Last Update: September 30th, 2022 at 4:01 pm

3 Rekomendasi Desain Baju Komunitas

Merancang desain baju komunitas atau organisasi menjadi hal yang menarik dan populer saat ini. Membuat seragam komunitas akan memberikan kesan positif terhadap kegiatan yang digeluti. Belakangan ini hampir setiap komunitas memiliki atribut kebanggaan sendiri.

Tidak hanya pada komunitas besar, bahkan pembuatan seragam juga populer di kalangan perkumpulan skala kecil. Misalnya saja seperti seragam kelas, seragam organisasi, dan perkumpulan lainnya. Jika bingung menentukan rancangan bajunya, sebaiknya simak informasi dibawah ini.

Apa Itu Baju Komunitas?

Baju komunitas merupakan seragam yang mewakili identitas suatu perkumpulan. Bisa berupa kaos dengan warna dan corak sama, ataupun tambahan atribut lain. Ada banyak perkumpulan memilih membuat seragam resmi agar tampil kompak.

Seringkali yang menjadi pilihan adalah baju kaos, kemudian dibuat dengan warna sama disertai sablon logo komunitas. Kaos menjadi pilihan tepat, karena penggunaanya lebih efisien pada berbagai kondisi.

Apa Saja Manfaat Dari Memiliki Baju Komunitas?

Tidak hanya sebagai identitas perkumpulan, seragam dengan desain menarik dan kompak memberikan manfaat lebih luas. Berikut ini manfaat yang akan didapatkan dari baju komunitas.

1. Mempopulerkan Komunitas Di Kalangan Umum

Manfaat utama membuat seragam adalah untuk mempopulerkan organisasi kepada masyarakat. Baju dengan logo dan penempatan nama yang baik, tentu bisa menarik perhatian. Sehingga orang-orang akan lebih memperhatikan kegiatan organisasi tersebut.

Kaos komunitas juga seringkali dilihat sebagai bentuk promosi berjalan, tak heran bila pada saat sebuah komunitas atau partai sesekali membagikan baju untuk mempopulerkan komunitasnya. Ketika Anda dapat memperkenalkan komunitas kepada khalayak umum, maka manfaat yang diperoleh bisa seperti komunitas Anda akan diundang untuk menghadiri suatu event atau gathering bersama komunitas lain. Selain itu, kaos komunitas pun dapat Anda jadikan sebagai kenang-kenangan.

2. Sebagai Identitas

Selanjutnya adalah sebagai identitas. Kaos seragam biasanya disertai dengan logo dan nama perkumpulan. Dengan mengenakan seragam tersebut, maka orang sekitar akan tahu bahwa kalian bergabung dalam organisasi tersebut.

Lalu, hampir di setiap organisasi merancang desain kaos komunitas dengan model tersendiri yang bisa mencerminkan ciri khas komunitas, khususnya kepada anggota yang baru saja bergabung kedalamnya. Baju ini juga bisa dijadikan sebagai tanda bagi seseorang yang telah masuk keanggotaan komunitas selain tanda identitas bentuk lainnya seperti kartu tanda keanggotaan. Dengan memiliki seragam kaos komunitas tentunya akan memberikan kesan bangga terhadap dirinya.

3. Membuat Tampilan Menjadi Kompak

Membuat baju sejenis juga akan memberi kesan kekeluargaan dan kekompakan antar anggotanya. Terutama jika mengadakan event khusus, tentu dibutuhkan kaos seragam untuk menunjukan kekompakan.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Memiliki baju komunitas tentunya akan memberikan perasaan dan kesan tersendiri bagi para anggotanya. Saat memakai kaos komunitas, seseorang akan merasa nyaman serta percaya diri sebab Anda menggunakan baju yang membawa nama organisasi atau komunitas tempat Anda bergabung. Dengan kaos komunitas yang stylish, Anda akan terlihat semakin good looking dan kepercayaan diri Anda pun secara otomatis akan meningkat.

5. Meningkatkan Motivasi Anggotanya

Baju komunitas memberikan manfaat yang cukup penting untuk memotivasi seluruh anggota maupun pengurusnya. Misalnya jika sebuah komunitas tidak memiliki baju atau seragamnya tersendiri, maka para anggotanya akan bingung untuk memakai baju apa yang akan di kenakan ketika berkumpul bersama komunitas.

Tentunya Anda tidak ingin memakai baju bebas atau baju yang itu-itu saja ketika berkumpul bersama komunitas. Maka dari itu diperlukan kaos komunitas yang seragam dengan salah satu tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan solidaritas para anggotanya. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih pakaian apa yang akan Anda gunakan untuk komunitas. Karena komunitas sudah mewajibkan anggotanya mengenakan seragam tersendiri untuk dipakai pada saat waktu berkumpul.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Kulit Sendiri yang Benar

Apa Kelebihan Membuat Baju Komunitas Sendiri?

Kenapa membuat baju seragam penting? Mungkin sebagian dari kalian bertanya tentang urgensi memiliki seragam. Namun ketahuilah, ada berbagai kelebihan yang didapat saat membuat seragam, berikut ini informasinya.

1. Harga Produksi Lebih Murah

Kuantitas pembuatan baju seragam umumnya berjumlah besar. Kalian tidak perlu dengan harganya, karena memproduksi pakaian dalam jumlah banyak lebih murah. Terutama jika menggunakan jasa produsen baju komunitas berkualitas tinggi.

2. Bebas Membuat Desain Baju Sesuai Kebutuhan

Kelebihan lainnya adalah kalian bebas membuat desain pada pakaian. Misalnya menambahkan logo atau nama. Sebaiknya buatlah tampilan desain yang senada dengan warna kaos. Kemudian pilih desain sederhana agar tidak mencolok. Anda bersama komunitas bisa bebas berkreasi dan menuangkan segala ide untuk membuat desain kaos komunitas terlihat unik dan beda dari yang lain.

3. Memberi Penilaian Positif Terhadap Komunitas

Masyarakat akan berpikir positif terhadap kegiatan organisasi. Pentingnya kaos komunitas di dalam komunitas juga dapat menjadi meningkatkan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, jika perkumpulan kalian belum memiliki atribut ini, maka sebaiknya mulai memikirkannya.

4. Pengerjaan Lebih Cepat

Kelebihan membuat kaos komunitas sendiri adalah dapat mempercepat waktu pembuatannya. Dengan merancang desain kaos komunitas sendiri, Anda tidak perlu lagi mencari seseorang untuk meminta dibuatkan desain kaos lalu yang waktu pengerjaannya bisa lebih lama karena antri dengan orang lain.

5. Meminimalisir Kesalahan Produksi

Membuat desain kaos komunitas sendiri berarti Anda sudah mengetahui seluruh aspek yang ada di dalam kaos tersebut secara detail. Maka ketika kaos komunitas Anda diproduksi, kesalahan seperti motifnya kurang sesuai, warna tidak tepat, dan sebagainya kemungkinan besar tidak akan terjadi.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Bahan Spandek dan Cara Merawatnya

Rekomendasi Desain Baju Komunitas

Rekomendasi Desain Baju Komunitas

Ketika merancang desain kaos komunitas, hal yang penting dipertimbangkan adalah pilihan warna dan bahan. Karena dalam komunitas desain memiliki makna dalam. Jika kalian kebingungan memilih warna dan bahan kaos, rekomendasi di bawah dapat menjadi referensi.

1. Kaos Dari Bahan Cotton Combed

Baju dari bahan katun tentu sudah sering kita temui. Cotton combed memang bahan paling umum untuk dijadikan dasar pembuatan kaos. Selain adem, tekstur kainnya mudah untuk ditambahi desain. Terutama jika ingin menambah print sablon.

Membuat kaos komunitas dari katun akan mendukung kenyaman saat berkegiatan di luar. Hal ini karena bahannya terbuat dari kapas yang mudah menyerap keringat. Selain itu, harganya pun terjangkau untuk diproduksi dalam jumlah besar.

2. Kaos Berkerah Dari Bahan Lacoste CVC

Jika ingin seragam kaos dengan tampil menawan, maka bahan Lacoste CVC bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahannya cocok dirancang untuk baju polo. Potongan polo shirt dengan kerah akan membuat kesan rapi pada penggunanya.

Karakter bahan kain Lacoste CVC ini adalah memiliki serat tebal, jahitan terlihat seperti rajutan tebal dan berpori. Baju komunitas yang dirancang dengan bahan ini cocok digunakan pada kegiatan indoor ataupun outdoor. Bahkan, tampilannya memberi kesan semi-formal.

Lewat metode sablon seperti polyflex, desain komunitas kalian juga bisa terpajang dengan hasil yang lebih maksimal

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Outfit dan Bagaimana Cara Menentukannya?

3. Kaos Dry fit

Salah satu rekomendasi ini bisa dijadikan pilihan, terutama jika kegiatan banyak dilakukan secara outdoor. Bahan dryfit terbuat dari campuran katun dan polyester yang tidak mudah kusut. Kaos dari dryfit adalah jenis premium, maka tidak heran bila kualitasnya pun bukan main.

Desain baju komunitas dengan bahan ini lebih mudah dibersihkan dan teksturnya lembut. Cetak desain pada kaos dry fit bisa diproses hingga jadi full print. Kemudian,  juga tersedia tipe lengan panjang dan pendek.

Selain itu, untuk menghasilkan desain baju komunitas terbaik, kalian perlu teliti memilih jasa produsen baju komunitas terpercaya. Pilihlah penyedia layanan yang berpengalaman dalam proses produksi baju. Tshirtbar dapat membantu sempurnakan desain agar terlihat menarik. Jangan sampai terlewat.

rekomendasi desain baju untuk komunitas

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.