5 Desain Baju Aesthetic dan Cara Membuatnya

Desain baju aesthetic sudah jadi tren yang semakin eksis di kalangan anak muda. Ciri utama dari rancangannya adalah menggunakan elemen desain yang minimalis, unik, atau bahkan berbau vintage. Karena itu, semakin banyak orang yang tertarik untuk mendesain baju dengan gaya aesthetic yang unik dan menarik. Namun, untuk menghasilkan desain baju aesthetic yang tepat dan berkualitas, diperlukan pengetahuan dan keterampilan dalam desain grafis dan fashion design. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang desain baju aesthetic dan tips-tips penting yang dapat membantu dalam membuat desain baju yang keren.

Apa Itu Desain Baju Aesthetic?

Desain baju yang aesthetic merupakan rancangan baju yang lebih mengedepankan unsur keindahan, estetika, dan sesuatu yang khas. Ada banyak perpaduan berbagai elemen dalam desainnya, seperti pemilihan warna, pola, dan aksen lainnya. Selain itu, desain baju ini juga biasanya menampilkan varian motif yang unik, seperti ornamen bunga atau simbol tertentu yang punya makna khusus. 

Gaya ini juga tetap menjaga rasa nyaman dan kesan santai pada pakaian. Sering kali baju yang punya desain aesthetic dipakai oleh para remaja atau orang yang ingin tampil dengan gaya yang berbeda dan menarik perhatian publik.

Apa Saja Aplikasi untuk Desain Baju Aesthetic?

Sekarang sudah banyak pihak ketiga yang menyediakan banyak aplikasi untuk menunjang kebutuhan desain baju. Berikut adalah contohnya:

1. Canva

Pertama, ada Canva yang punya banyak template dan elemen grafis yang dapat digunakan untuk membuat desain baju dengan gaya aesthetic. Mudah dipakai terutama bagi para pemula

2. Procreate 

Aplikasi desain digital ini lebih populer di kalangan seniman dan ilustrator. Procreate dapat dipakai untuk merancang sketsa baju hingga sesuai dengan apa yang kamu mau.

3. Adobe Illustrator 

Software dari Adobe ini sangat populer dan sering digunakan oleh para desainer grafis handal. Adobe Illustrator juga bisa digunakan untuk membuat desain baju dengan berbagai jenis gaya, termasuk aesthetic.

4. Sketch 

Aplikasi desain berikutnya adalah Sketch untuk membuat desain baju dengan tampilan profesional dan modern.

5. Figma 

Bukan cuma untuk para desainer UX dan UI. Figma juga sering kali digunakan untuk merancang desain baju dengan tampilan aesthetic dan modern.

6. CorelDRAW 

CorelDraw adalah satu dari aplikasi rancang desain yang sudah ada sejak lama. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengolah desain baju dengan cara yang lebih simpel dari Adobe Ilustrator.

7. Wardrobe Journal

Selanjutnya, ada Wardrobe Journal yang juga merupakan aplikasi desain pakaian. Software ini dirancang untuk digunakan secara pribadi oleh siapa saja yang ingin membuat desain pakaian sendiri. Meski begitu, aplikasi ini juga dapat menjadi pilihan yang sangat bermanfaat bagi mereka yang bercita-cita menjadi desainer kostum.

8. T-Shirt Design Studio

Membuat desain baju sederhana menggunakan aplikasi buatan PVS Studio ini sangat mudah. Kamu dapat menambahkan elemen seperti teks, logo, gambar, dan warna sesuai dengan gaya desain. Meski begitu, perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya dirancang untuk desain kaos saja dan tidak memiliki opsi untuk mendesain jenis pakaian lain seperti kemeja, topi, ataupun celana.

Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play dan telah diunduh oleh jutaan pengguna ponsel Android di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Aplikasi Canggih yang Bisa Digunakan untuk Membuat Desain Hoodie Sendiri

Bagaimana Cara Membuat Desain Baju Aesthetic?

cara membuat desain baju aesthetic

Jika kamu sudah tertarik untuk mengolah desain untuk baju, ada banyak tahapan yang mesti dilewati terlebih dahulu. Bukan hanya sekedar jago dalam mengoperasikan berbagai aplikasi desain. Tapi, kamu bisa ikuti langkah berikut:

1. Tujuan Pembuatan Baju

Pertama, penting untuk tahu tujuan dari pembuatan baju aesthetic tersebut. Jika tujuannya adalah untuk promosi sebuah merek, maka merek tersebut harus diberikan prioritas untuk tampil dalam desain kaos. 

2. Menyesuaikan dengan Budget

Langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran yang sesuai untuk membuat kaos. Penting untuk memperhitungkan semua biaya agar terhindar dari masalah seperti over budget

3. Tentukan Konsep Desain

Setelah itu, mulailah menentukan konsep dan desain kaos streetwear yang diinginkan. Ini adalah saat yang tepat untuk mengumpulkan informasi tentang gaya dan model streetwear yang diinginkan. 

4. Evaluasi Hasil Desain

Pastikan konsep tersebut memenuhi keinginan dan meminta masukan dari orang-orang terdekat untuk memperbaiki konsep jika diperlukan. Dalam melakukan semua langkah ini, penting untuk bekerja sama dengan teman atau partner untuk membantu mempermudah prosesnya.

5. Cetak Di Jasa Cetak Baju Terpercaya

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah pilih jasa yang menyediakan baju dengan bahan berkualitas premium namun harga masih masuk akal. Amati dengan selektif untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan mug dengan kualitas terbaik yang tidak merusak anggaranmu.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Desain Label Baju Unik

Rekomendasi Desain Baju Aesthetic dari Tshirtbar

Setelah mengetahui langkah dalam pembuatan baju aesthetic, saatnya untuk dapat inspirasi dari kami. Rekomendasi berikut ini mungkin bisa bantu dalam pengolahan desain baju. Berikut ini pilihan desain dengan tema yang berbeda.

1. Desain Couple

Pasangan adalah seseorang yang punya tempat istimewa di hati. Jadi, tidak salah untuk membuat desain baju couple dengan gambar mencolok. Contohnya pocket print.

@tshirtbarid

Kaos pocket couple edisi valentine sudah ada nih! Desain dino yang super lucu ini pastinya beda dari yang lain. Kamu punya ide desain lain untuk buat pocket tshirt bareng doi? Yuk ke Tshirtbar!! #printlokal #CapCut #kaos #pocketprint #foryou #lokal

♬ lovers rock – Aleena.*-

2. Japanese Style

Jepang penuh akan keindahan termasuk dalam desain. Kamu bisa tambahkan huruf kanji atau unsur lain yang berkaitan dengan negeri Sakura tersebut.

3. Typography

Jenis desain ini hanya mengandalkan unsur abjad dan font saja. Cocok bagi para pemula yang baru merancang desain.

4. Ilustrasi

Untuk para ilustrator saatnya kamu bisa pamer hasil karya. Menggunakan ilustrasi sebagai gambar utama bisa memberikan nuansa orisinil dan menarik perhatian. Ilustrasi seperti gambar kartun atau objek abstrak pun sah saja.

5. Monogram

Desain monogram hanya butuh satu unsur saja. Namun perlu dibuat secara full print untuk menambah kesan estetik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Font Kekinian untuk Desain Kaos Typography

Jadi itu tadi cara mengolah desain baju aesthetic serta inspirasinya. Kamu sekarang sudah bisa desain sendiri, dan konsultasikan kepada Tshirtbar untuk mencetak hasil desain baju versi terbaikmu.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217