (perhiasan) pada gigi depan. Mungkin saja mereka terinspirasi dari para musisi hip-hop terkenal seperti A$ap Rocky.

5. Potongan Rambut

Para e-boy punya panjang rambut yang menutupi bagian bawah mata. Lalu potongan rambut dibuat dengan gaya belah tengah atau bisa juga ditekuk ke atas. Gaya rambut tersebut bisa diaplikasikan untuk segala tipe rambut, mulai dari ikal sampai lurus.

6. Warna Rambut

Karena mereka ingin hadir dengan ciri khas sendiri, para eboy juga selalu hadir dengan warna rambut yang mencolok. Pilihan warna seperti hijau neon, biru, dan hitam pekat kerap dipilih. Namun tidak masalah jika ingin mempertahankan warna rambut mereka saja.

7. Riasan Wajah

Tak sedikit anak e-boy yang muncul dengan make-up sedikit smoky. Biasanya wajah mereka dirias hanya di sekitar garis atau kelopak mata saja.

Baca Juga: Gothic Style: Pengertian, Jenis, dan Inspirasi Outfitnya

Bagaimana Tips Memadukan E-boy Outfit?

Menerapkan gaya ini untuk outfit harian bisa jadi kesan tersendiri, untuk mengekspresikan pribadi yang unik. Mungkin terbilang aneh, namun e-boy juga bisa dibilang atraktif dan keren. Tapi semua itu bisa muncul jika kamu mengikuti tips di bawah ini:

1. Gunakan Kaos Oversize

Jantung utama dari gaya e-boy adalah baju serba longgar. Kaos oversize dengan warna gelap sebagai atasan bisa jadi pilihan paling pas untuk outfit utama. Fashion item satu ini juga nyaman dipakai seharian.

2. Pilih Celana Hitam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fesyen e-boy harus memakai rona gelap. Contoh bawahan yang cocok untuk dipadukan dengan outfit lainnya adalah celana jogger atau straight pants dari bahan linen.

3. Coba Pakai Kutek

Kutek mungkin lebih identik digunakan oleh para wanita. Tapi berkat kemunculan tren e-boy, pria juga bisa memakai nail polish tanpa perlu khawatir. Tipsnya: pilih warna cat kuku berwarna hitam dan buat desain nail art dengan seminimalis mungkin.

Baca Juga: 6 Inspirasi Outfit Kemeja Pantai dan Tips Memilihnya

4. Pakai Teknik Layering

Kamu bisa mempertimbangkan kaos double layer long sleeve untuk atasan utama. Baju ini terinspirasi dari grunge style pada tahun 90-an, yang dibuat dari bahan katun dengan mutu terbaik di kelasnya.

Untuk menciptakan gaya e-boy, padukan kaos double layer dengan celana denim. Atau bahkan kamu juga bisa coba padukan kaos dengan rompi bahan sintetis dan disertakan aksesoris mencolok seperti kalung rantai.

5. Buat Seunik Mungkin 

Salah satu trik yang paling utama dari fesyen e-boy adalah kreativitas tinggi. Para e-boy berani menciptakan penampilan yang unik dan mengekspresikan diri mereka secara bebas melalui mode, sehingga setiap pakaian punya ciri khas yang sifatnya personal.

6. Memilih Sepatu

Terakhir, urusan alas kaki kamu bisa coba sepatu boots warna hitam atau cherry red. Alternatif lain kamu juga bisa pakai sneakers trail untuk lebih menonjolkan sedikit kesan sporty.

Jadi, demikian tadi penjelasan rinci tentang e-boy outfit yang perlu kamu ketahui. Siapa tahu bisa jadi referensi kedepannya. Kamu juga bisa dapatkan pilihan busana ala e-boy di Tshirtbar.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217