7 Rekomendasi Font Kekinian untuk Desain Kaos Typography

Desain kaos typography punya tampilan simpel dan fleksibel. Bagi para desainer pemula bisa coba untuk rancang desain kaos sendiri. Tipe desain ini tidak butuh banyak waktu dalam penggarapan. Sebab hanya butuh effort sedikit tidak seperti desain lainnya yang rumit.

Banyak sekali jenis desain yang ada di pasaran. Namun begitu typography akan selalu hadir dalam perkembangan industri fashion. Kamu bisa terlihat keren dan simple meski hanya menggunakan satu kaos saja yang punya gambar typography. Desain satu ini bisa coba olah dan custom secara mandiri.

Apa Itu Desain Kaos Typography?

apa itu desain kaos typography

Sebelum lebih jauh lagi, alangkah baiknya untuk tahu apa itu typography. Seni typography adalah jenis olah gambar yang terdiri dari satu atau rangkaian abjad dalam satu area. Dengan kata lain, typography hanya mengandalkan kata-kata atau kalimat tertentu. Proses pembuatan dalam seni typography harus lihai dalam memilih font yang sesuai dan coba merangkai kata agar enak dibaca.

@tshirtbarid

Buat yang takut-takut ngomong perasaan nya ke doi, Tshirtbar kasih cara buat sampein lewat kata-kata dari kaos kata unik lucu. Harus positive thingking kalau hasilnya memuaskan biar doi peka❤️

♬ A Cup of Coffee – Muspace

 

Saat ini penggunaan gaya typography sudah banyak diaplikasikan pada berbagai medium. Salah satu hal yang paling umum adalah desain pada kaos. Seni typography mungkin jika dipantau sekilas sangat mudah, namun nyatanya ada dua hal juga yang perlu diperhatikan. 

Adapun hal yang harus diperhatikan dalam seni typography, yakni tulisan bisa dibaca dengan jelas. Selain itu tulisan juga harus mudah dikenali oleh banyak orang.

Bagaimana Cara Membuat Desain Kaos Typography?

cara membuat desain kaos typography

Semua hal tidak bisa didapatkan secara instan. Begitu juga dengan menggarap desain kaos dengan style typography. Meski tidak banyak memakan waktu seperti style lainnya, namun disini kami akan menjelaskan beberapa step atau langkah yang mesti kamu lalui.

1. Penggunaan Font

Sebelum coba desain typography, paham tentang dasar desain grafis sangat perlu. Ada aspek mengenai bagaimana cara memilih warna, penempatan tulisan dan masih ada hal lain. Selain itu juga tahu font apa yang bisa digunakan. Karena beberapa elemen mungkin tidak bisa digunakan sembarang. Ada lisensi tertentu yang harus kita ikuti agar tidak melanggar masalah hak cipta. Bisa cek mana yang cocok untuk personal use atau commercial use.

Baca Juga: Nama Font Keren yang Cocok untuk Bajumu

2. Ide dan Konsep

Pertama, langkah ini harus sudah dipikirkan terlebih dahulu. Sudah sewajarnya para desainer harus memiliki gambaran tentang konsep produk yang akan dirancang. Ide dan konsep harus bisa direalisasikan secara detik. Mendesain juga tidak terlepas dari karakter desain dan cara memilih font. Sehingga hasil desain yang dirancang sudah bagus dan sangat sempurna. 

3. Memadukan Warna

Warna dapat digunakan sebagai aksen tunggal atau dikombinasikan satu sama lain untuk menghasilkan beberapa efek. Pastikan pilihan warnanya tidak kontras agar hasil cetakan juga terlihat menarik dan estetik. Bisa pilih 2 sampai 3 warna jika ingin dipadukan.

4. Area Desain 

Sewaktu mendesain, kita perlu menentukan area pada permukaan kain kaos. Karena dengan begitu bisa membantu hasil cetak desain terlihat selaras dan rapi. Sebelum itu juga harus mempertimbangkan jenis kain kaos yang akan diproses. Nantinya, desain tidak saling bertabrakan. Kamu bisa coba desain biasa atau bahkan dengan metode full print.

Apa Saja Aplikasi yang Bisa Untuk Membuat Desain Typography?

aplikasi membuat desain typography

Untuk bisa buat desain terbaik, kita perlu mengasah dari sisi kreativitas. Selain itu juga perlu paham penggunaan perangkat lunak. Berikut macam aplikasi yang bisa bantu dalam urusan desain tipografi:

1. Canva

Aplikasi ini banyak menyediakan tools dan template untuk berbagai kebutuhan. Berlaku juga untuk kebutuhan desain kaos mulai dari mock up sampai pilihan font-font. Cocok buat kaum pemula karena mudah digunakan.

2. Adobe Illustrator

Jika kamu sudah lihai dalam mendesain, aplikasi ini wajib kamu gunakan. Sebab kamu bisa mengotak-atik rancang rupa dari hal mendasar sampai tingkat rumit. 

Baca Juga: Cara Membuat Kaos di Corel Draw dan Photoshop

3. PicsArt

Aplikasi ini tersedia di ponsel Android dan iOS. Ada banyak pilihan font dan mudah digunakan hanya lewat satu genggaman saja.

4. T-Shirt Design – Snaptee

Snaptee adalah aplikasi yang dimana penggunanya bisa desain kaos lewat ponsel. Bahkan bisa juga menjual hasil karya lewat Snaptee.

Rekomendasi Font Desain Kaos Typography Kekinian

rekomendasi font desain kaos typography

Berikut adalah daftar font yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan desain tipografi. Kami ingatkan bahwa semua pilihan di bawah bisa kamu gunakan, baik untuk kebutuhan pribadi dan komersil.

1. Alte Haas Grotesk

Pertama ada font ini yang merupakan jenis huruf yang terlihat seperti Helvetica. Bisa digunakan untuk kebutuhan komersil dan personal. 

2. Times New Roman

Pasti banyak orang yang sudah tidak asing dengan font ini. Desainnya aesthetic dan jadi pilihan paling aman bagi kamu yang belum lihai dalam urusan desain.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Desain Kaos Streetwear Terbaik

3. Helvetica

Selanjutnya ada Helvetica yang juga jadi opsi paling aman. Font in merupakan bentuk rupa huruf yang dikembangkan oleh desainer asal Swiss, Max Miedinger bersama Eduard Hoffmann pada tahun 1957.

4. Alegreya 

Alegreya adalah salah satu jenis font estetik dan classy. Perancang dari font tersebut adalah Juan Pablo del Peral dan bisa digunakan untuk penggunaan pribadi.

5. Horizon

Font Horizon belakangan ini sangat populer. Hal ini dikarenakan font tersebut sangat unik, tegas dan dinilai versatille. Biasanya brand lokal dengan gaya streetwear yang memakainya.

6. Montserrat

Desain dari font Montserrat sangat kuat dan melekat dengan nuansa urban abad 20-an. Julieta Ulanovsky adalah perancang font ini dan tersedia di Google Font secara gratis.

7. Open Sans

Terakhir ada Open Sans yang muncul pertama kali pada tahun 2011. Diciptakan oleh Steve Matteson dan juga tersedia di Google Font.

Baca Juga: Rekomendasi Desain Baju Polos Warna Biru

Itu tadi beberapa pilihan desain kaos typography untuk pertimbangan. Jasa custom kaos yang baik bisa bantu untuk urusan ide sampai hasil jadi. Percayakan saja pada Tshirtbar sekarang juga.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *