5 Kelebihan Desain Sablon Baju Sendiri Serta Tipsnya

Mengolah desain sablon baju adalah salah satu cara untuk ekspresi diri. Dengan sablon pakaian, Anda punya kesempatan untuk menciptakan desain yang unik, mencerminkan gaya serta karakter Anda.

 

Sablon pakaian adalah salah satu teknik pencetakan yang sangat digemari untuk menghiasi pakaian. Mulai dari desain yang simpel hingga yang lebih rumit, teknik ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kain pakaian.

 

Maka, bagaimana langkah awal untuk merancang sablon pakaian bagi pemula? Silakan simak artikel berikut ini untuk mendapatkan panduan lengkapnya.

 

Kenapa Harus Desain Sablon Baju Sendiri?

 

Beberapa orang mungkin masih belum merasa jika sablon baju sendiri terbilang. Padahal, dengan teknologi canggih, sablon mudah digunakan. Berikut alasannya:

 

  • Bentuk Ekspresi Diri

 

Desain sablon baju sendiri adalah cara untuk mengekspresikan diri secara kreatif. Dengan desain sablon baju sendiri, Anda dapat membuat baju yang mencerminkan kepribadian dan gaya Anda. Anda juga dapat membuat desain yang unik dan menarik, yang tidak akan ditemukan di pasaran.

 

  • Sebagai Souvenir

 

Banyak orang mendesain sablon baju untuk acara-acara khusus, seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara penting lainnya. Desain sablon ini dapat membantu menciptakan kenangan yang unik dan berkesan bagi siapa saja yang menerimanya.

 

  • Jadi Sumber Penghasilan

 

Ini juga bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan desain sablon menarik, Anda dapat menghasilkan produk yang laris di pasaran. Anda dapat menjual produk Anda secara online atau di distro lokal. Anda juga dapat bekerja sama dengan perusahaan lain untuk membuat koleksi baju dengan desain Anda.

 

  • Baju Lebih Unik

 

Sablon baju yang dibuat sendiri akan menjadi sesuatu yang lebih unik dan berbeda dari pilihan pakaian yang banyak dijumpai di pasaran. Ini akan membantu Anda untuk lebih stand out di setiap penampilan.

 

  • Punya Kepuasan Sendiri

 

Memilih desain baju secara personal bisa memberikan kepuasan tersendiri karena Anda dapat memilih desain yang sesuai dengan minat, hobi, atau idealis Anda. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih percaya diri dan menonjol dari orang lain.

 

Software Apa yang Bisa Dipakai Untuk Desain Sablon Baju?

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk merancang desain sablon. Bahkan, beberapa daftar di bawah ini juga bisa Anda unduh secara gratis di handphone.

 

  • Adobe Illustrator 

 

Perangkat lunak yang sangat terkenal dan umum digunakan oleh desainer grafis berpengalaman. Perangkat lunak dari Adobe ini juga mampu digunakan untuk menghasilkan desain baju dengan beragam gaya, termasuk estetika.

 

  • Sketch

 

Di sisi lain, Sketch adalah aplikasi desain yang berfokus pada menciptakan desain baju dengan tampilan yang profesional dan modern.

 

  • Figma

 

Tidak hanya digunakan oleh desainer UX dan UI saja, melainkan juga sering digunakan untuk merancang desain baju dengan estetika dan gaya yang modern.

 

  • CorelDRAW

 

Ini adalah salah satu aplikasi desain yang telah ada sejak lama. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit desain baju dengan pendekatan yang lebih sederhana daripada Adobe Illustrator.

 

  • Canva

 

Canva adalah alat desain grafis yang populer dan mudah digunakan untuk membuat desain baju, termasuk desain sablon. Dengan Canva, Anda dapat membuat desain baju yang unik dan menarik tanpa perlu memiliki pengalaman desain yang luas.

 

  • ProCreate

 

Aplikasi ini cocok untuk orang ekspertis seperti illustrator. Di sini Anda bisa lebih ekspresif dan buat desain baju yang punya tingkat kerumitan tinggi.

 

  • T-Shirt Design Studio

 

Di sini ada berbagai macam elemen yang dapat digunakan untuk menambahkan teks, logo, gambar, dan warna. Namun, perlu diperhatikan bahwa aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk mendesain kaos dan baru tersedia di Google Play (Android).

 

  • Wardrobe Journal

 

Wardrobe Journal adalah aplikasi desain baju yang dapat digunakan untuk membuat desain sablon baju. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang dapat membantu pengguna membuat desain baju yang unik dan menarik, termasuk template baju yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Apa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Desain Sablon Baju?

Saat mendesain sablon baju, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar desainnya memuaskan dan sesuai dengan tujuan Anda.

 

  1. Tentukan Tujuan Desain Anda 

 

Apakah untuk penggunaan pribadi, promosi merek, acara khusus, atau lainnya? Dengan memahami tujuan desain, Anda dapat membuat desain yang lebih tepat sasaran.

 

  1. Target Audiens

 

Pertimbangkan siapa yang akan mengenakan atau melihat baju dengan sablon tersebut. Pastikan desain Anda sesuai dengan preferensi dan selera target audiens Anda.

 

  1. Gaya Desain

 

Apakah Anda ingin desain yang klasik, modern, lucu, atau artistik? Pastikan desain Anda mencerminkan gaya yang diinginkan.

 

  • Pemilihan Warna

 

Pastikan warna-warna yang Anda pilih sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan dan sesuai dengan tema desain Anda. Pertimbangkan juga kontras agar desain mudah terlihat.

 

  • Teknik Sablon

 

Pelajari metode sablon yang akan Anda gunakan. Setiap metode memiliki karakteristik dan kebutuhan teknis yang berbeda. Ada teknik DTF, DTG, Sublim dan jenis print baju lain yang bisa Anda sesuaikan sendiri.

 

@tshirtbarid

Yang suka sablon kaos wajib tau tips merawat kaos dengan trik setrika timpa kain agar tetap bertahan lama. Pasti mau dong sablon di kaos kalian itu panjang umur😋 ohiya perawatan saat dicuci juga harus dijaga ya! #fyp #xyzbca #xyzbca #kaossablon #foryoupage #RekomendasiTshirt #tshirt #KaosCustom

♬ PRETTY BOY FLOW – Sturdyyoungin

 

  • Resolusi Gambar

 

Gunakan gambar dengan resolusi yang cukup tinggi untuk sablon agar hasil cetakan tidak buram atau kabur.

 

Itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat desain sablon baju. Anda sekarang sudah mengetahui berbagai software untuk mendesain serta hal yang perlu diperhatikan saat mendesain. Setelah anda berhasil mendesain sendiri, Anda bisa konsultasikan kepada Tshirtbar untuk mencetak hasil desain baju Anda.

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222