Crewneck Adalah Pakaian Yang Wajib Anda Punya, Ini Alasannya!

Crewneck adalah menjadi salah satu jenis pakaian yang tak lekang oleh waktu dan menduduki tempat istimewa di dunia fashion. Kepopulerannya terus berkembang hingga hari ini. 

 

Dari ciri khas desainnya yang nyaman hingga sejarah panjang yang menciptakan keberagaman gaya. Jadi, simaklah artikel ini untuk memahami betapa pentingnya memiliki setidaknya satu crewneck dalam koleksi pakaian Anda

 

Apa Itu Crewneck?

Pakain ini juga dikenal sebagai “crew neck” atau “crew-neck,” yang mengacu pada jenis kaus atau sweater dengan leher bulat dan tanpa kerah. Meskipun ada berbagai jenis kaus leher bulat yang mirip dengan crew neck (seperti kaus leher scoop), apa yang membedakan crewneck tidak hanya desain lehernya tetapi juga sejarahnya.

 

Biasanya, kaus crew neck pas ketat di sekitar pangkal leher pemakainya, dan bahan dari bagian yang pas ini berupa rajutan dan dijahit secara terpisah pada kaus atau sweater. Gaya leher ini populer di kalangan perahu dayung dan awak kapal, awalnya dibuat khusus untuk keperluan kelautan.

 

Crewneck Adalah Pakaian yang Punya Sejarah Panjang

Crewneck pertama kali muncul pada tahun 1913 sebagai seragam T-shirt yang diberikan kepada pelaut di Angkatan Laut Amerika Serikat. Desain awalnya bertujuan untuk menyembunyikan rambut dada dan memberikan kehangatan kepada para anggota militer.

 

Eksistensi crewneck yang kita kenal sekarang ini mulai mendapatkan popularitas pada tahun 1920 ketika seorang pemain sepak bola bernama Benjamin Russell Jr mencari alternatif untuk jersey wol yang terasa gatal dan basah oleh keringat. Keinginan ini kemudian diwujudkan oleh ayahnya, Russell Sr.

 

Popularitas crewneck terus meningkat, menjadikannya pilihan pakaian kasual yang digemari. Pada tahun 1950-an, crewneck sudah menjadi bagian penting dari lemari pakaian bagi berbagai kalangan.

 

Bagaimana Ciri-Ciri Crewneck?

Penggunaan crewneck jadi salah satu pilihan yang populer dan relevan dalam dunia fashion sejak pertama kali diperkenalkan. Berikut adalh ciri-cirinya:

  • Leher yang Ketat

Umumnya, kaos dengan gaya crewneck pas dengan sempurna di sekitar dasar leher pemakainya. Material pada bagian leher yang dirancang dengan ketat ini sering kali terbuat dari rajutan dan dijahit terpisah pada kaos atau sweater.

  • Pola Diagonal pada Bahan

Salah satu ciri khas utama dari bahan crewneck adalah teksturnya yang unik dengan pola serat atau motif diagonal. Pola ini dihasilkan melalui metode tenun khusus yang membedakannya dari jenis kain lainnya.

  • Tampil Berkilau (Glossy)

Permukaan kaos crewneck memiliki kilau atau tampilan glossy karena serat kainnya telah dihaluskan dan dirajut dengan rapat, menciptakan efek yang berkilau.

  • Warna Kain yang Hidup

Crewneck memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap warna, sehingga hasil pewarnaannya tampak tajam dan cerah.

  • Sifat Anti-Kerut

Crewneck cenderung memiliki sifat anti-kerut, memudahkan dalam perawatan dan sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari.

  • Serbaguna

Kain crewneck sangat serbaguna dan sesuai untuk digunakan dalam berbagai produk fashion, mulai dari kemeja, celana, hingga seragam kerja.

 

@tshirtbarid

Ada yang baru lagi nih di Tshirtbar 👀 Basic Crewneck unisex yang bisa di custom print atau bordir. Dengan bahan Fleece Eco Cotton yang lembut, cocok banget buat kamu yang mau couple sama teman, geng, atau orang tersayang. Ayo hubungi admin, dengan klik link di bio sekarang ya! #produkbaru #crewneck #custom

♬ original sound – gakuyen

  • Tekstur Kain yang Sedikit Kasar

Meskipun memiliki tekstur yang agak kasar jika dibandingkan dengan katun, crewneck tetap memberikan rasa lembut dan kenyamanan saat dipakai sehari-hari.

  • Fleksibel

Crewneck memiliki sifat kelenturan yang baik, memungkinkan kain ini mengikuti gerakan tubuh dengan mudah, memberikan kenyamanan saat bergerak.

  • Tebal Namun Awet

Crewneck dikenal sebagai bahan yang tipis, namun kelebihannya adalah tidak tembus pandang dan tetap tahan lama.

 

Kelebihan Crewneck Adalah Fleksibel dan Nyaman

Ada banyak kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer di dunia fashion. Berikut adalah beberapa keunggulan dari crewneck:

  • Gaya Klasik dan Timeless

Crewneck memiliki desain leher yang sederhana dan tanpa kerah, menjadikannya pilihan yang timeless dan dapat digunakan dalam berbagai gaya dan tren.

  • Sangat Nyaman Digunakan

Kebanyakan crewneck dibuat dari bahan yang lembut dan nyaman seperti katun atau campuran katun, memberikan kenyamanan luar biasa bagi pemakainya.

  • Mudah Digunakan Kemana Saja

Crewneck cocok untuk berbagai kesempatan, baik itu untuk tampil santai sehari-hari, acara semi-formal, atau bahkan digunakan sebagai bagian dari layering untuk gaya yang lebih kompleks.

  • Mudah Di-Custom

Kelebihan lainnya adalah kemampuannya untuk di-custom sesuai dengan selera dan kebutuhan pemakai. Mulai dari warna, desain, hingga logo, crewneck bisa diubah sesuai keinginan.

  • Cocok untuk Berbagai Cuaca

Dengan berbagai ketebalan bahan yang tersedia, crewneck dapat dikenakan sepanjang hari. Terlebih lagi, crewneck cocok digunakan di wilayah Indonesia.

  • Simple Namun Elegan

Meskipun memiliki desain yang sederhana, crewneck tetap memberikan tampilan yang rapi tanpa kehilangan sentuhan personal dan gaya pemakainya.

  • Bisa Digunakan Untuk Layering

Crewneck sangat baik digunakan sebagai pakaian lapis tambahan (layer) di musim dingin, memberikan fleksibilitas dalam menciptakan kombinasi pakaian yang menarik.

 

KESIMPULAN

Crewneck dengan bahan premium CVC dan gramasi tebal merupakan pilihan terbaik untuk cuaca yang sejuk. Bahan CVC, yang merupakan campuran katun dan polyester, memberikan kelembutan ekstra dan ketahanan yang luar biasa, bahkan setelah dicuci berulang-ulang. Kelebihan bahan ini membuatnya nyaman dipakai dalam jangka waktu lama dan tetap awet.

 

Selain kenyamanan dan ketahanannya, crewneck ini juga memiliki standar distro internasional, menjamin kualitas dan desain yang trendy. Keunikan lainnya adalah kemampuannya untuk di-custom sesuai dengan selera kamu. 

 

Dengan crewneck ini, kamu tidak hanya mendapatkan produk berkualitas tinggi, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengekspresikan gaya dan kepribadianmu sendiri.

 

Jadi, crewneck adalah salah satu item fesyen yang wajib Anda punya. Bahkan Anda juga bisa jadikan crewneck sebagai sumber penghasilan tambahan. Untuk segala custom baju dan crewneck terbaik, dapatkan hanya di Tshirtbar!

Cara Sablon Kaos Sendiri

REFERENSI:

  1. https://www.stanleystella.com/en-gb/news/the-history-of-the-crewneck-sweatshirt

 

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211