Apa Itu Casual Style Football dan Referensinya

Casual style football sudah jadi tren sejak lama. Bahkan jauh dari tren ‘blokecore’ yang menarik perhatian. Para pria di seluruh negeri mengadopsi gaya berpakaian ini bertahun-tahun yang lalu ketika sepakbola berada dalam zaman yang berbeda.

 

Jika Anda tidak familiar dengan gerakan casual, ini adalah subkultur sepakbola yang ditandai dengan pakaian desainer mahal, penggemar yang bersemangat, dan kadang-kadang, kekerasan. Untuk penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut.

 

Apa Itu Casual Style Football

 

Gerakan casual pada sepak bola  dapat ditelusuri kembali ke Piala Eropa 1977, di mana Liverpool FC berhasil memenangkan gelar tersebut dengan mengalahkan Borussia Monchengladbach di final. Sepanjang turnamen tersebut, ribuan penggemar Liverpool mendatangi benua Eropa, dan sebagai gantinya, mereka mulai memperhatikan brand pakaian olahraga Prancis dan Italia yang ditawarkan.

 

Sekarang, mengingat fakta bahwa subkultur baru ini terjadi pada zaman sebelum internet, butuh waktu untuk menyebar secara organik, tetapi dalam waktu yang cukup lama, gelombang budaya casual mulai menyebar di kalangan priai kelas atas di seluruh dunia.

 

Dalam dunia fesyen sendiri, “casual” merujuk pada gaya yang santai, tidak terlalu formal, dan nyaman. Ada gaya atau budaya yang terkait dengan pendukung atau penggemar sepakbola yang mengadopsi gaya kasual dalam berpakaian atau mendukung tim mereka.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Casual Style Football

Casual style dalam sepakbola punya ciri khas sendiri, bahkan masih jadi kiblat tren hingga saat ini. Supaya tidak terlihat miss, berikut tips dari tim Tshirtbar:

  • Pakai Bahan Nyaman

 

Pilihlah pakaian yang mencerminkan kenyamanan dan dedikasi Anda pada sepakbola. Sebuah kaos atau baju dengan logo atau desain dari klub sepakbola favorit akan memberikan nuansa yang santai sambil tetap memperlihatkan semangat sepakbola.

  • Aksesoris dan Perhiasan

 

Gunakan topi dengan logo klub sepakbola sebagai tambahan gaya. Aksesoris lain seperti gelang atau kalung dengan elemen-elemen sepakbola dapat memberikan sentuhan kreatif pada penampilan Anda.

  • Warna dan Desain

 

Pilihlah warna yang berhubungan dengan klub sepakbola Anda. Ini bisa termasuk warna seragam tim atau warna-warna yang menjadi identitas klub tersebut. Desain yang mencakup elemen-elemen sepakbola, seperti gambar bola atau sepatu, dapat memberikan keunikan pada gaya Anda.

  • Perhatikan Alas Kaki

 

Pilih sepatu yang nyaman dan sesuai dengan gaya santai. Sepatu olahraga atau sepatu kasual dengan warna atau desain yang mencerminkan klub sepakbola favorit Anda dapat memberikan nuansa sepakbola pada penampilan Anda.

  • Gunakan Merchandise Sepak Bola

 

Manfaatkan merchandise resmi dari klub sepakbola, seperti syal, jaket, atau hoodie dengan logo tim. Ini bukan hanya sebagai wujud dukungan Anda pada klub, tetapi juga dapat menjadi bagian penting dalam gaya kasual sepakbola Anda.

  • Santai Namun Tetap Gaya

 

Pastikan gaya Anda mencerminkan keseimbangan antara kenyamanan dan semangat untuk sepakbola. Meskipun bersifat santai, namun gaya tersebut tetap harus menunjukkan cinta Anda pada olahraga dan klub kesayangan.

  • Bebaskan Ekspresimu

 

Ekspresikan kreativitas Anda secara personal. Padukan elemen-elemen pakaian kasual dengan unsur-unsur unik seperti lencana atau patch sepakbola untuk memberikan sentuhan pribadi pada gaya Anda.

 

Inspirasi Outfit ala Casual Style Football

Mari lengkapi penampilan Anda dengan sentuhan casual namun tetap terlihat sporty. Jika masih bingung cara memadukannya, Anda bisa ikuti inspirasi berikut:

  • Jersey Jadul dan Celana Jeans

 

Padukan jersey retro dari klub sepakbola favorit Anda dengan celana denim yang nyaman. Pilihlah warna celana yang melengkapi atau kontras dengan warna jersey untuk menciptakan tampilan yang seimbang. 

 

@tshirtbarid

Manis, manis apa yang gak bikin diabetes? Senyum kamu pas pakai Kaos Desain Unik dari Tshirtbar. Masa sih gak mau punya desain kaos yang super gemes dan pastinya gak samaan sama orang lain😎 #xyzbca

♬ that B ur ex for a reason tho – lxvs

 

Untuk sentuhan akhir, tambahkan sepatu olahraga yang serasi dengan warna atau desain jersey, atau pilih sepatu casual. Jangan lupa untuk melengkapi gaya Anda dengan aksesori seperti gelang atau topi yang sesuai dengan tema sepakbola untuk memperkuat kesan retro dan sporty.

  • Kaos Polos dan Celana Pendek

 

Pilih celana pendek dengan warna klub sepakbola atau desain klasik yang mencerminkan identitas tim favorit Anda. Pastikan paduan warna antara celana dan kaos polos menciptakan kontras atau koordinasi yang menarik. 

 

Perhatikan proporsi dan potongan celana pendek agar sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Sebagai tambahan, pakailah sepatu kasual yang sesuai dengan warna yang Anda pilih, dan lengkapi penampilan dengan aksesori seperti gelang atau jam tangan untuk memberikan sentuhan pribadi pada gaya santai Anda.

  • Parka dan Celana Denim

 

Sesuaikan warna parka dengan warna klub sepakbola favorit Anda atau pilih warna yang kontras dengan celana denim. Pastikan kombinasi warna menciptakan kesan yang seimbang dan menyatu.

Tambahkan aksesori sepakbola, seperti syal atau topi dengan logo klub, untuk memberikan sentuhan tambahan pada penampilan Anda. 

  • T-Shirt dan Jaket Bomber

 

Kenakan kaos grafis dengan desain sepakbola yang menarik dan padukan dengan jaket bomber untuk menciptakan gaya streetwear football casual yang trendi. Agar penampilan semakin stylish, cocokkan dengan celana jeans yang pas atau celana track dengan potongan yang nyaman. 

  • Kaos Sepak Bola dan Windbreaker

 

Gunakan kaos dengan desain sepak bola dengan jaket windbreaker polos. Padukan dengan celana wide pants bahan denim lalu sempurnakan dengan sepatu sneakers basic dan syal klub sepak bola kesayangan Anda,

 

Itu tadi casual style football baik sejarahnya maupun inspirasi yang bisa Anda contoh. Untuk melengkapi penampilan lebih tertarik, silakan kontak Tshirtbar sekarang juga!

REFERENSI

 

  1. https://thesolesupplier.co.uk/news/casual-culture-a-glimpse-into-the-contentious-side-of-football-and-fashion/
  2. https://www.fashionbeans.com/article/terrace-fashion-guide/

 

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224