Last Update: September 16th, 2022 at 9:18 am

Manfaat E Money, Alat Pembayaran Modern yang Praktis

Sejak tahun lalu, permintaan e money custom design mengalami peningkatan. Sejumlah bank di Indonesia telah menerbitkannya sebagai alat pembayaran. Lantas, apa itu e-money dan apa saja manfaat dari e-money yang berguna untuk kehidupan Anda sehari-hari?

Definisi E-Money dan Manfaatnya

Seperti yang telah disebutkan, pengertian e-money atau uang elektronik ini adalah sebuah alat pembayaran yang memakai media elektronik berupa jaringan komputer dan internet. Alat ini pun sering kali disebut sebagai digital money, electronic cash, digital cash, electronic currency, atau digital currency. Dari pengertian e-money ini sudah terlihat jelas perbedaannya dari uang tunai. Dibandingkan uang tunai , e-money mempunyai sistem keamanan yang lebih kuat—bahkan ilmu kiptografi pun menyatakan bahwa uang elektronik sulit dibajak atau diretas, sehingga Anda tak perlu cemas menggunakannya.

Berdasarkan jenisnya, e-money atau uang elektronik ini terdiri atas dua jenis, yakni:

1. Prepaid software

Jenis e-money ini disebut pula sebagai digital cash, e-money jenis prepaid software umunya mempunyai nilai yang disimpan dalam hard disk di komputer. Anda dapat memindahkan dananya lewat koneksi internet;

2. Prepaid card

Jenis atau produk e-money yang satu ini punya nama lain electronic purchase. Yang punya fungsi untuk menyimpan nilai milik nasabah dalam server atau chip yang dibenamkan pada kartu. Prepaid card termasuk tipe uang elektronik yang kerap diterbitkan bank di Indonesia. Biasa disebut juga dengan kartu e-money.

Berbeda dengan kartu kredit, uang elektronik tidak membutuhkan proses otorasi seperti pin atau tanda tangan, sebab alat ini tidak berhubungan dengan rekening nasabah yang terdaftar di bank. Penggunaan e-money pun tak membebankan tagihan atau pembayaran ke rekening seperti kartu kredit maupun debit. Selain itu, Anda juga dapat melakukan top up untuk kartu tersebut seperti halnya sistem prepaid lain. Tak hanya itu, Anda  bisa meminta atau membuat e money custom design sesuai selera.

Baca Juga: Bayar Tol dan Belanja dengan 5 Jenis Kartu E money Ini

Apa Saja Manfaat E-Money Bagi Kehidupan Kita?

Mulanya, Anda mungkin kurang terbiasa dengan konsep e-money sebagai alat pembayaran. Namun, bank-bank yang meluncurkan uang elektronik telah mempersiapkannya dengan sistem yang mudah buat Anda terapkan. Beberapa manfaat e-money adalah:

1. E-money didesain sebagai alat pembayaran praktis

Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat melakukan transaksi lebih cepat dan mudah daripada saat memakai uang tunai. Bahkan Anda tak perlu antre dan melakukan perhitungan, dompet Anda juga semakin tipis karena tidak perlu membawa uang tunai, cukum menyimpan uang dalam bentuk saldo. Bila saldo habis, Anda bisa melakukan top-up pada penerbit uang elektronik Anda.

2. E-money tak mengenal uang kembalian berwujud barang

Pasalnya, saat Anda memakai uang elektronik untuk transaksi, pihak merchant akan langsung melakukan kliring memakai koneksi internet jadi proses menerima uang kembalian tidak akan terjadi. Proses ini jelas lebih efisien dan efektif;

3. Uang elektronik bersifat aplikatif

Dalam hal ini, penggunaan e-money bisa di aplikasikan dalam macam-macam transaksi—baik yang bernilai kecil hingga besar. Sebut saja untuk membayar tol, fast food, membayar tiket transportasi, parkir, transaksi pembayaran di restoran, membayar pulsa, dan lain sebagainya, mengurangi beban membawa uang tunai.

Baca Juga: 5 Keunggulan yang Dirasakan dari Cetak dan Menggunakan E-money

4. Menikmati berbagai promosi dan penawaran menarik

Untuk menarik minat nasabah, bank yang merilis e-money pun menyematkan beragam tawaran berupa potongan harga atau produk limited edition bagi para nasabah. Hal ini mungkin tak akan Anda dapatkan saat memakai uang biasa;

5. Format yang lebih bervariasi

Tak hanya dibentuk jadi kartu, uang elektronik nyatanya dapat dibuat juga jadi gelang bahkan ditempelkan ke ponsel pintar. Jadi, kalau dompet Anda tertinggal, Anda masih bisa menggunakan e-money yang dibuat dalam bentuk alternatif tersebut.

Kelebihan E-Money

Jumlah pengguna e-money tentunya sangatlah banyak. Hal tersebut tidak terlepas dari beragam kelebihan yang dimiliki oleh e-money. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari e-money.

1. Sangat Efisien

Seperti yang kita ketahui bahwa e-money sangat efisien dan mudah untuk digunakan sebagai alat transaksi. Dengan menggunakan e-money maka Anda dapat membawa sejumlah uang dengan nominal berapapun tanpa memerlukan dompet.

Selain itu, e-money juga tidak memerlukan kode PIN (Personal Identification Number), OTP atau tanda tangan. Oleh karena itu, ketika Anda hendak menggunakannya untuk melakukan pembayaran, Anda hanya perlu menempelkan kartu pada mesin transaksi.

2. Menghindari Peredaran Uang Palsu

Adanya kemudahan transaksi menggunakan e-money ini akan mendukung gerakan cashless society. Penggunaan uang elektronik akan menghindari atau bahkan mencegah aktivitas peredaran uang palsu. Anda juga menjadi semakin mudah dalam mengecek uang kembalian tanpa khawatir dan takut menerima uang palsu.

3. Mencegah Tindak Kriminal Kejahatan

Kelebihan e-money berikutnya yaitu dapat mencegah terjadinya tindak kriminal. Perlu diketahui, kartu e-money dapat Anda isikan nominalnya dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu, membawa uang dengan nominal yang besar secara tunai di dompet dapat memperbesar risiko menjadi korban kriminal kejahatan. Uang yang ditaruh di dalam e-money akan terjaga lebih aman karena dapat Anda simpan secara aman di tempat tertentu.

4. Mudah Untuk Isi Ulang

Ketika saldo e-money Anda habis, Anda tidak perlu repot-repot pergi untuk antri di Bank, ATM, maupun minimarket. Semakin berkembangnya teknologi digital, saat ini pengisian saldo e-money bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone melalui e-commerce atau mobile banking.

Baca Juga: E Money Custom : Inovasi Baru Kartu Pembayaran Elektronik

Kekurangan E-Money

Disamping memiliki berbagai kelebihannya, e-money juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakannya. Kekurangan tersebut dapat dijelaskan melalui poin-poin berikut ini.

1. Tidak Dapat Diisi Terlalu Banyak

Meskipun penggunaan e-money terkesan efisien, namun terdapat batas maksimum untuk pengisian saldonya. Dengan kata lain, Anda tak dapat mengisi saldo dengan nominal terlalu banyak. Hal itu dikarenakan sistem penggunaan e-money yang tidak dilengkapi PIN ataupun metode verifikasi lainnya. Bila kartu e-money hilang maka uang di dalamnya pun juga akan hilang.

2. Saldo E-Money Tidak Bisa Diambil Kembali

Kartu e-money adalah uang elektronik yang di dalamnya telah ditanamkan dengan chip. Hal tersebut berarti jumlah uang yang di top up atau diisi tidak dapat di-transfer atau ditunaikan kembali. Alhasil, saldo tersebut hanya dapat Anda gunakan untuk transaksi pembayaran saja.

3. Hanya Dapat Dipakai pada Mesin Khusus

Kekurangan e-money yang terakhir adalah Anda hanya dapat menggunakannya pada mesin tertentu saja seperti mesin edc atau mesin pembayaran jalan tol. Oleh sebab itu, artinya Anda tidak dapat menggunakannya untuk membayar transaksi belanja online atau pembayaran lainnya yang tidak menyediakan mesin khusus e-money.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Buat E Money Custom

Itulah pemaparan seputar definisi e-money dan manfaat-manfaatnya. Tak ada salahnya menggunakan uang elektronik sebagai pendamping penggunaan uang tunai walau pemakaiannya belum terlalu umum. Jika Anda tertarik untuk memanfaatkannya, kunjungi bank yang menyediakan uang elektronik dan cetak e-money custom design untuk proses transaksi praktis.

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published.