Contoh Kaos Jersey Sepeda Keren Buat Anda

Bagi sebagian orang, tak lengkap rasanya jika aktivitas olahraga sepeda tanpa memakai kaos atau jersey. Sebenarnya, tak ada keharusan memakai jersey ketika bersepeda. Namun harus diakui, penggunaan jersey bisa berdampak pada kepercayaan diri baik saat digunakan balapan, komunitas, atau bersepeda santai. 

 

Pemakaian jersey memang bisa membuat penggunanya lebih nyaman karena kaos ini didesain untuk menyerap keringat dan  bahannya yang lentur. Sebagai salah satu cabang olahraga, desain jersey sepeda tak sama dengan kaos untuk jenis olahraga lain seperti sepak bola, basket, dan sebagainya. 

 

Saat ini, banyak komunitas olahraga sepeda yang membuat jersey tersendiri sebagai ciri khasnya. Beberapa perusahaan juga banyak memesan desain kaos sendiri untuk kebutuhan olahraga, tentunya dengan brand atau logo khusus yang dicetak pada jersey. Ada beberapa contoh kaos jersey sepeda yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa kriterianya. 

 

Aerodinamis

Dalam olahraga sepeda, angin adalah salah satu tantangan berat. Jika arah angin berlawanan dengan arah sepeda, tentunya akan membuat pegowes harus mengayuh sepeda dengan tenaga lebih ekstra. Dorongan angin bisa lebih kuat jika pemilihan kaos yang kurang pas. 

 

Ini sama halnya ketika Anda menggunakan kaos biasa yang longgar untuk berenang jika dibandingkan dengan pakaian renang. Inilah pentingnya aerodinamis dalam kriteria jersey sepeda karena angin adalah penghambat laju sepeda.

 

Untuk bersepeda, kaos yang longgar juga tidak dianjurkan karena bisa melawan angin. Desain kaos sepeda mengutamakan aerodinamis yang mendukung pesepeda bisa melesat lebih cepat meski arah angin berlawanan.

 

Mengeluarkan Keringat

Jersey khusus pesepeda dibuat dari bahan sintetis, biasanya berupa polyester yang memiliki banyak pori. Fungsinya untuk mengeluarkan udara dan keringat yang keluar. Saat pesepeda mengeluarkan keringat, kaos akan menyerap dan mengeluarkan keringat ke bagian luar agar cepat kering.

 

Fungsi ini akan membuat kaos sepeda tetap kering meski saat bercucuran keringat. Bahan ini juga memungkinkan pesepeda tetap nyaman karena tidak ada sumbatan keringat di badan, sehingga tidak menimbulkan efek gatal. Jika Anda menggunakan kaos biasa saat bersepeda, apalagi dengan rute jarak jauh, kaos pasti akan langsung basah karena keringat.

 

Mengurangi Potensi Kecelakaan

Olahraga sepeda juga berisiko kecelakaan karena treknya harus berbarengan dengan kendaraan bermotor. Risiko yang sering terjadi adalah tersenggol hingga jatuh ke jalanan. Contoh kaos jersey sepeda untuk aspek keamanan yakni memiliki warna mencolok dan efek memantul atau reflektif. Dengan warna yang mencolok, pesepeda mudah terlihat sehingga bisa terhindar dari kecelakaan dengan pengguna jalan lainnya.  

 

Pemilihan rute sepeda offroad juga memiliki risiko seperti potensi tersangkut ranting pohon atau jatuh di trek bergelombang. Baju khusus sepeda sebaiknya dipilih dengan bahan yang bisa meningkatkan aspek keamanan. Pilih jersey yang tidak mudah robek demi keselamatan. 

 

Kenyamanan

Jersey sepeda haruslah dibuat nyaman untuk penggunanya. Jenis kaos ini dibuat dari bahan sintetis ringan, anti lembab, dan permukaannya bertekstur lembut. Baju sepeda didesain agar bisa elastis atau mekar mengikuti torso tubuh meskipun terlihat tampak sangat ketat dalam hal ukurannya. Baju sepeda juga dilengkapi dengan kantong khusus untuk menampung barang-barang yang dibutuhkan saat bersepeda namun sulit digenggam, seperti dompet, kunci, dan sebagainya. 

Baca juga: Penuhi Hobi Dalam Komunitas Sepeda Jakarta

Bahan Jersey Sepeda

Beberapa bahan jersey yang direkomendasikan antara lain kain polyester, wol, dan nilon. Polyester sangat baik untuk mengeluarkan keringat dari tubuh dan membuatnya langsung kering. Bahan ini juga relatif nyaman di suhu udara panas maupun dingin. Lalu, bahan nilon memiliki kelebihan bahan yang bisa merenggang, anti lembab, dan cocok untuk semua cuaca. Sementara bahan wol hanya cocok untuk lingkungan dingin. 

 

Di Indonesia, contoh kaos jersey sepeda dengan bahan wol bisa diaplikasikan untuk trek pegunungan yang suhunya di bawah 20 derajat celcius. Wol juga bersifat menyerap keringat sebagaimana bahan polyester dan nilon. Bahan wol juga memiliki sifat anti bakteri dan tidak berbau meski berkeringat. 

Ada banyak produk jersey sepeda di pasaran, sesuaikan dengan penggunaannya dan budget. Karena jersey untuk olahraga bersepeda sebagai hobi tak harus menggunakan jersey sepeda untuk standar olahraga. Anda bisa memesan custom jersey sepeda dengan desain dan warna sesuka hati, tentunya dengan bahan berkualitas juga, di Tshirtbar!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *