4 Contoh ID Card Perusahaan yang Unik

Ketika bekerja di sebuah perusahaan tentunya terdapat peraturan tertentu. Peraturan tersebut merupakan hasil dari kesepakatan bersama. Salah satu kebijakannya adalah penggunaan atribut seragam. Ada banyak jenis-jenis atribut seragam, contohnya penggunaan ID Card.

Identification Card atau disingkat ID Card adalah tanda pengenal bagi seseorang. Pada kartu tersebut memuat banyak identitas, seperti nama, jabatan dan nama perusahaan dimana kita bekerja. Kartu ini juga sudah jadi barang wajib bagi para pekerja, terlebih bagi karyawan korporat. ID Card juga jadi pembeda antara karyawan dengan pengunjung biasa. Bahkan untuk membedakan antar divisi perusahaan.

Di era ini penggunaan ID Card sudah lebih luas. Bukan cuma digunakan untuk karyawan, bahkan panitia acara maupun anggota organisasi pun sudah memakainya. Lewat artikel ini, kami akan berikan inspirasi mengenai contoh ID Card perusahaan yang bisa kamu tiru. Hal ini bermaksud supaya ID Card perusahaan maupun kebutuhan organisasi juga berbeda dari biasanya

Bagaimana Cara Membuat ID Card Perusahaan?

Sama seperti membuat atribut lainnya, ada banyak pertimbangan dan poin yang harus kamu perhatikan. Beberapa tahapan ini pun bisa diikuti untuk para pemula. Berikut tahap-tahapnya:

1. Riset terlebih dahulu

Perbanyak riset mengenai desain, bahan serta vendor juga sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Dari situ kita bisa terbayang seperti apa ID Card yang akan digarap. Nanti hasilnya bisa jadi beda dari perusahaan lain.

Kamu bisa mengakses penyedia mockup (referensi) untuk ID Card. Sebut saja Pinterest atau Behance yang dapat kamu cek melalui internet. Di situ kamu bisa mendapatkan banyak inspirasi secara cuma-cuma.

2. Tentukan bentuk kartu

Selanjutnya, tahap ini jadi poin penting. Dimana kamu juga harus tahu desainnya akan dibuat seperti apa. Apakah kamu akan membuat secara vertikal? atau mungkin akan dibuat seperti ID Card biasa.

Kamu juga perlu menentukan area desain yang akan kamu buat. Supaya hasilnya terlihat pas dan tidak berlebihan.

3. Buat desain simple

Tidak harus jadi seseorang yang ahli untuk mendesain suatu hal. Mungkin saja kamu masih pemula, kamu bisa kok merancang ID Card secara mudah.

Ada 2 aplikasi yang bisa kamu pilih, yaitu Microsoft Word dan Canva. Tentu keduanya sudah menyediakan template untuk mempermudah kamu dalam mengerjakan. 

4. Tambahkan data penting

Rasanya tidak sempurna kalau tidak ada tulisan pada ID Card. Kamu perlu menambahkan data-data penting pada ID Card.

Biasanya pada ID Card memuat foto, nama lengkap, divisi dan jabatan. Data tersebut harus ditulis sedetail mungkin dan sesuai dengan database perusahaan. 

5. Cetak di tempat terpercaya

Setelah menggarap desain, kamu perlu cetak sendiri. Pilihlah jasa vendor cetak id card terpercaya. Supaya bisa memastikan bahwa hasilnya bisa sempurna.

Selain ID Card, kamu juga bisa minta custom untuk lanyardnya. Untuk printing, kami merekomendasikan untuk memilih print UV. Print UV sudah terkenal awet dan hasilnya nyala.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Contoh Desain ID Card Terbaik

Apa Saja Manfaat ID Card Perusahaan?

1. Sebagai kartu pengenal

Memang tujuan awal dari ID card adalah sebagai medium entitas. Di mana lewat kartu ini diharapkan dapat memudahkan orang untuk mengenal penggunanya sebagai karyawan. 

Biasanya pada ID Card memuat banyak data seperti nama, jabatan, nomor anggota dan jabatan. Tak jarang juga memasukkan foto kartu anggota.

2. Sebagai media promosi

Penggunaan ID Card juga bisa jadi salah satu wadah promosi berjalan. Tidak perlu modal besar, cukup gunakan lanyard dan ID Card yang memiliki entitas logo yang jelas. Dari situ, orang-orang bisa tahu tentang perusahaan dimana kamu kerja. Sungguh mudah bukan?

3. Sebagai pembeda karyawan

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, ID Card punya fungsi krusial bagi para karyawan. Tujuannya agar bisa jadi pembeda antar karyawan, divisi, bahkan dengan para tamu. Hal ini juga berlaku untuk event tertentu supaya bisa tahu yang mana panitia dan yang mana pengunjung.

4. Sebagai keperluan akses

Kadang untuk memasuki suatu gedung kantor, selalu ada syarat-syarat tertentu. Salah satunya dengan memberikan bukti ID Card agar bisa masuk. Atau mungkin juga untuk mendapatkan akses ke tempat-tempat tertentu.

Dengan menggunakan ID Card, hal ini bisa meminimalisir hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi. Jadi, ID Card juga bisa digunakan sebagai keperluan akses.

Baca Juga: 3 Cara Print ID Card dengan Mudah untuk Pemula

Rekomendasi Contoh ID Card Perusahaan yang Unik

1. ID Card Portrait

Kalau kamu mau menambahkan lanyard, ID Card portrait sangat pas untuk dipilih. Penggunaan lanyard juga sangat praktis digunakan. Apalagi kalau para karyawan tersebut bekerja secara mobile. ID Card Portrait dengan lanyard pun bisa meminimalisir risiko jatuh. Sehingga, ID Card pun tidak mudah hilang.

2. ID Card Landscape

Kalau kamu lebih suka ID Card yang lebar, model landscape adalah solusinya. Biasanya ID Card landscape juga menggunakan klip yang akan dijepit pada saku kemeja. Kelebihan format ini juga memberikan banyak area untuk desain. Selain itu juga bisa disimpan pada dompet.

3. ID Card Membership

Bukan cuma karyawan, para pelanggan juga bisa menggunakan ID Card. Misalkan mereka sudah jadi customer loyal bisnismu. Biasanya mereka memiliki kartu member yang bisa ditukar dengan benefit tertentu. ID Card Membership juga saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan.

4. ID Card Formal

Perusahaan korporat pastinya tidak lepas dari sesuatu yang formal. Begitupun dengan aturan pakaian. Seperti halnya penggunaan ID Card. Secara umum, perusahaan menerapkan desain yang terlihat formal juga.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Tali ID Card Custom?

Nah, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi. Contoh ID Card perusahaan yang sudah kami hadirkan bisa jadi referensi untuk kamu coba. Tshirtbar sebagai penyedia jasa cetak custom ID Card siap membantu. Tentunya dengan hasil cetak yang punya kualitas tinggi. Untuk memaksimalkan tampilan, bisa juga tambahkan lanyard. Merchandise lain juga bisa kamu cek lewat banner di bawah.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *