4 Rekomendasi Contoh Desain ID Card Terbaik

Contoh desain ID Card terbaik menjadi populer saat ini dan banyak yang mencarinya. Membuat ID Card bukan perkara gampang serta dibutuhkan pengalaman tinggi, pasalnya walaupun tampilannya sederhana namun membuat ID Card nyatanya tidak semudah kelihatannya. Para desain grafis mengakui bahwa hal paling sulit dilakukan adalah mencari ide yang akan dikerjakan.

Karenanya, jangan pernah menganggap sepele hasil pekerjaan dari para desain grafis, sebab didalam suatu hasil yang tampak sederhana, namun dibutuhkan usaha besar untuk berpikir.  Nah, sebelum mengetahui rekomendasi desain paling bagus, baiknya ketahui lebih jauh mengenai ID Card sendiri.

Apa Saja Fungsi ID Card?

Masing-masing dari setiap jenis ID card tentunya memiliki fungsinya tersendiri. Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari penggunaan ID card, diantaranya:

  • Di sebuah perusahaan atau organisasi, ID card berfungsi untuk mempermudah seseorang dalam mengenal ataupun meminta bantuan kepada rekan kerja lainnya yang sesuai dengan tim dan nama yang tertera pada kartu.
  • Berguna untuk menambah kesan formal serta kerapian karyawan.
  • Memberikan kesan semangat dalam setiap situasi pekerjaan.
  • ID card juga bisa dipakai sebagai tanda pengenal.
  • Membedakan antara anggota serta non anggota untuk menjaga keamanan dan juga hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Berguna untuk menyimpan data diri seseorang.
  • ID card dapat berfungsi sebagai access control seseorang untuk dapat masuk ke sebuah bangunan atau ruangan tertentu.
  • Sebagai media promosi saat anggota atau karyawan berkunjung ke perusahaan/organisasi lain.

Bagaimana Cara Membuat Desain ID Card?

ID Card adalah sebuah kartu yang umum digunakan seseorang sebagai identitas dalam sebuah pekerjaan atau instansi. Semua kantor telah memberlakukan sistem penggunaannya agar memudahkan mengenal satu sama lain dan menyebut nama.  Jadi, tidak perlu susah mencari tahu karena ada ID Card.

Tidak hanya karyawan atau perusahaan saja, namun ID Card ini ibarat kartu pengenal. Jadi, selain instansi juga digunakan oleh suatu organisasi juga perkumpulan. Sehingga cukup penting untuk memilikinya agar meningkatkan kepercayaan diri bagi penggunanya.

Ukuran kartunya terbilang kecil, namun mempunyai peran penting untuk yang membutuhkan dan menggunakan. Dengan kartu terbaik memberikan kesan rapi dan resmi, sehingga mampu membuat penggunanya lebih percaya diri.

Baca Juga: ID Card: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Tips Membuatnya

Selain karena kepentingannya untuk kamu pengenal sehari-hari, terdapat ID yang memiliki teknologi berbasis tinggi. Sehingga, memudahkan karyawan untuk keluar masuk kantor serta absen pekerja.

Untuk menghasilkan kartu bagus secara manual dibutuhkan kemampuan mumpuni. Dan pastinya membutuhkan waktu cukup lama agar terlihat bagus. Karena alasan itulah , maka membuat orang mencari tahu bagaimana cara membuat desain ID terbaik.

Namun, untuk kamu yang tak ingin susah-susah dan cepat membuat kartu sesuai keinginan, bisa mengikuti cara-cara dalam artikel ini. Tak memerlukan waktu lama, Langsung mendapatkan tkamu pengenal cantik sesuai keinginan. Bagi kamu yang penasaran bagaimana langkah-langkah membuatnya, yuk langsung simak caranya berikut ini:

  •     Yang pertama, buka aplikasi browser melalui smartphone atau PC.
  •     Kunjungi halaman bighugelabes.com
  •     Jika sudah masuk ke dashboard, kemudian isi data diri lengkap dan sesuai.
  •     Klik menu, choose file agar dapat memasukkan foto yang ingin digunakan dalam ID
  •     Pada menu crop, pilih satu dari beberapa pilihan untuk digunakan pada ID Card
  •     Di bagian ini secara bebas Kamu bisa memilih desain ID Card keren.
  •     Kemudian, pada Badget Colour yaitu menu untuk mengatur warna yang dibuat.
  •     Di bagian header bisa isi keterangan sesuai keinginan, boleh menggunakan nama atau tulisan lainnya.
  •     Lanjut, pada footer isi alamat perusahaan, instansi, sekolah atau keterangan lainnya.
  •     Kolom Name isi nama lengkap Kamu atau panggilan.
  •     Sementara, bagian text isi data pekerjaan maupun informasi wajib lainnya
  •     Pada saat muncul Member Since is tahun saat bergabung pada perusahaan tempat bekerja.
  •     Expired adalah masa berlaku kartu
  •     Lalu, pada bagian birthdate gunakan tanggal lahir Kamu.
  •     Apabila ingin memasukkan barcode, gunakan kamu ceklis di Include.
  •     Setelah data terisi lengkap ada salah atau tertinggal, kemudian klik Create untuk memproses pembuatan ID Card.

Bagaimana cukup mudah kan? Cara membuatnya mudah hanya membutuhkan 5 menit saja. Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kartu pengenal dan siap digunakan. Hanya saja kelemahan menggunakan software atau suatu aplikasi memiliki keterbatasan model. Sehingga, hanya menggunakan model yang tersedia.

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk ID Card, Ini 5 Fungsi Bahan Lanyard

Lalu, bagaimana untuk mendapatkan desain ID keren? Bisa kok menggunakan software atau aplikasi lain. Kamu juga memiliki kesempatan membuat sendiri dengan contoh desain yang sesuai kebutuhan.

Rekomendasi Contoh Desain ID Card Terbaik

Membuat kartu pengenal bukan hal mudah dan perlu skill khusus, selain karena butuh ide juga membuatnya agar tidak mudah rusak serta menarik. Ada beberapa pilihan rekomendasi tepat yang wajib untuk diketahui dan digunakan. Berikut ini diantaranya :

1. ID Card Biasa

desain id card biasa

Contoh ID card ini biasanya menggunakan bahan PVC. Seringkali ditemui dan banyak digunakan oleh suatu tempat pendidikan atau perusahaan korporat. Selain itu, tanda pengenal ini juga seringkali dipakai sebagai ID card panitia.

2. ID Card dengan Lanyard

desain id card dengan lanyard

Jenis ID Card dengan menggunakan tali cukup popular dengan banyak macamnya. Nama lain dari tali tersebut biasa disebut Lanyard. Bisa digunakan oleh karyawan maupun panitia suatu acara. Tak hanya orang Indonesia saja menggunakannya, namun hampir setiap negara memilikinya.

3. ID Card VIP

id card VIP

Salah satu jenis desain kartu pengenal terbaik saat ini adalah ID card VIP, yang sekilas bentuknya hampir sama dengan ID pada umumnya. Namun, jika dilihat lebih teliti, dalam kartu ini ada sebuah microchip. Fungsinya untuk menyimpan identitas pemilik kartu agar tak mudah diketahui siapapun. Cara teknologi ID Card ini mengurangi resiko pemalsuan data.

4. ID Card Magnetic

id card magentic

Image source: https://maxipro.co.id/jenis-jenis-id-card/

Kemudian ada jenis desain ID card magnetic yang bentuknya tidak jauh berbeda seperti ID card biasa. Perbedaannya paling utamanya adalah adanya garis panel hitam di sisi belakang ID card magnetic tersebut. Biasanya panel hitam tersebut berfungsi untuk menyimpan data dari pemilik ID card. Selain itu, beberapa jenis kartu identitas ini juga bisa kamu gunakan untuk transaksi pembayaran.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Membuat ID Card Panitia Terlihat Keren

Berbagai rekomendasi contoh desain ID Card terbaik yang dibahas bisa memberikan inspirasi untuk membuat ID Card sesuai kebutuhan. Tidak perlu khawatir, jika kartu identitas belum dimiliki, membuatnya sendiri juga bisa kok, kamu sudah mendapatkan contoh desain yang pas, tentu bisa jadi ide pas membuat kamu jadi lebih fleksibel membuat kartu dengan desain yang kamu mau.

Jika kartu sudah selesai dibuat tentu wajib untuk butuh penyimpanan kartu supaya aman dibawa kemana saja. Menggunakan Card Holder sangat diperlukan, Untuk meminimalisir ID jatuh atau hilang. Baik ID card dan Card Holder bisa kamu dapatkan di Tshirtbar. Tentunya bisa kamu custom sekreatif mungkin.

Referensi:

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217