Last Update: September 30th, 2022 at 4:04 pm

Rekomendasi dan Cara Desain Baju Komunitas Lengan Panjang

Apakah kalian adalah salah satu anggota dari suatu perkumpulan? Biasanya. setiap komunitas punya produk sebagai wadah identitas. Dan, salah satunya adalah baju komunitas.

Sering kali kita menemukan baju komunitas dengan lengan pendek. Tapi nyatanya permintaan akan baju lengan panjang juga tidak kalah banyak. Faktor lainnya juga bisa jadi karena banyak beberapa anggota komunitas berhijab, ataupun lebih menyukai baju berlengan panjang. Maka dari itu, baju komunitas lengan panjang sudah jadi pilihan yang tidak bisa lepas begitu saja.

Produksi baju untuk komunitas pun tentu tidak bisa lepas dari unsur desain. Nah, kami akan menjelaskan bagaimana cara desain baju komunitas lengan panjang yang tepat.

Apa Itu Baju Komunitas?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal. Baju komunitas merupakan salah satu atribut khusus bagi para anggota dari komunitas itu sendiri. Tujuannya sudah jelas, agar kita dapat bisa terlihat kompak bersama para member lainnya.

Biasanya, yang menjadi pilihan adalah baju kaos, kemudian dirancang dengan warna senada beserta logo komunitas pada desainnya.

Baca Juga: Kenali 5 Cara Membuat Desain Baju untuk Acara Penting

Apa Saja Manfaat dari Memiliki Baju Komunitas?

Perlu Anda ketahui bahwa baju komunitas memiliki beberapa manfaat. Tak hanya sebatas sebagai identitas saja, baju komunitas yang memiliki desain tersendiri dan khas dapat memberikan kesan menarik bagi para anggotanya maupun orang lain. Berikut ini beberapa manfaat lain dari memiliki baju komunitas.

1. Sebagai tanda keanggotaan

Selain kartu anggota, rupanya baju komunitas juga bisa jadi pilihan lain untuk menunjukkan salah satu bagian dari komunitas itu sendiri. Dengan adanya baju komunitas, orang lain dapat mengidentifikasi anggota komunitas tersebut sehingga makin di kenal dan masyarakat jadi dibuat penasaran.

2. Sebagai wadah untuk promosi

Sering kali kita melihat para anggota komunitas kerap memakai atribut seragamnya saat berada di acara tertentu. Tujuannya sudah pasti jelas agar komunitas itu semakin populer apalagi kalau giat menyelenggarakan kegiatan positif bagi seluruh masyarakat.

3. Kenangan untuk masa depan

Bahwasannya, mungkin saja di kemudian kalian jarang berkumpul atau jadi anggota pasif. Karena bisa jadi kalian akan sibuk dengan kegiatan lainnya. Baju komunitas juga bisa kalian simpan selama bertahun-tahun sebagai koleksi pakaian di lemari.

4. Tampil berbeda

Kaos menjadi salah satu alat yang bermanfaat bagi komunitas untuk bisa tampil berbeda dari komunitas lainnya. Desain kaos yang dirancang secara khusus dan berbeda serta mewakili identitas komunitas merupakan yang sangat direkomendasikan. Selain itu, kaos memang menjadi barang yang paling cocok untuk dibuat secara bersama-sama saat komunitas Anda ingin tampil berbeda dengan komunitas lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Mengukur Lingkar Dada Tanpa Meteran

Apa Kelebihan Membuat Desain Baju Komunitas Sendiri?

1. Komunitas semakin kompak

Kekompakan tidak hanya dilihat dari seberapa sering mereka kumpul. Tapi, bisa juga dilihat dari bagaimana mereka memakai seragam yang sama. Baju komunitas juga membuat para anggotanya semakin ada rasa memiliki akan komunitas yang mereka ikuti.

2. Pilihan baju yang pasti

Karena baju untuk komunitas inilah, para anggotanya tidak perlu repot memilih pakaian apa yang harus digunakan pada saat pertemuan. Karena, sudah jelas ada baju tersebut. Jadi, kalian juga bisa lebih tenang.

3. Meningkatkan awareness

Kalian pasti pengen kan kalau komunitas atau organisasi kalian semakin dikenal luas? Dengan menggunakan baju komunitas, maka sudah pasti orang lain akan lebih memperhatikan komunitas kalian. Lanjut, dari situ juga kalian bisa mendapatkan banyak jalinan komunikasi sesama organisasi lain dan bahkan bisa mendatangkan keuntungan dari segi bisnis.

4. Kebebasan dalam berkreasi

Kelebihan selanjutnya yaitu Anda dan komunitas bisa bebas berkreasi dalam membuat desain baju komunitas. Contohnya, seperti menambahkan nama atau logo pada pakaian. Ada baiknya buatlah model desain yang sejalan dengan warna baju. Lalu kalian bisa pilih desain yang simpel agar tidak terlalu kompleks.

Bagaimana Cara Membuat Desain Baju Komunitas Lengan Panjang

Tidak perlu bingung ketika ingin membuat desain baju komunitas lengan panjang dengan baik dan benar. Dibawah ini terdapat beberapa cara atau tips yang perlu Anda coba untuk membuat desain baju komunitas.

1. Mengajak para anggota untuk tukar ide

Tidak semua orang bisa menghasilkan desain yang bagus. Biasanya, sudah ada orang kepercayaan yang berperan penting dalam urusan visual. Agar selaras dengan visi dan misi komunitas, sebaiknya ajak sesama anggota untuk tukar pikiran supaya hasilnya juga sesuai kesepakatan bersama.

Hal ini juga ada tujuan lain. Dengan saling brainstorming, semua anggota juga akan saling sepakat dan tidak mengalami banyak perubahan. Seperti kita tahu, membuat desain juga perlu meluangkan banyak waktu dan tenaga.

2. Menyesuaikan budget

Cara berikutnya yang perlu Anda lakukan ketika membuat desain baju komunitas lengan panjang adalah menyesuaikan budget yang dikeluarkan. Kalian bisa menentukan dari mana sumber dananya. Seperti budget yang ditanggung penuh oleh para anggota atau komunitas mencari sponsor untuk pembuatan kaos. Akan tetapi, dana ini juga bisa didapatkan dari iuran bersama antar anggota dan uang kas yang dimiliki komunitas.

Melalui anggaran tersebut, kalian bisa mencari jasa konveksi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan baju komunitas, baik itu dari segi ukuran, bahan, hingga desain. Pastikan juga vendor konveksi tersebut sudah berpengalaman membuat baju komunitas lengan panjang sehingga hasilnya pun bagus dan memuaskan.

3. Memilih warna dan bahan bajunya

Selanjutnya kalian perlu memilih warna baju apa yang akan di desain. Kalau perlu, kalian pilih saja warna netral atau warna tertentu yang sesuai dengan identitas komunitas kalian. Dengan demikian, hasil desainnya jadi tidak ada kekurangan dan terlihat menarik dipandang.

Selain memilih warna yang tepat, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahan seragam komunitas. Untuk kaos, bahan yang biasanya dipakai adalah cotton combed, dryfit, hingga lacoste CVC. Tentukan pilihan bahan kaos dengan kebutuhan serta kenyamanan saat baju tersebut nantinya dikenakan.

4. Menyepakati desain

Setelah komunitas Anda telah menyelesaikan desain baju komunitas lengan panjang, maka hal berikutnya adalah menentukan mana yang ingin dipilih. Desain yang akan dipilih adalah desain terbaik dari kesepakatan bersama antar anggota komunitas. Salah satu tips yang dapat kalian terapkan yaitu membuat beberapa variasi dan contoh desain baju komunitas lengan panjang yang berbeda-beda lalu meminta pendapat dari setiap anggota komunitas. Apabila memungkinkan, Anda bisa melakukan voting guna memilih mana yang paling bagus.

Desain kemeja komunitas lengan panjang yang terpilih tersebutlah yang kemudian dikirim kepada penyedia jasa konveksi baju untuk bisa segera diproduksi. Namun, apabila kalian mengalami kendala dalam membuat desain, Anda dapat meminta masukan atau bantuan dari penyedia jasa konveksi untuk mengatasinya.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Jeans agar Tidak Pudar

5. Tambahkan aset visual yang mewakilkan komunitas

Aset visual seperti logo juga perlu dicantumkan pada bajunya. Selain logo, kalian bisa tambahkan tulisan seperti jargon atau gambar vektor yang merepresentasikan komunitas yang kalian naungi. Jangan sampai desainnya terlalu banyak ornamen tidak penting ya.

Rekomendasi Desain Baju Komunitas Lengan Panjang

Pada saat merancang sebuah desain baju komunitas lengan panjang, Anda sudah mengetahui bahwa budget, pilihan warna, pilihan bahan, dan sebagainya sangat penting untuk diperhatikan. Hal itu dikarenakan dalam membuat desain baju komunitas tentu memiliki makna dan filosofi yang dalam. Apabila kalian masih bingung untuk memilih desain apa yang cocok untuk komunitas Anda, beberapa rekomendasi di bawah ini bisa dijadikan referensi.

1. Pertama, contoh desain  baju untuk komunitas pecinta motor dengan warna putih yang netral.

Pertama, contoh desain baju untuk komunitas pecinta motor dengan warna putih yang netral.

2. Kedua, contoh desain baju lengan panjang untuk komunitas mobil. Warna merah memiliki kesan berani dan gagah

3. Ketiga, contoh desain baju lengan panjang untuk anniversary komunitas dengan warna abu yang sedikit gelap.

Pertama, contoh desain baju untuk komunitas pecinta motor dengan warna putih yang netral.

Demikian tadi beberapa tips cara desain baju komunitas lengan panjang dan rekomendasinya. Maksimalkan budget dan pilih tempat produksi baju komunitas lengan panjang yang terpercaya. Pesan custom produk lainnya bisa klik banner.

Meta deskripsi: Salah satu atribut identitas bagi suatu kelompok adalah seragamnya. Yuk cari tahu pilihan desain baju komunitas lengan panjang di sini!

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.