Last Update: September 30th, 2022 at 4:04 pm

5 Cara Membuat Desain Baju Polo

Desain baju polo terlihat sedikit berbeda dari baju lainnya. Dengan bahan yang tebal, kaos polo juga cenderung lebih kaku. Terlebih lagi, kaos polo memang terlihat lebih formal. Sehingga, pola dasar yang digunakan pun akan berbeda. Biasanya, baju polo terdiri dari campuran katun dan polyester. Polo shirt juga cenderung lebih hangat daripada kaos oblong biasa.

Khusus artikel kali ini, kami ingin membahas lebih jauh bagaimana cara membuat desain baju polo. Yang pasti, tips nya sangat membantu dan mudah diikuti.

Apa Itu Baju Polo?

Polo shirt merupakan salah satu jenis kaos paling klasik di industri fashion, khususnya bagi pria. Menurut sejarah, baju polo sudah muncul sejak awal abad ke-19. Lebih lanjut lagi, perjalanannya pun terbilang panjang

Ciri-cirinya terdapat kerah seperti kemeja. Selain itu, ada placket 2 hingga 3 kancing pada bagian dada. Baju dengan model ini memberikan kesan penggunanya untuk tampil semakin kasual, rapi, dan gagah.

Berawal dari pakaian wajib olahraga polo lalu kemudian menjadi pakaian tenis dan golf, hingga menjadi pilihan produk OOTD untuk acara semi formal.  Hal inilah yang menjadi faktor bahwa polo shirt sangat praktis dan tak termakan oleh waktu.

Baca Juga: Sejarah Polo Shirt Dari Dulu Hingga Sekarang

Apa Saja Fungsi dari Baju Polo?

Dengan karakteristik yang sangat khas, baju polo memiliki banyak fungsi. Apalagi, kegiatan di luar sudah mulai padat. Berikut beberapa fungsinya:

1. Sebagai kostum untuk olahraga golf

Fenomena ini muncul saat golf sedang mulai berjaya, tepatnya ketika sang atlet legendaris Arnold Palmer muncul dengan perpaduan pakaian elegan klasik dengan kaos kerah rajutan. Dari situlah, akhirnya baju golf mulai disesuaikan. Pakaian golf yang mulanya mengenakan kemeja dan dasi, dan kemudian beralih menjadi baju polo sebagai dresscode-nya.

 2. Alternatif kemeja

Kalian harus datang ke acara formal tapi ingin praktis? Baju polo tentu bisa jadi pilihan tepat. Dengan mengandalkan baju polo, kalian tidak perlu repot menggunakan dalaman seperti kemeja.

Keunggulan lainnya bisa di lihat dari sisi utilitas. Rupanya, baju satu ini juga jadi favorit kalangan mahasiswa karena terlihat lebih sopan.

3. Bisa untuk hangout

Meskipun terlihat sedikit formal, baju polo juga bisa dipakai untuk jalan-jalan. Karena masih tergolong kaos, maka polo shirt juga tetap terasa ringan dipakai. Ketebalan pada bahannya juga membuat baju ini mampu melindungi dari berbagai cuaca, baik panas maupun dingin.

@tshirtbarid

Punya banyak stock kaos polo sangat menguntungkan loh, apalagi kamu sering berpergian keluar rumah. Borong produknya, tampil rapih nantinya! Skuy ke Tshirtbar. #xyzbca #foryou #promo #fypシ #fyp

♬ original sound – Mark Benzon Pelota – Mark Benzon Pelota

Baca Juga: Mengenal Jenis Kerah Baju

Manfaat Memakai Baju Polo

Umumnya kaos polo shirt masih menjadi salah satu ikon fashion khusnya bagi para pria. Namun hingga saat ini tak hanya pria yang menyukai pakaian polo shirt melainkan kaum wanita juga menjadikannya sebagai salah satu fashion mode mereka.

Kehadirannya yang tak pudar di tengah perkembangan zaman, terbukti sampai detik ini, banyak orang baik itu pria maupun wanita gemar untuk memakai desain kaos polo. Hal tersebut tidak lepas dari rasa nyaman ketika memakai kaos ini untuk berbagai acara dan aktivitas seperti berikut ini.

1. Olahraga

Free Person in White T-shirt and Blue and White Pants Holding Golf Club Stock Photo

Desain kaos polo memang mempunyai penampilan yang elegan dan juga stylish. Oleh karena itu, kaos ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, contohnya olahraga. Beberapa jenis olahraga seperti tenis, golf, hingga badminton sangat cocok dan nyaman dilakukan ketika memakai kaos polo shirt karena bahannya yang bisa menyerap cukup banyak keringat.

2. Berkumpul bersama teman, pasangan atau keluarga

Free Young Bearded Man Walking Out Office Building Stock Photo

Kaos polo adalah kaos yang memiliki kerah khas-nya sehingga membuatnya terlihat lebih stylish. Maka dari itu, desain kaos polo ini dapat digunakan untuk hangout atau jalan-jalan bersama teman, pasangan, dan keluarga. Segala jenis gender baik pria maupun wanita hingga anak-anak dapat mengenakan jenis kaos ini agar lebih nyaman terutama jika berada di cuaca panas seperti Indonesia.

3. Kuliah atau kerja

Free Man in Blue Polo Shirt and Blue Jumper Wearing a Yellow Hardhat Stock Photo

Ada banyak jenis fashion yang biasa dipakai untuk melakukan aktivitas kuliah ataupun kerja. Salah satunya adalah kaos berkerah seperti polo shirt yang cukup populer untuk kalangan anak kantoran dan kuliahan. Pergi ke kampus atau kantor dengan menggunakan polo shirt mungkin tak hanya akan merasa nyaman tetapi juga dapat memberikan kesan formal.

4. Pakaian rumah sehari-hari

Free Man in Red Polo Shirt and Blue Denim Jeans Stock Photo

Kemudian manfaat terakhir dari pemakaian kaos polo adalah sangat cocok untuk dijadikan pakaian santai sehari-hari ketika berada di rumah. Anda bisa memilih kaos polo yang memiliki bahan lebih tipis agar semakin nyaman ketika digunakan. Tak hanya itu, bagi Anda yang sedang menjalani work from home, sangat cocok jika memakai baju ini karena akan tetap memberikan kesan formal dan casual ketika melakukan tatap muka secara virtual.

Baca Juga: Macam Macam Kerah Baju yang Perlu Kamu Tau

Apa Kelebihan Membuat Desain Kaos Polo Sendiri?

Memilih baju polo sebagai alternatif memang jadi alasan paling tepat. Berikut alasannya:

1. Pilihan warnanya beragam

Terdiri dari warna gelap hingga terang, produk fashion satu ini dapat diandalkan. Sehingga, kalian bisa pilih sesuai kebutuhan.

2. Banyak peminatnya

Tidak dipungkiri bahwa polo shirt sangat digandrungi. Karena demand-nya tinggi, baju polo juga mudah dijual. terutama bagi para sosialita.

3. Bahannya bagus

Dari segi kekuatan, baju polo berada satu tingkat di atas kaos oblong. Maka dari itu, ketahanan produknya pun lebih awet serta hasil desain gambarnya lebih menonjol. Baju polo juga bisa di bordir maupun di-print.

4. Bisa untuk segala kegiatan

Mau olahraga atau harus ke kondangan, baju polo bisa digunakan. Selain untuk olahraga golf, produk tersebut dapat dijadikan dress code tennis ataupun badminton.

Bagaimana Cara Membuat Desain Baju Polo?

Ada beberapa langkah yang perlu kalian ikuti. Desain baju polo jangan sampai dibuat asal-asalan ya!

1. Tentukan alasannya

Baju polo juga kerap digunakan sebagai kostum untuk event tertentu. Pastikan kalian sudah mengetahui tujuan utama kenapa baju ini harus dibuat. Supaya dapat menyesuaikan dari segi konsep desainnya.

2. Pertimbangkan bahannya

Demi alasan kenyamanan, jangan sampai kalian memilih bahan murahan. Lebih lanjut lagi, menentukan bahan baju juga jadi tolak ukur jenis cetak sablon apa yang cocok dipilih. Contohnya kalian bisa pakai bahan lacoste CVC.

3. Pilih kombinasi warna

Ini semua tentang bagaimana kalian akhirnya memilih warna bajunya terlebih dahulu. Lanjut, setelah sudah tahu, kalian buat desainnya supaya terlihat jelas pada saat di cetak.

4. Jangan dibuat tergesa-gesa

Segala sesuatu yang dibuat buru-buru memang tidak baik. Maka, tetap tenang dalam penggarapan desain baju polo kalian. Tujuan ini diharapkan hasil desainnya pun bisa jadi maksimal.

5. Cari tempat produksi terbaik

Faktor ini jadi penentu akhir. Karena, tempat produksi juga berpengaruh terhadap hasil cetak serta bagaimana mereka menawarkan bahan produknya. Selain itu, vendornya harus enak diajak berdiskusi

Itulah tadi poin-poin penting sebelum kalian memutuskan untuk membuat desain baju polo sendiri. Konsultasikan kepada ahlinya secara langsung melalui link berikut ini: BAJU POLO

desain baju polo

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.