Last Update: July 1st, 2021 at 11:19 am

Desain Jaket Organisasi Manakah yang Terbaik?

Selain kaos, polo shirt atau jersey, banyak juga organisasi yang menggunakan jaket sebagai penanda organisasinya. Jaket biasanya sering dipakai untuk keperluan outdoor, semisal saat cuaca lebih dingin, hujan, berkendara motor, berolahraga dan lain-lain. Berikut adalah desain jaket organisasi yang cocok dengan jenis-jenis jaket

Jaket hoodie atau zipper hoodie

contoh hoodie untuk jaket organisasi

Jenis jaket ini adalah jaket yang paling umum dipakai untuk komunitas, sebab jaket jenis ini sangat nyaman dipakai dan memiliki kesan yang smart casual sehingga bisa dipakai untuk berkumpul bersama rekan-rekan organisasi. Hoodie dan Zipper hoodie memiliki persamaan pada topi kupluk yang ada dibelakang untuk melindungi kepala dari hujan, tapi selain itu juga tampil lebih keren. Keduanya juga memiliki kantong dibagian perut. Namun zipper hoodie memiliki reseleting panjang dari bagian bawah perut sampai leher, sehingga bisa dibuka. Keduanya bisa dibuat dengan tiga jenis bahan, yaitu fleece polyester, fleece katun dan diadora. Tergantung dari harga atau budget serta tergantung dari jenis desain yang kita inginkan.

Bahan fleece polyester dan fleece katun merupakan dua bahan yang sangat mirip namun berbeda serat dasarnya, fleece polyester dikarenakan terbuat dari polyester maka akan terasa lebih panas dan kainnya tidak stretch ke samping, sedangkan bahan fleece katun lebih halus nyaman dan memiliki stretch sedikit ke samping. Tentunya dari segi harga, fleece katun lebih mahal daripada fleece polyester sebab memang serat sintetis yang menjadi bahan dasar fleece polyester lebih murah.

Untuk sablon, keduanya bisa sama-sama menggunakan polyflex sebagai sablon print pilihan, karena hasilnya yang bagus, memberikan gambar yang tajam dan awet dipakai. Sedangkan untuk sablon dengan sublimasi atau fullprinting, maka diharuskan untuk menggunakan bahan diadora agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Jaket lipat

contoh jaket lipat untuk organisasi

Jenis jaket ini sangat mulai populer belakangan semenjak olah raga lari semakin menjamur di kalangan masyarakat dan musim hujan yang sering datang tiba-tiba. Esensi dari jaket lipat ini adalah jaket yang terbuat dari bahan sintetis bernama microfibre dan bisa dilipat menjadi bentuk yang sangat kecil sehingga bisa disimpan ke dalam tas. Bahan microfibre sangat jauh berbeda dengan bahan yang kita bahas sebelumnya.

Perbedaan utamanya terletak pada tebal tipisnya, di mana bahan microfibre jenis despo yang untuk jaket lipat ini sangat tipis. Namun memiliki daya tahan luar biasa dan sanggup menahan air maupun angin. Hal ini disebabkan oleh benang micro yang lebih tipis dari rambut manusia dan ditenun dengan tingkat kerapatan tinggi sehingga air tidak mudah tembus melewati kain. Oleh sebab itu bahan ini sering disebut sebagai bahan yang water repellent. Sehingga bahan microfiber adalah bahan yang mampu menahan air, tidak tebal namun tetap breathable, dalam artian kulit kita bisa bernafas sehingga tidak perlu khawatir kepanasan saat dipakai di dalam ruangan.

Bahan microfibre sendiri adalah bahan yang sangat awet dan tahan lama. Pemiliknya tidak perlu khawatir akan terjadi penurunan kualitas bahan. Dari sisi jahitan, konstruksinya dibuat rapi dan menggunakan mesin obras dan jahit yang baik sehingga jahitan bisa tahan lama.

Untuk keperluan printing, bahan microfiber despo bisa diprint menggunakan polyflex atau sublimasi. Bila menggunakan print sublimasi, maka desain akan menyatu langsung dengan kain. Semua tergantung dari jenis desain yang diinginkan. Kelebihan utama dari menggunakan jaket ini untuk keperluan organisasi adalah jaket ini bisa dilipat. Sehingga sangat praktis dan akan sangat berguna untuk pemiliknya.


Di Tshirtbar kami menyediakan semua jenis jaket di atas dan kamu bisa custom jaket sesuai dengan desain yang kamu mau dan tentunya tanpa minimum order. Segera hubungi tim sales kami di sini.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *