7 Rekomendasi dan Cara Membuat Desain Tote Bag Aesthetic Sendiri

Desain tote bag aesthetic dapat diolah secara mandiri. Meskipun bukan seorang desainer visual grafis, saat ini sudah banyak tools dan aplikasi yang bisa mempermudah kamu dalam urusan mendesain. Begitu juga dengan urusan desain, jadi jangan sampai melewatkan kesempatan untuk coba asah skill dan kemampuan baru.

Orang awam sekalipun bisa merancang desain lebih mudah. Meskipun tidak bisa menyaingi hasil karya anak desainer yang sudah profesional, namun setidaknya bisa dicoba terlebih dahulu. Kalau masih belum yakin, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk baca artikel ini sampai habis.

Bagaimana Cara Membuat Desain Tote Bag Aesthetic Sendiri?

cara membuat desain tote bag aesthetic sendiri

Sama seperti kegiatan lain pada umumnya, memulai sebuah desain pada tote bag juga harus melalui proses yang panjang dari awal hingga akhir. Hasil kreativitas yang kita punya juga harus tercipta dengan sempurna. Begini caranya:

1. Paham Dasar Desain

Sebelum memulai desain tote bag, kamu harus punya pemahaman dasar tentang desain grafis itu sendiri. Tentu perlu tahu bagaimana memilih elemen dan warna yang tepat. Selain itu juga tahu font apa yang bisa digunakan. Karena beberapa elemen mungkin tidak bisa digunakan sembarang. Ada lisensi tertentu yang harus kita ikuti agar tidak melanggar masalah hak cipta. Bisa cek mana yang cocok untuk personal use atau commercial use.

2. Menentukan Ide dan Konsep

Pertama, langkah ini harus sudah dipikirkan terlebih dahulu. Sudah sewajarnya para desainer harus memiliki gambaran tentang konsep produk yang akan dirancang. Ide dan konsep harus bisa direalisasikan secara detik. Mendesain juga tidak terlepas dari karakter desain dan cara memilih font. Sehingga hasil desain yang dirancang sudah bagus dan sangat sempurna. 

3. Memilih Kombinasi Warna

Warna dapat digunakan sebagai aksen tunggal atau dikombinasikan satu sama lain untuk menghasilkan beberapa efek. Penggunaan warna untuk desain dapat dilakukan dengan satu warna atau dengan menggabungkan 2 – 3 warna sekaligus. Pastikan pilihan warnanya tidak kontras agar hasil cetakan juga terlihat menarik dan estetik.

4. Cari Area Desain 

Sewaktu mendesain, kita perlu menentukan area pada permukaan kain tote bag. Hal ini membantu dan lebih memastikan bahwa hasil cetak desain terlihat konsisten dan harmonis. Kita juga harus mempertimbangkan jenis tote bag yang akan diproses agar gambar tidak saling tumpang tindih. Bisa memilih untuk mencetak desain sablon biasa pada umumnya atau menggunakan format full print.

5. Kenali Software Desain

Untuk menemukan desain terbaik, kita dituntut untuk menyukai kreativitas. Aplikasi yang kami rekomendasikan adalah Canva. Menggunakan software Canva sangat mudah untuk merancang banyak ilustrasi dan desain lainnya termasuk untuk print tote bag. Selain itu, simpan desain dalam format .png agar tidak pecah ketika akan dicetak.

Baca Juga: 4 Bahan Terbaik untuk Tote Bag

Apa Saja Kelebihan Membuat Tote Bag Aesthetic Sendiri?

kelebihan membuat desain tote bag aesthetic sendiri

Ketika kita membuat segala sesuatu tanpa bantuan orang lain tentu ada kepuasan yang berbeda. Pada saat yang bersamaan juga muncul berbagai keuntungan. Hal ini juga ternyata sangat menyenangkan karena akan ada karya berikutnya yang bisa dibuat.

1. Meningkatkan Value

Menambahkan desain sendiri pada tote bag adalah cara yang menyenangkan untuk memamerkan kepribadian, serta menambah nilai karena keunikan tote bag tersebut. Tote bag dengan kreasi pribadi juga bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dari tote bag polos biasa.

2. Media untuk Promosi

Hal ini berlaku untuk para pemilik bisnis atau anggota komunitas. Sebab lewat desain sendiri juga bisa menunjukkan identitas perusahaan. Tote bag adalah barang yang dapat diproduksi secara massal, tetapi juga dapat dikustomisasi dan diberi logo. Desain tote bag yang disesuaikan memungkinkan informasi yang ada semakin meluas ke berbagai lapisan masyarakat lewat pengguna tas.

3. Terlihat Beda

Sekarang semua orang memang berlomba-lomba untuk terlihat edgy. Maksudnya adalah terlihat nyentrik dan unik. Semua bisa disalurkan melalui desain pada tote bag. Tren yang terus jalan juga terkadang bosan untuk diikuti.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tote Bag untuk Kuliah

Rekomendasi Desain Tote Bag Aesthetic

rekomendasi desain tote bag aesthetic

Kami akan menyajikan beberapa referensi desain tote bag yang diharapkan dapat menginspirasi. Tentunya desain yang akan diolah juga terlihat menarik dan tetap kekinian. Berikut ini opsinya:

1. Gambar Abstrak

Pertama, bisa coba gaya abstrak. Kamu bisa bebas eksplorasi dalam kombinasi warna agar sesuai. Motif garis gelombang sepertinya cocok bagi kaum muda masa kini.

2. Typography

Tipografi adalah jenis desain yang hanya mengandalkan kata-kata. Dalam artian hanya membutuhkan tulisan. Bisa berupa kutipan tentang motivasi atau slogan saja. 

3. Kartun

Kartun bukan cuma jadi favorit anak-anak. Orang dewasa pun masih suka dengan jenis film ini. Sungguh inspirasi yang pas untuk membuat gambar kartun pada desain, entah gambar buah atau binatang.

Baca Juga: Perbedaan Goodie Bag dan Tote Bag serta Tips Memilihnya

@tshirtbarid

Totebag by Tshirtbar yg serbaguna bisa untuk kantong belanja atau pun sebagai tas fashion kamu agar lebih modis! #fyp #totebag #tas #fypsounds #fypso

♬ Milkshake Showmusik Dance Mix – Showmusik

4. Full Print

Full print adalah pilihan untuk yang suka motif ramai. Bisa coba desain monogram seperti merek fashion kelas atas dunia seperti Louis Vuitton dan Michael Kors. Atau mungkin memilih gambar lain yang menggemaskan.

5. Ilustrasi muka 

Ilustrasi muka adalah cara yang bagus untuk memberikan hadiah yang dibuat secara personal dan membuat penerimanya merasa sangat istimewa. Penerima tidak hanya akan melihat kreativitas, tetapi juga betapa kamu menghargai mereka dengan berupaya membuat desain dari tangan pribadi.

6. Desain Vintage 

Gaya vintage tidak lekang oleh waktu. Baik dari kumpulan poster vintage, atau koleksi pernak-pernik dan barang antik. Desain vintage sangat indah untuk dilihat dan masih populer hingga saat ini, meskipun tipe-tipe desainnya bisa dibilang jadul. 

7. Logo 

Cerminan dari merek tidak terlepas dari yang namanya logo. Logo harus konsisten, namun menarik secara visual pada saat yang sama. Kamu bisa menggunakan logo saja, atau menggabungkan pola atau frasa yang mewakili merek tersebut. Jika tidak ingin tetap dengan satu pola, gunakan kutipan tren saat ini untuk menambah estetika agar tidak monoton.

Baca Juga: Tote Bag: Salah Satu Jenis Tas Yang Wajib Kalian Punya

Kini sudah tidak mustahil untuk desain tote bag aesthetic selain untuk kebutuhan pribadi. Kamu bisa mengandalkan jasa cetak tote bag custom kami yang berkualitas dan pastikan urusan desain akan selaras dengan hasil cetaknya. Kunjungi Tshirtbar untuk tahu pilihan lain seputar produk fashion and merchandise.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224