5 Rekomendasi Desain Mug Kekinian

Desain mug kekinian bisa jadi opsi kado atau souvenir untuk teman dan keluarga. Wadah air minum satu ini merupakan produk kebutuhan rumah yang wajib dimiliki. Mug atau cangkir umumnya terdiri dari satu gagang, memiliki permukaan licin dan bentuknya lebar. Kapasitas pada mug juga bisa menampung volume air seperti teh, kopi, dan jus buah. 

Asal-usul dari mug telah ditemukan sejak tahun 6500 hingga 3000 sebelum masehi. Pada saat itu, sudah ada kerajinan tanah liat. Sehingga terciptalah cikal bakal mug dengan bahan tanah liat. Namun, sayangnya tidak cocok digunakan pada mulut manusia karena terlalu tebal.

Seiring berjalannya waktu, mug akhirnya beralih dengan menggunakan bahan porselen. Inovasi tersebut ditemukan pada tahun 600 Masehi di negara Tiongkok. Dari situ, mug menggunakan bahan ringan dan bisa digunakan untuk air panas. Dan inilah cikal bakal mug dan masih berkembang hingga sekarang.

Sudah memasuki zaman modern, saat ini mug sudah bukan hanya sebagai penampung air saja. Mug atau cangkir bisa juga digunakan sebagai media promosi. Desainnya juga bisa kalian olah sendiri sesuai keinginan. Referensi untuk desainnya pun sudah seliweran di internet. Jadi kalian bisa garap desain mug supaya terlihat makin aesthetic dan lebih kekinian. Di sini kami akan beri tipsnya.

Bagaimana Cara Desain Mug Kekinian?

Semua orang sekarang bisa buat desain mug dengan mudah. Tidak harus profesional, bahkan pemula pun bisa mengerjakannya. Tentunya kalian juga perlu ketahui bahwa banyak deretan proses saat menggarap desain mug kekinian. Supaya gambarnya tajam dan tahan lama juga hasil cetaknya. Berikut tipsnya:

Baca Juga: Template Desain Mug Custom Unik untuk Hadiah

1. Siapkan Perlengkapan

Sebenarnya kalian tidak perlu banyak alat untuk olah desain untuk mug. Kalian bisa cukup gunakan laptop atau PC sebagai alatnya. Komputer memiliki banyak kegunaan penting. Salah satunya dalam urusan desain produk.

Coba gunakan software desain yang kalian kuasai. Salah satu aplikasi perangkat lunak yang kami rekomendasikan adalah Canva, Adobe Illustrator dan CorelDraw. Dari ketiga software tersebut, Canva lebih mudah digunakan untuk pemula. Di situ kalian juga bisa dapatkan berbagai inspirasi desain serta mock up mug yang bisa dipakai.

2. Pilih Tema yang Sesuai

Di sini, kalian perlu menentukan seperti apa tema yang ingin kalian desain. Misalnya kalian ingin memberikan souvenir untuk hari lebaran. Maka, kalian perlu menambahkan ornamen dan warna yang identik atau melekat dengan suasana lebaran. Biasanya pada hari tersebut terdapat ketupat lebaran dan warna dasar hijau.

Begitu pun juga dengan bagaimana kalian memilih ornamen dan font. Sudah dipastikan kalau pemilihan keduanya merupakan free license. Hal ini bertujuan supaya kalian aman dari pelanggaran hak cipta. Dan biasanya copyright atau hak cipta tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan personal, komersial maupun bisa digunakan keduanya.

3. Tampilkan Beberapa Tambahan Informasi

Lanjut, kalian perlu atur tampilkan informasi dan logo produk agar terlihat rapi. Coba gunakan format tulisan sederhana. Tambahkan beberapa poin penting lainnya seperti logo, nama perusahaan atau pembuat dan aset visual yang mewakili bisnis dan diri kalian.

Jangan sampai penambahan informasi tersebut terlalu berdempet. Penentuan luas area desain juga perlu dipikirkan. Hal ini bermaksud agar proses olah desain semakin gampang. 

4. Pilih Mug Berkualitas

Untuk memudahkan saat penggarapan, baiknya kalian pilih mug dengan warna polos terlebih dahulu. Dari sini kalian bisa buat ilustrasi desain secara ciamik. Pemilihan warna pada mug juga punya pengaruh terhadap ilustrasi desainnya itu sendiri. Tujuannya agar hasil cetak gambarnya tidak tabrakan dengan mug-nya.

Pastikan juga untuk memilih mug yang sudah melalui proses coating. Bila mug belum di coating, nantinya hasil cetak dari gambar yang sudah dibuat tidak keluar sama kali. Kami merekomendasikan untuk menggunakan mug dengan bahan dasar tanah liat seperti porselen dan keramik. 

Mug berbahan keramik memiliki kualitas bagus dan mudah dicari. Bahan ini terbukti tahan terhadap temperatur panas pada air. Mug keramik sudah dilapisi oleh glasir untuk melindungi permukaan gelas. Sehingga mug tersebut bisa dicetak dengan sempurna. 

5. Cetak di Jasa Custom Merchandise 

Membeli alat cetak tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Solusi terbaik adalah menggunakan jasa cetak mug terpercaya yang sudah teruji kualitasnya. Dengan menggunakan vendor, kalian bisa konsultasi perihal desain serta metode printing sesuai medianya. Termasuk produk mug karena perlu perhatian khusus.

Selain itu, pemilihan jasa custom merchandise terpercaya juga bisa mengurangi risiko gagal cetak. Hasil print dengan teknik sublimasi merupakan teknik print terbaik yang bisa kalian pakai untuk produk souvenir atau merchandise seperti mug. Kelebihan dari teknik sublimasi adalah memiliki kemampuan untuk menyerap hasil print dan dikenal karena awet dan tahan lama. Maka dari itu, carilah vendor yang menyediakan print sublim untuk mug kalian.

Baca Juga: Ide Souvenir Ulang Tahun Anak Perempuan

Rekomendasi Contoh Desain Mug Kekinian

Setelah kami bahas mengenai cara desain mug kekinian, sekarang kita masuk ke segmen berikutnya. Di sini kami ingin menghadirkan beberapa referensi desain mug yang diharapkan bisa memberikan pencerahan bagi kalian. Tentunya, desain yang akan diolah pun hasilnya terlihat menarik dan tetap kekinian. Berikut pilihannya:

1. Typography

Typography merupakan salah satu jenis desain yang hanya mengandalkan kata-kata saja. Dalam artian, kalian hanya butuh tulisan-tulisan saja. Sebagai contoh kalian bisa gunakan kutipan tentang motivasi atau kata-kata penyemangat. 

Harapannya desain typography bisa memudahkan kalian dalam proses penggarapan desainnya. Lain dari itu, kutipan-kutipan juga bisa jadi penyemangat bagi penggunanya dalam menjalani hari. 

2. Gaya Vintage

Pecinta sesuatu yang jadul pasti akan suka dengan tipe desain satu ini. Desain vintage memiliki keindahan yang timeless dan cantik dilihat. Meski jadul, gaya vintage tetap terlihat kekinian karena masih banyak orang yang menyukai tipe desain tersebut. Kalian bisa lihat referensi ala poster 80-an.

3. Perayaan Hari Besar

Setiap tahun selalu ada perayaan hari besar. Dan tentunya bagi-bagi merchandise atau hampers sudah jadi tradisi sendiri. Kalian bisa sesuaikan atribut dan warna yang sesuai dengan tema hari perayaannya.

4. Ilustrasi wajah 

Supaya terlihat lebih personal, desain ini boleh jadi pilihan. Gunakan ilustrasi muka untuk penerimanya tentu membuat mereka jadi bahagia. Mereka akan merasa dihargai karena kalian sudah berusaha untuk membuat desain dan hadiah yang sudah kalian personifikasi.

5. Atribut Perusahaan

Kalian yang tidak mau ribet bisa saja hanya mengandalkan aset visual dari perusahaan. Seperti contoh; pakai logo atau pattern yang menggambarkan perusahaan kalian. Kalau tidak mau monoton, bisa tambahkan pola atau quote kekinian supaya tetap relate dengan trend sekarang.

Baca Juga: Ide Kado Menarik Untuk Pacar

Itu tadi beberapa rekomendasi desain mug kekinian yang bisa kalian contoh. Urusan desain harus selaras dengan hasil cetaknya. Jasa cetak mug custom dengan kualitas terbaik bisa kalian percayakan langsung kepada Tshirtbar. Bukan cuma mug, urusan outfit dan merchandise juga bisa kalian konsultasikan di sini.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *