Last Update: October 25th, 2022 at 6:42 am

3 Cara Membuat Desain Label Baju Unik

Membuat desain label baju unik dapat meningkatkan branding produk terutama fashion. Selain memuat informasi produk, tampilan label unik akan membuat produk fashion bernilai jual tinggi. Serta meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand tersebut.

Namun jangan membuat tampilan unik yang malah merusak keindahan produk. Sebelum belajar membuat desain unik untuk brand baju, sebaiknya kenali lebih dulu fungsi label pada produk. Serta langkah membuat desain label pakaian terlihat unik

Apa Itu Label Baju?

Desain pada label baju penting sebagai identitas brand. Selain sebagai media memasang logo brand, juga menunjukan validitas produk pakaian tersebut aman dan terpercaya.

Secara fisik label terlihat sederhana, karena ukuran dan fungsinya tidak wajib pada pakaian. Namun pembuatan desain label baju dapat mempermudah kostumer mengingat nama brand.

Label pun ada beragam, seperti misalnya print sablon. Jenis label printing di buat melalui proses pencetakan langsung ke kaos atau T-shirt. Tujuannya agar menghindari penggunaan hang tag dan sering kali di nilai lebih eksklusif.

Fungsi dan cara membuat desainnya pun berbeda dari jenis label biasanya. Pastinya ada aturan dan cara pembuatan khusus, berikut ini informasinya.

Baca Juga: Apa Itu Desain Label Baju dan Bagaimana Cara Membuatnya

Apa Saja Fungsi Label Dari Baju?

Sebelum mulai membuat label pada bisnis baju Anda, ada baiknya untuk memahami dulu fungsi dari komponen label baju pada pakaian. Tujuannya agar desain dan kegunaannya sebagai marketing dan media informasi optimal. Pastikan penggunaanya tidak mengganggu keindahan produk.

1. Media Branding Produk

Pada dasarnya label memuat logo dan nama perusahaan tempat pakaian diproduksi. Maka secara tidak langsung, ia berfungsi sebagai media branding. Semakin berkelas tampilan label maka akan semakin mudah diingat oleh customer.

2. Menunjukan Identitas dan Kualitas

Pemasangan label pada baju dapat meningkatkan kepercayaan customer terhadap produk tersebut. Komponen tersebut turut serta dalam validasi kualitas pakaian. Dengan menyertakan tampilan label yang menarik, akan membuat pakaian terlihat premium.

Anda tentu bisa melihat perbedaan label pada pakaian biasa dan berkelas. Biasanya pakaian berkualitas baik, menyertakan komponen kokoh dan desain klasik namun terkesan mewah.

3. Informasi Tambahan Produk

Selain itu, misalkan terdapat informasi penting tentang produk. Maka bisa ditambahkan pada bagian label. Misalnya washing instruction atau aturan pencucian. Serta informasi penting lain, seperti ukuran, warna, type, harga, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Menggambar Desain Baju untuk Pemula

Apa Saja Jenis-jenis Label Baju?

Secara umum, label baju terdiri dari dua jenis, yakni label permanen dan label temporer. Label permanen merupakan label yang dijahit secara langsung pada baju, yaitu seperti label merek serta label perawatan (wash care). Sedangkan, label temporer adalah label yang dipakai untuk melengkapi informasi yang tidak tercantum pada label permanen, yaitu seperti hang tag dan stiker ukuran baju. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis label baju.

1. Label Merek

Biasanya label merek dijahit di bagian dalam kerah belakang. Label merek bukan hanya berisi nama merek, namun juga bisa memuat logo ataupun slogan. Label merek ini berfungsi untuk membangun branding serta dapat menghindari adanya plagiat/pemalsuan produk baju. Pada umumnya, label merek ini terbuat dari bahan kain yang lembut seperti woven, satin, atau nilon.

2. Label Perawatan Baju

Sesuai dengan namanya, label petunjuk perawatan mencuci (wash care) adalah label yang memperlihatkan cara merawat baju tersebut. Biasanya, terdapat lima simbol yang tertera dalam label perawatan, antara lain:

  1. Wash (simbol berbentuk bak yang berisi air): mengenai peraturan dalam mencuci.
  2. Bleach (simbol berbentuk segitiga): mengenai aturan pemakaian pemutih.
  3. Dry (terdapat dua simbol, yakni berbentuk paduan persegi-lingkaran serta persegi): mengenai petunjuk dalam mengeringkan baju.
  4. Iron (simbol setrika): mengenai aturan dalam penyetrikaan.
  5. Dry clean (simbol lingkaran): mengenai aturan dalam pemakaian jasa laundry.

3. Label Stiker

Label yang berbentuk stiker ini biasanya digunakan untuk memberitahu ukuran baju dan label ini ditempelkan pada hang tag ataupun langsung ditempel pada produk baju. Label stiker berisi berbagai macam ukuran produk baju dalam bentuk huruf yang terdiri dari ukuran S (small), M (medium), L (large), XL (extra large), XXL, dan lain sebagainya.

4. Hang Tag

Hang tag memiliki fungsi yang hampir sama dengan label merek. Hanya saja, hang tag lebih bersifat temporer (sementara) serta umumnya tidak dijahitkan langsung pada baju melainkan digantungkan. Akan tetapi, informasi yang tertera pada hang tag umumnya lebih banyak daripada label merek. Dalam hang tag, biasanya tercantum merek, logo, slogan, link web toko, media sosial toko, ukuran, serta harga. Kemudian, bahan untuk membuat hang tag ini ada bermacam-macam, bisa dari kertas karton, kertas acrylic, atau kertas PVC.

Bagaimana Cara Membuat Desain Label Baju Unik?

Selanjutnya tips untuk membuat desain label baju unik. Pemilihan warna, posisi, dan jenis font penting perhatikan. Terutama pada label yang di-print. Gunakan cara berikut ini untuk membantu membuat desain menarik dan inovatif.

Penggunakan logo merupakan salah satu dari sedikit cara pelanggan dapat mengenali tentang brand kalian di luar desain t-shirt itu sendiri. Kembali lagi, coba pertimbangkan untuk membuat logo brand kalian terlihat lebih besar daripada informasi lainnya. Akibatnya, para konsumen membuat logo menjadi hal pertama yang dilihat pelanggan saat melihat labelnya.

2. Tambahkan informasi yang jelas

Setelah itu atur tampilkan informasi dan logo produk terlihat rapi. Gunakan format tulisan sederhana. Label harus memuat informasi seperti ukuran, warna, type, dan instruksi mencucinya. Lalu tambahkan perpaduan warna yang mewakili brand pakaian.

Baca Juga: Kenali 5 Cara Membuat Desain Baju untuk Acara Penting

3. Gunakan jasa print terbaik

Desain harus dicetak dalam kualitas tinggi. Jika tidak, desainnya bisa terlihat kabur dan brand akan dipandang tidak profesional. Kami merekomendasikan print dengan metode DTF karena warna yang dihasilkan sangat akurat. Dan, pastikan warna label yang dipilih menggunakan warna kontras sehingga jelas terlihat.

Nah, sekarang kalian sudah bisa membuat desain label baju unik untuk produk sendiri. Pilihlah tampilan menarik dan inovatif agar branding fashion tersampaikan kepada konsumen. Selain itu, percayakan Tshirtbar sebagai jasa percetakan label terpercaya agar hasil desain tetap awet.

custom-tshirt-with-love

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211