Last Update: July 12th, 2024 at 3:58 pm

Dress Code Artinya Apa? Begini Penjelasannya!

Dress code artinya panduan berpakaian yang pantas atau tidak pantas dalam konteks acara tertentu, yang seringkali punya ketentuan yang jelas mengenai jenis pakaian yang sesuai. Beberapa individu mungkin menganggap bahwa aturan berpakaian dapat menghambat kebebasan berekspresi. 

Namun, ada situasi di mana bentuk ekspresi pribadi tersebut mungkin dianggap tidak sesuai atau tidak pantas. Untuk lebih jelasnya, simak saja artikel berikut:

Baca Juga: 7 Inspirasi Outfit Dengan Baju Bernuansa Putih

Dress Code Artinya Punya Beberapa Model: Apa Saja?

Seiring berjalannya waktu, kita semakin sering menemui berbagai jenis kode berpakaian dalam berbagai acara. Ada beberapa berpakaian yang paling umum digunakan, termasuk:

  • Dress Code Santai

Kode berpakaian ini cocok untuk acara yang tidak begitu resmi. Pilihan pakaian dalam kode ini cenderung lebih kasual, nyaman, dan tidak terlalu formal. Ini cocok untuk hangout, liburan, atau acara santai lainnya.

  • Dress Code Kasual Formal

Gaya kasual formal adalah salah satu kode berpakaian yang menggabungkan elemen-elemen dari gaya santai dan formal. Biasanya digunakan dalam acara yang membutuhkan penampilan yang formal, tetapi tetap ingin mempertahankan kesan yang santai dan tidak kaku.

  • Dress Code Formal

Berlawanan dengan gaya santai, gaya formal mengharuskan tampil rapi dengan mengenakan kemeja atau blazer saat menghadiri acara atau kegiatan yang memiliki sifat yang resmi dan lebih formal.

  • Dress Code Coctail

Dress code coctail digunakan untuk pesta dan acara sosial yang diadakan pada malam hari. Untuk pria, memerlukan pemakaian jas bisnis, sementara wanita diwajibkan mengenakan gaun pesta. Gaya berpakaian ini mampu menciptakan kesan yang elegan, sehingga sering digunakan dalam pertemuan bisnis penting.

  • Dress Code Business Casual

Biasa disebut sebagai bisnis santai, dress code ini memiliki tingkat keformalan yang lebih rendah dibandingkan dengan kode berpakaian formal atau bisnis formal. Pada jenis pakaian yang sebaiknya dihindari termasuk kaos oblong, celana pendek, dan penggunaan pakaian yang terlalu ketat.

  • Dress Code Suit & Tie

Seperti namanya, kode berpakaian jas dan dasi mengharuskan para tamu untuk mengenakan jas dan dasi. Gaya berpakaian ini sering ditemui dalam acara-acara besar seperti upacara penghargaan, acara amal ala sosialita, atau bahkan menjadi tuntutan bagi staf dalam acara bergengsi

  • Dress Code Informal

Dress code ini bersifat lebih fleksibel. Walaupun begitu, pemakaiannya tetap harus menjunjung tinggi tampilan yang sopan, menciptakan kesan yang elegan dan nyaman.

  • Dress Code Casual Chic

Santai elegan adalah perpaduan dua gaya yang berbeda, namun pada intinya, keduanya dapat berdampingan dengan harmonis. Gaya elegan cenderung lebih feminin, sementara yang santai lebih terkesan relaks, terutama dalam konteks pakaian wanita.

  • Dress Code Dressy Casual

Dress code dressy casual adalah panduan berpakaian yang menciptakan keseimbangan antara tampilan yang santai namun tetap elegan. Biasanya digunakan dalam pertemuan sosial yang mengharapkan penampilan yang lebih terawat daripada berpakaian sepenuhnya santai, tetapi tidak seketat dress code formal.

  • Dress Code Festive Attire

Festive attire adalah kode berpakaian yang mengharuskan Anda mengenakan pakaian yang meriah dan sesuai dengan tema acara khusus. Pakaian ini bisa apa saja, selama Anda merasa nyaman dan percaya diri saat mengenakannya.

Baca Juga: 10 Jenis Dress Code dan Pengertiannya

Dress Code Artinya Perlu Dipahami: Mengapa?

dress code artinya

Aturan berpakaian mencerminkan tingkat kesesuaian, identitas kelompok, dan disiplin. Di mana ini juga berfungsi untuk menciptakan keseragaman dalam tampilan dan memberikan cara bagi individu untuk mengidentifikasi diri mereka dengan orang lain.

Hal ini mencakup pemilihan pakaian yang tepat sesuai dengan tingkat formalitas acara atau lingkungan, seperti menghindari pakaian yang terlalu santai dalam situasi formal atau sebaliknya. 

Selain itu, dress code juga mencerminkan penekanan pada kesesuaian dan estetika, termasuk pemilihan warna dan gaya pakaian yang sesuai dengan acara atau kegiatan tersebut. 

Dengan memahami dan mengikuti dress code dengan baik, seseorang dapat menciptakan kesan yang tepat dan sesuai dengan konteks, yang penting dalam menjaga kesan diri dan menjunjung tinggi norma dan nilai yang berlaku dalam suatu lingkungan atau acara.

Baca Juga: 7 Desain Outfit Halloween yang Aesthetic

Dress Code Artinya Punya Tips: Bagaimana?

Semakin Anda bisa mengikuti beberapa tips, Anda juga bisa lebih mudah memahami dan mengikuti dress code dengan baik. Hal ini akan membantu Anda menciptakan penampilan yang sesuai. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan?

  • Pahami Dress Code

Salah satu langkah pertama yang penting adalah memahami sejauh mana formalitas atau informalitas dress code yang berlaku. Ini akan membantu Anda menentukan jenis pakaian yang tepat untuk acara atau lingkungan yang Anda hadiri. Misalnya, dress code formal memerlukan pakaian yang jauh lebih resmi daripada dress code santai.

  • Perhatikan Aturan yang Ada

Beberapa dress code mungkin memiliki aturan khusus yang perlu diperhatikan. Ini bisa termasuk larangan terhadap jenis pakaian tertentu, seperti sandal jepit, atau persyaratan untuk mengenakan aksesori tertentu, seperti dasi. Pastikan Anda memahami dan mematuhi aturan-aturan ini.

  • Pertimbangkan Warna dan Gaya Pakaian

Warna dan gaya pakaian Anda sebaiknya dipertimbangkan agar sesuai dengan tema atau suasana acara. Pilih warna-warna yang sesuai dengan dress code dan menciptakan penampilan yang serasi. Juga, pertimbangkan gaya pakaian yang cocok dengan konteks acara tersebut.

  • Pastikan Pakaian Nyaman Dipakai

Kenyamanan adalah faktor penting. Pastikan pakaian yang Anda pilih nyaman dipakai sehingga Anda dapat bergerak dengan leluasa dan menikmati acara tanpa merasa tidak nyaman. Keseimbangan antara penampilan dan kenyamanan sangat penting.

Jadi pada dasarnya, dress code artinya kode etik berpakaian yang khusus untuk acara tertentu. Selain tips di atas, Anda juga perlu perhatikan kualitas pakaian. Langsung saja custom baju di Tshirtbar sekarang juga!

CTA Whatsapp fashion wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224