Cara Berpenampilan Chic Style dan Inspirasi Outfitnya

Pecinta fashion pasti sudah paham dengan berbagai istilah gaya busana. Salah satunya yakni chic style. Istilah gaya busana tersebut sudah jadi hal yang lumrah.  Chic style adalah sebuah nama yang merepresentasikan seseorang untuk bisa modis dan tampil elegan. Namun begitu, gaya chic tidak mengikat dengan suatu tren yang sedang berjalan saat ini.

Kamu pun bisa tampil hebat dengan gaya chic. Daripada bingung, mari kita bahas mengenai apa chic style itu sendiri serta referensi busana yang bisa kamu tiru.

Apa Itu Chic Style?

Mengambil dari kata “chique” dari bahasa Perancis, chic style adalah gaya yang menampilkan sisi terampil dan anggun. Dimana para pemakainya wajib tampil dengan sesuatu yang elegan, sopan, dan mewah. Ini merupakan gaya yang digunakan oleh orang yang ingin terlihat berkelas dan modis. Dalam gaya ini, fokus utama merujuk pada kualitas dan detail dari pakaian. Bukan dari jumlah atau jenis pakaian yang digunakan.

Sejarah mengatakan bahwa gaya chic sudah muncul sejak tahun 1920-an, di mana orang mulai mengejar gaya hidup yang lebih mewah dan elegan setelah Perang Dunia I. Pada masa itu, pakaian yang digunakan oleh konglomerat dan kelas atas jadi lebih sederhana dan minimalis. Memiliki tujuan untuk fokus pada kualitas bahan dan desain yang elegan.

Memasuki tahun 1930-an, gaya chic jadi lebih terkenal saat Hollywood mulai mengejar gaya yang lebih elegan dan modis. Berbagai selebriti dan aktris terkenal mulai mengenakan pakaian yang sederhana tapi elegan. Dari situlah gaya chic mulai diikuti oleh masyarakat umum.

Fase berikutnya adalah saat masuk ke tahun 1950-an. Gaya chic jadi makin terkenal lagi dengan munculnya gaya “New Look”. Inovasi tersebut pertama kali dikenalkan oleh desainer asal Perancis, Christian Dior. Sang desainer maestro tersebut mulai menekankan pada siluet yang lebih feminin dan menampilkan pakaian yang terbuat dari bahan yang punya mutu tinggi.

Semakin jauh gaya chic terus mengalami kemajuan dan evolusi selama berabad-abad. Hingga saat ini masih diterapkan oleh banyak orang yang ingin terlihat mewah dan stylish. Walaupun gaya ini sering dihubungkan dengan kelas sosial atas, namun saat ini sudah banyak orang yang mengadaptasi gaya ini dengan memilih bahan baku yang ramah lingkungan dan dibuat oleh perancang lokal.

Baca Juga: Ternyata Inilah Perbedaan Retro dan Vintage Style

Bagaimana Cara Berpenampilan Chic Style?

cara berpenampilan chic style

Ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan hasil outfit yang chic dan fresh:

1. Pemilihan Bahan

Pilih pakaian yang terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi seperti cotton combed, eco cotton dan bamboo cotton. Hindari bahan kain yang terlalu tipis atau transparan.

2. Opsi Warna

Warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, atau beige bisa jadi opsi. Jangan pakai baju dengan warna yang terlalu mencolok atau berlebihan.

3. Desain Pakaian

Gunakan desain yang sederhana dan elegan. Gaya chic tidak suka dengan sesuatu yang terlalu ramai dan kaya.

4. Ukuran Pakaian

Pakaian yang dipilih harus punya potongan yang rapi dan pas. Jangan pakai pakaian yang ketat atau oversize.

5. Pemilihan Aksesoris 

Ada banyak aksesoris yang merepresentasikan gaya chic yang sesuai. Contohnya seperti tas, sepatu, dan perhiasan yang terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi. Misalnya dibuat dari kulit asli, emas, atau perak.

6. Merawat Pakaian

Untuk menunjukkan sisi elegan, sebaiknya kamu perlu pastikan pakaian dan aksesori selalu dalam kondisi yang baik dan bersih.

7. Jangan Berlebihan

Sisi minimalis dalam mengenakan pakaian atau aksesoris adalah satu hal yang wajib dalam gaya chic. Lebih baik tampil sederhana tapi tetap elegan.

Baca Juga: 7 Inspirasi Oversized Hoodie Style Agar Semakin Keren

Inspirasi Outfit Chic Style

inspirasi outfit chic style

Masih bingung dengan tampil chic dan elegan? Kamu boleh ikuti referensi di bawah ini agar tampil lebih mempesona.

1. Black and White

Mengusung dua warna ini adalah pilihan paling aman. Keduanya adalah warna paling netral, namun bila disatukan terlihat kontras. Ini akan membuat tampilanmu berkelas dan tampak mahal. Gunakan baju warna dasar putih seperti kaos dan pilih luaran coat warna hitam. Sekarang kamu bisa tampil ala wanita di Paris.

2. Warna Bold 

Opsi kedua bila ingin tampil lebih lugas adalah dengan memilih warna bold. Menggunakan T Shirt dress hitam bersama kimono warna ungu gelap atau merah marun. Itu cuma satu dari berbagai contoh agar bisa tampil lebih lugas. Make up sedikit lebih tebal juga bisa kamu coba.

3. Neutral Look

Gaya ini sangat elegan dan sederhana, dengan fokus pada pemilihan warna netral seperti abu-abu, beige, atau krem. Pakaian yang digunakan bisa berupa blazer abu-abu dan celana krem atau dress beige dan tas kulit.

4. Tampil Minimalis

Gaya chic tidak harus memakai pakaian yang serba ribet. Mengusung gaya minimalis seperti wanita Jepang adalah pilihan tepat. Kuncinya adalah bisa memadukan elemen pakaian dan saling menyatu satu sama lain. Hindari aksesori berlebihan dan fokus hanya satu pakaian tunggal saja.

5. Pakaian Serba Katun

Bahan katun adalah kain yang cocok digunakan dalam gaya chic. Kain ini bisa memberikan kesan yang santai dan elegan. Pakaian yang digunakan bisa berupa blouse atau Tshirt dress berbahan katun, atau bisa pakai tunik dress. Pakailah aksesori seperti tas dan sepatu kulit untuk buat kamu tampil lebih sempurna.

6. Tampil Klasik

Jika kamu adalah pecinta fashion Barat, maka klasik bisa kamu tiru. Gaya ini sangat elegan dan mewah, serta fokus pada aksesori perhiasan seperti cincin, kalung, atau anting yang megah. Pakaian yang digunakan bisa berupa kaos atau dress dengan blazer yang simpel dan rapi.

Pilih pakaian yang memperlihatkan siluet tubuh. Gaya chic biasanya memperlihatkan bentuk tubuh dengan potongan yang pas dan sesuai dengan tubuh. Contohnya bisa pakai Tshirt dress dengan warna yang beragam. Sesuaikan dengan apa yang kamu mau.

Baca Juga: 7 Inspirasi Jogger Pants Style Agar Semakin Keren

Ketahui bahwa chic style adalah bukan cuma sekedar tentang apa yang kamu kenakan. Namun juga tentang bagaimana kamu bisa menampilkannya. Jadilah percaya diri dan yakin dengan penampilan, kamu bisa tampil chic nan elegan setiap saat. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Dapatkan berbagai produk fashion dan merchandise yang bisa kamu sesuaikan dengan chic style hanya di Tshirtbar.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *