Mengenal Kain Cotton Pique serta Penggunaannya

Cotton pique adalah salah satu dari sekian jenis bahan kain katun yang sering dijumpai. Umumnya ditemukan dalam berbagai produk fashion dan aksesoris. Bahan ini punya ciri khas, sehingga mudah diterima oleh banyak konsumen.

Untuk lebih jelasnya, kami bahas lebih dalam tentang cotton pique lewat artikel ini. Selamat membaca!

Apa Itu Cotton Pique?

Cotton pique didefinisikan sebagai jenis kain yang dibuat dari 100% bahan katun. Bahan ini memiliki pola jahit yang disebut “pique“. Nah, pola tersebut terdiri dari rangkaian garis diagonal yang dibentuk oleh jahitan khusus bernama “pique stitch“. Jenis bahan ini memiliki tekstur berpori hanya ada pada bagian luar saja. Sedangkan pada bagian dalamnya tidak berpori. 

Salah satu kelebihan utama cotton pique adalah bahwa kain ini dibuat dari bahan katun. Katun adalah bahan yang sangat nyaman digunakan dan cocok untuk berbagai jenis cuaca. Kain ini juga sangat lembut dan tidak mudah menyusut setelah dicuci.

Bahan cotton pique juga punya tekstur kaku dan kuat. Hal ini bisa dibuktikan dengan permukaan kain yang lebih tebal dari katun biasa. Bahan ini memberikan kehangatan yang pas pada tubuh. Tak heran bila cotton pique sering dijadikan komposisi utama pada baju maupun aksesoris.

Alasan lainnya adalah kain cotton pique punya rongga sirkulasi udara yang bagus. Kamu juga tidak akan merasa gerah saat memakai baju dengan bahan cotton pique.  Kelebihan utama dari kain tersebut juga bisa menyamarkan keringat pada kain. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika beraktivitas dengan baju berbahan cotton pique.

Tidak dipungkiri jika cotton pique termasuk ke dalam jenis kain yang berkualitas tinggi. Cocok dipakai untuk berbagai jenis pembuatan pakaian dan aksesoris. Tapi, perlu diingat bahwa kain ini bisa jadi kurang nyaman bila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Gunakan kain yang sesuai dengan preferensi pribadi.

Baca Juga: Kenali Jenis Bahan Cotton Combed Dan Perbedaannya

Apa Saja Perbedaan Cotton Pique, Combed Pique, dan Pique CVC?

perbedaan cotton pique combed pique dan pique cvc

Perlu kamu ketahui bahwa kain cotton pique memiliki karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan kain combed pique dan pique CVC. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek lewat daftar perbedaan di bawah ini.

1. Bahan Utama

Cotton pique: 100% kain katun.

Combed pique: 100% combed.

Pique CVC: perpaduan kain katun dan polyster.

2. Harga

Cotton pique: lebih mahal.

Combed pique: berada di tengah.

Pique CVC: lebih terjangkau.

3. Daya Serap Keringat

Cotton pique: punya daya serap keringat yang baik.

Combed pique: sama seperti bahan cotton pique.

Pique CVC: punya daya serap keringat yang cukup baik.

4. Kenyamanan

Cotton pique: sangat adem dipakai. 

Combed pique: satu tingkat lebih nyaman dari Pique CVC.

Pique CVC: adem dipakai.

5. Elastisitas

Cotton pique: mudah meregang atau fleksibel.

Combed pique: kain mudah meregang.

Pique CVC: kurang fleksibel.

6. Kelembutan

Cotton pique: sangat lembut karena terbuat dari katun murni.

Combed pique: lebih lembut dari pique CVC.

Pique CVC: hampir sama dengan katun.

Baca Juga:Apa Itu Bahan Fleece Cotton?

Apa Saja Contoh Pakaian yang Menggunakan Bahan Cotton Pique?

contoh pakaian menggunakan cotton pique

Kain cotton pique memiliki banyak kelebihan. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih bahan tersebut dalam pembuatan berbagai jenis pakaian maupun aksesoris.

1. Polo Shirt

Polo shirt merupakan salah satu jenis pakaian yang sangat populer. Desain bajunya yang elegan dan nyaman, sehingga sangat cocok digunakan dalam berbagai jenis aktivitas, seperti olahraga atau kegiatan santai.

Bahan utama dari polo shirt adalah terbuat dari kain cotton pique. Kain ini memiliki tekstur yang kaku dan kasar, dan sangat cocok digunakan dalam pembuatan berbagai jenis pakaian, termasuk polo shirt.

Tingkat kenyamanan kain cotton pique juga tinggi dan pas untuk segala jenis cuaca. Kain ini juga sangat tahan lama, dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa harus khawatir akan rusak. Rongga pada kain dapat menjaga keringat tetap kering dan mencegah keringat menempel pada tubuh.

Selain aktivitas olahraga, polo shirt cotton pique juga bisa dipakai dalam berbagai jenis acara resmi. Terlebih polo shirt juga sering digunakan dalam pembuatan seragam perusahaan agar terlihat kompak.

2. Outerwear

Pakaian luar seperti cardigan atau jaket sudah jadi produk esensial yang harus ada di lemari. Model pakaian tersebut berguna untuk melindungi tubuh dari cuaca ekstrem seperti hujan atau angin. 

Outerwear juga punya banyak beberapa turunan yang bisa kamu custom sendiri. Contohnya dengan menambahkan logo bordir dari bahan cotton pique untuk menambah aksen estetika. Bukan cuma itu, kamu bisa menambah kantong, tali, atau hoodie. 

3. Topi

Aksesoris seperti topi adalah pelindung kepala yang wajib kamu punya. Bahan cotton pique juga cocok bila digunakan dalam cuaca panas. Karena cotton pique sendiri terkenal dengan tingkat durabilitas yang tinggi.

Banyak jenis desain dan model yang bisa diterapkan dari bahan cotton pique. Contohnya adalah topi baseball, topi trucker, atau topi snapback. Ketiga bisa kamu gunakan saat kegiatan outdoor, bahkan di dataran tinggi sekali pun.

Kamu juga bisa menambahkan fitur lainnya seperti tali, visor, atau logo. Ketiga fitur ini dapat membuat topi lebih nyaman digunakan dan bisa menunjang aktivitas.

Baca Juga: Kenali Bahan Kain Soft Cotton, Sebelum Berbelanja di Online Shop

Jadi, bisa disimpulkan bila kain cotton pique adalah pilihan terbaik untuk produk busana seperti ketiga contoh di atas. Kamu bisa menyesuaikan desain dan warna melalui tangan terpercaya untuk menghasilkan produk yang optimal.

Bagi kamu yang sedang mencari produk fashion dengan bahan kain cotton pique berkualitas, di Tshirtbar kami menyediakan jasa custom baju dan merchandise sesuai kebutuhan tanpa minimum pembelian. Dapatkan sekarang juga dengan menghubungi team sales kami atau datang langsung ke offline store Tshirtbar!

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222