Last Update: September 30th, 2022 at 4:12 pm

7 Contoh Baju Sablon dengan Desain yang Menarik

Kaos atau t-shirt memiliki fungsi yang lebih dari sekadar penutup tubuh. Sebagai item fashion, desain yang menarik juga menjadi salah satu daya jual. Salah satu jenis kaos yang banyak diminati oleh konsumen dari usia anak-anak hingga dewasa adalah kaos sablon. Untuk memperluas target pasar, produsen pakaian termasuk para pemilik distro harus pintar-pintar memilih contoh dari baju sablon yang menarik.

Tips Membuat Desain Kaos Baju Sablon

Desain kaos sablon dapat diatur sedemikian rupa yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Hal itu menjadikan masing-masing orang maupun bisnis kaos memiliki desain sablon dengan ciri khasnya tersendiri. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba mendesain kaos sendiri, ada kalanya untuk mengikuti 5 tips berikut ini.

1. Melihat tren kekinian

Desain baju sablon adalah bersifat kaos custom, maka dari itu referensinya tidak akan jauh-jauh dari tren terkini yang sedang naik daun. Terdapat banyak pilihan gaya dan motif yang dapat Anda jadikan inspirasi, misalnya seperti penggunaan tokoh fiksi, super hero, kata-kata menarik, ataupun desain abstrak yang antimainstream. Selain itu, saat ini juga desain kaos pria atau wanita seringkali menggunakan quotes atau kutipan kalimat unik yang kekinian.

2. Menentukan tema desain

Selain melihat darir tren kekinian, tips berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat desain baju kaos sablon menarik adalah dengan menentukan beberapa tema desain. Penentuan tema desain sablon ini akan membantu Anda untuk memilih desain mana yang paling pas. Misalnya seperti tema retro, vintage, modern, milenial, nature, animasi atau bahkan monokrom.

3. Memilih bahan baju terbaik

Kualitas dari baju sablonan juga sangat dipengaruhi oleh jenis bahan yang dipakai. Apabila bahan kaosnya sudah bagus seperti cotton combed atau rayon, maka hasil sablon pun akan awet meskipun dicuci dan disetrika berkali-kali. Akan tetapi bila kualitas kaosnya kurang bagus, hasilnya sablon pada baju kemungkinan akan pecah-pecah dan bahkan warnanya hingga luntur atau pudar. Oleh sebab itu usahakan untuk memilih bahan baju kaos terbaik, yang tentunya disesuaikan dengan budget yang Anda punya dan harga kaos yang akan Anda jual nantinya.

4. Menentukan warna desain sablon yang tepat

Bagaimana jadinya jika warna baju kaos yang dipilih bertabrakan dengan desain sablon kaos? Tentunya akan terlihat kurang menarik dan tidak indah dipandang mata bukan? Pemilihan warna baju yang tepat akan mempengaruhi hasil sablon yang ditempel pada baju. Begitu juga sebaliknya, desain sablon juga harus dirancang dengan tepat agar bisa menyesuaikan dengan warna baju yang dipilih.

5. Kreasikan sesuai keinginan

Kemudian untuk tips terakhir, Anda bisa mengembangkan kreasi desain sablon sendiri sesuai keinginan. Mencari refernsi dari tema dan karakter yang sedang tren memang disarankan, namun tak ada salahnya untuk berani membuat kreasi desain unik hasil rancangan sendiri. Dengan membuat desain sablon sendiri, justru akan menghasilkan gaya baru yang lebih segar dan bisa saja menjadi tren kedepannya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Sablon Sublim

Contoh Baju Sablon Kaos Keren dan Menarik

Selain membuat produk dengan bahan yang berkualitas, desain sablon yang menarik dan berbeda dari yang lain akan menimbulkan daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Jika Anda belum mendapatkan inspirasi, simak beberapa contoh dari desain baju sablon berikut ini!

1. Baju Sablon Couple

Baju kaos polos tentu sangat tidak menarik jika dijadika baju couple. Baju sablon couple termasuk salah satu jenis kaos yang banyak diminati saat ini. Target pasarnya bukan hanya pasangan muda. Keluarga kecil yang terdiri dari suami, istri dan anak juga dapat menjadi market Anda. Buat tulisan-tulisan atau gambar kartun yang menarik untuk menjangkau target pasar pasangan atau keluarga yang Anda inginkan.

2. Baju Sablon dengan Quotes atau Pepatah

Contoh untuk baju sablon yang menggunakan quotes atau kata-kata mutiara dalam desainnya memang sudah banyak. Namun ide ini masih relatable hingga saat ini. Selain memilih desain dan font yang menarik, lakukan pemilihan kata yang sesuai dengan target pasar Anda. Gunakan berbagai pilihan bahasa baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia agar pilihan konsumen semakin beragam.

3. Baju Sablon dengan Desain Kaos Karikatur Wajah

Karikatur merupakan hasil karya seni yang menarik untuk dijadikan desain sablon kaos. Anda bisa menabahkan desain kaos dengan karikatur wajah konsumen atau orang-orang populer di dunia. Umumnya para pemakai kaos ingin mendapatkan kesan tertentu sesuai dengan wajah tokoh yang digunakan dalam desain kaos mereka.

4. Baju Sablon dengan Kalimat Penyemangat

Selain menggunakan quotes atau pepatah dari orang-orang terkenal, Anda juga bisa menebarkan semangat kepada para konsumen dengan membuat desain kaos sablon yang berisi kalimat penyemangat. Isi kalimatnya tergantung pada target pasar yang diincar. Jika ingin menjadikan orang-orang yang hobi olahraga sebagai target, maka gunakan kata-kata penyemangat untuk tetap bersemangat berlari/mengayuh sepeda atau berlatih. Jangan lupa padukan kalimat-kalimat andalan Anda dengan desain ciamik agar mudah memikat calon pembeli.

Baca juga: Kumpulan Kata-kata Untuk Baju Sablon yang Unik 

5. Baju Sablon dengan Desain Abstrak

Memanfaatkan desain abstrak untuk diaplikasikan ke atas kaos polos juga patut untuk Anda coba. Desain kaos semacam ini dapat memberikan kesan ekspresif kepada para pemakainya. Gunakan warna-warna yang kontras agar kaos semakin menarik dilihat. Desain seperti ini juga banyak ditemukan pada desain kaos distro.

6. Baju Sablon dengan Logo dan Ikon dari Tokoh atau Brand Terkenal

Menggunakan kaos dengan logo atau ikon dari tokoh yang disukai kadang memberikan kebanggaan tersendiri bagi para pemakainya. Logo superhero, logo dari perusahaan-perusahaan ternama dunia hingga logo media sosial yang Anda gunakan bisa menjadi opsi menarik untuk contoh kaos sablon Anda.

7. Baju Sablon yang Dibuat untuk Tujuan Tertentu

Selain untuk bergaya, kaos sablon juga kerap digunakan sebagai media promosi atau iklan. Perusahaan-perusahaan juga kerap memesan kaos sablon untuk diberikan sebagai merchandise atau untuk dikenakan sebagai seragam para karyawannya. Begitu juga dengan para politikus yang ingin berkampanye. Dengan membuat baju sablon yang menarik, Anda dapat dengan mudah mendapatkan pesanan khusus dari mereka.

Kelebihan kaos sablon print

Teknik sablon printing banyak dipilih oleh para pebisnis baju kaos (t-shirt) karena memberikan beberapa keunggulan. Berikut ini beberapa kelebihan sablon printing kaos yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  • Desain sablon teraplikasikan secara menyeluruh pada kaos.
  • Produksi baju kaos dalam jumlah banyak akan lebih mudah dilakukan. Tak masalah bila desainnya berbeda-beda, sebab mesin sablon printing mampu membedakannya.
  • Sablon printing menyediakan lebih banyak pilihan warna.
  • Proses pengerjaan mencetak desain sablon kaos dengan teknik printing akan lebih cepat selesai.
  • Ketika sudah selesai dicetak, proses pengeringan sablonan pun lebih cepat karena menggunakan mesin press.

Baca Juga: Perbedaan Sablon Rubber dan Plastisol

Itulah beberapa contoh dari baju sablon yang dapat dijadikan inspirasi bagi Anda yang ingin membuka distro atau jasa sablon kaos on demand, semua desain bisa ditetapkan untuk baju lengan panjang atau lengan pendek. Agar hasilnya semakin maksimal, gunakan desain, material kaos dan tinta sablon berkualitas terbaik.

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224