Last Update: January 18th, 2021 at 12:20 pm

Desain Logo Badminton Keren untuk Jersey Anda

Setiap klub badminton di Indonesia pastinya mempunyai logonya sendiri. Logo ini dibuat sedemikian rupa dengan makna dan pesan yang terkandung di dalamnya. Misal, logo badminton yang terlihat keren dipakai oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dengan lambang shuttlecock serta padi dan kapas.

Shuttlecock sendiri melambangkan tanggal 8 Agustus dan permainan badminton itu sendiri. Sedangkan lambang padi sejumlah 51 butir bermakna tahun lahirnya PBSI 1951 dan kapas 17 biji melambangkan hari proklamasi Indonesia. Lalu jika Anda memiliki tim arau klub badminton sendiri, kira-kira seperti apa logo yang Anda inginkan?

Tips Memilih Logo Badminton Anda

Jika Anda tergabung ke dalam sebuah klub badminton, pastinya ingin juga memiliki logo tim atau klub badminton yang tentu saja keren sarat akan makna seperti logo yang dipakai oleh PBSI ini. Oleh karena itu, tak perlu khawatir bagaimana memulai membuat sebuah logo untuk klub badminton karena kami memiliki beberapa tipsnya untuk Anda!

 

Pilih Desain Logo Penuh Makna

Langkah pertama membuat desain logo badminton yang keren adalah pikirkan makna yang akan Anda masukkan ke dalamnya. Contohnya seperti logo PBSI tadi, ada shuttlecock, padi, dan kapas yang masing-masing memiliki maknanya sendiri. Anda bisa menciptakan desain logo klub badminton sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan atau harapan ke depannya.

 

Misal, Anda bisa menggunakan gambar kok badminton di dalam logo yang merepresentasikan badminton itu sendiri.  Kemudian, bisa tambahkan roda dan gigi yang melingkari gambar kok badminton dengan harapan klub Anda bisa terus berjalan dan jaya layaknya roda dan gigi yang tak pernah berhenti berputar. Gunakan kreativitas untuk menciptakan logo yang bisa merepresentasikan klub Anda.

 

Tentukan Warna Logo Badminton

Setelah menentukan gambar atau lambang yang akan dipakai pada logo klub badminton Anda, langkah kedua adalah memilih warna. Pemilihan warna tidak boleh disepelekan karena harus bisa membawa pesan yang ingin Anda sampaikan kepada anggota klub maupun harapan untuk klub Anda. Contoh, Anda bisa menggunakan warna kuning yang bermakna cerah, bersinar, optimis, dan inventif. Bisa pula pilih warna putih yang mengandung pesan sederhana, bersih, dan suci.

 

Kalau mau yang lebih mencolok, Anda dapat menggunakan warna merah untuk memberikan kesan berani, energik, dan mewah. Warna merah ini juga bisa berarti semangat yang ingin tetap dijaga di dalam klub. Pilihan lainnya adalah warna biru untuk lambang badminton sebagai representasi dari profesionalitas, kepercayaan, dan ketenangan.

 

Pasang Nama Pada Logo Klub Badminton

Logo badminton kurang lengkap jika tanpa nama klub di dalamnya. Anda memang boleh saja menciptakan logo berupa gambar maupun ikon yang masing-masing merepresentasikan pesan atau harapan untuk klub. Namun, hal tersebut akan menyulitkan khalayak umum dalam mengenali klub Anda.

 

Apalagi untuk orang yang belum pernah tahu sebelumnya. Maka, akan jauh lebih baik bila Anda menyertakan nama klub badminton ke dalam logo supaya lebih mudah dikenali oleh masyarakat.

 

tampil keren dengan baju badminton yang didesan sendiri

Sesuaikan Jenis Font

Pemilihan jenis font selama proses pembuatan logo terkadang masih sering disepelekan. Pada akhirnya, logo pun tampak kurang menarik atau kurang pas dengan desain yang sudah dipilih. Karena font memiliki peranan penting terhadap pembuatan logo badminton keren, maka diharapkan Anda memikirkan baik-baik sebelum memilihnya.

 

Lalu, bagaimana cara memilih font yang tepat untuk sebuah logo klub badminton? Pertama, pilih font yang sesuai dengan image dan kesan yang ingin Anda tampilkan. Kedua, pastikan font cocok dengan karakter klub badminton kamu. Ketiga, pilih antara font bergaya klasik atau berlekuk-lekuk.

 

Pakai Logo Berjenis Emblem atau Lambang

Jenis logo ada banyak sekali variasinya. Mulai dari jenis logo yang hanya menggunakan kata (wordmark), lettermark atau logo monogram, pictorial mark atau logo yang hanya berupa simbol, maskot, hingga emblem logo atau lambang. Nah, untuk sebuah logo klub badminton yang keren, jenis emblem logo atau lambang dirasa sangat tepat. Anda dapat menggabungkan antara huruf dan simbol/ikon.

 

Baca juga: Pilihan Gaya Jersey Badminton Indonesia

 

Emblem logo dengan perpaduan huruf dan ikon memiliki visual yang lebih mencolok bila dibandingkan dengan logo lainnya. Sehingga, sangat cocok dipakai untuk sebuah klub, organisasi, perusahaan, industri, hingga lembaga pemerintahan. Anda bisa memilih jenis logo seperti ini untuk klub badminton agar nama klub dan lambangnya bisa ditampilkan menjadi satu.

Anda bisa melakukan banyak research seperti mencari contoh gambar logo di mesin pencari, seperti “Badminton club logo, badminton team logo graphics, atau badminton design logo image”, dari sini akan ada banyak inspirasi berbentuk vector atau design png, psd, atau jpg mengenai logo seperti apa yang Anda inginkan. Jadikan ini inspirasi, jangan di plagiarisme.

 

Anda dapat mendiskusikan hal ini bersama dengan anggota klub untuk menentukan desain seperti apa yang bakal cocok. Setelahnya, bisa cetak logo tersebut di jersey dengan menggunakan jasa cetak kaos jersey badminton dari Tshirtbar. Kami menggunakan teknik fullprint sublimation agar dapat mencetak desain di seluruh bagian jersey

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *