5 Casual Formal Style Wanita dan Tips Memilihnya

Casual formal style wanita untuk menunjukkan sisi elegan. Sebagai seorang wanita pasti ingin jadi pusat perhatian akan outfit yang dipakai. Fashion tidak hanya urusan mahal dan murah, tapi di satu sisi harus memikirkan gaya unik yang berbeda. Casual formal bisa jadi solusi tepat untuk diterapkan pada outfit wanita.

Apa Itu Casual Formal Style Wanita?

Gaya busana satu ini diartikan sebagai cara berpakaian yang menyatukan ragam elemen dari gaya kasual dan resmi. Gaya ini sering dipakai untuk acara-acara yang memerlukan penampilan yang lebih resmi, namun tidak terlalu kaku..

Dalam gaya berbusana casual formal, atasan yang dipakai cenderung lebih santai dan nyaman. Lalu dipadukan dengan aksesori atau luaran yang lebih resmi seperti blazer, perhiasan, dan clutch bag.

Fashion dengan setelan casual formal memungkinkan kamu untuk tampil santai. Namun di satu sisi akan tetap terlihat rapi dan sopan.

Baca Juga: 5 Style Casual Pria dan Inspirasi Outfitnya

Bagaimana Tips Memilih Casual Formal Style Wanita?

tips memilih casual formal style wanita

Ada banyak aspek penting untuk dipahami ketika mengenakan pakaian kasual sekaligus resmi. Berikut adalah tipsnya:

1. Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Seperti halnya warna kulit, bentuk tubuh manusia juga bervariasi. Ada yang memiliki tubuh kurus dan berisi. Oleh karena itu, kamu perlu mampu memilih ukuran pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuhmu.

Jika kamu memiliki tubuh yang cenderung kurus, sebaiknya pilih ukuran pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuhmu. Namun, jika kamu memiliki tubuh yang sedikit berisi, lebih baik memilih ukuran pakaian yang sedikit lebih besar agar pakaian terlihat lebih pas dan nyaman ketika dipakai. Hal ini juga berperan penting dalam menentukan bagaimana penampilanmu nantinya.

2. Pemilihan Bahan

Cermat dalam bahan pada pakaian merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Lebih baik, pilih pakaian yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi agar terhindar dari risiko alergi dan kerusakan pada jangka pendek.

Dalam gaya berpakaian kasual, penerapan dress code jadi aturan utama. Tetapi, disarankan untuk memilih kain yang cocok dengan model pakaian supaya bisa memberikan rasa nyaman saat digunakan.

3. Mengetahui Tujuan Berpakaian

Selalu ada saja hari dimana kita diundang untuk menghadiri acara tertentu. Tak jarang bila diperlukan kostum khusus yang sesuai dengan tema acara. 

Maka dari itu, para tamu undangan biasanya berusaha untuk tampil semaksimal mungkin. Jika acara tersebut bersifat resmi, kamu dapat mengkombinasikan baju warna netral saja.

Namun, kamu juga dapat memadukan warna lainnya yang cerah, dan seimbangkan dengan fashion item dengan warna netral.

4. Tetap Menonjolkan Gaya Pribadimu

Selalu konsisten dengan gaya pribadi mampu menonjolkan aura positif. Pilih pakaian yang sesuai dengan gaya yang kamu sukai sehingga tetap merasa percaya diri saat mengenakannya.

Namun, tak ada salahnya juga bila ingin memadukan aksen yang belum pernah dipakai sebelumnya. Bisa dari pemilihan warna, fashion item, dan riasan make up.

5. Hindari Aksesoris Berlebihan

Untuk tampil dengan gaya casual formal, lebih baik hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan. Sebagai opsi tentukan aksesoris yang sederhana dan tidak terlalu mencolok, sehingga tetap terlihat elegan namun tetap kasual. 

Penggunaan aksesoris yang tepat dapat menampilkan aksen tambahan pada penampilanmu, Tapi pastikan untuk tidak terlalu berlebihan agar tidak mengganggu kesan outfit secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smart Casual Outfit untuk Sehari-hari

Rekomendasi Casual Formal Style Wanita dari Tshirtbar

rekomendasi casual formal style wanita

Jika masih bingung barang outfit apa yang akan dikenakan, mungkin daftar di bawah ini bisa kamu coba di masa depan:

1. Midi Dress

Pada dasarnya midi dress menonjolkan lekukan tubuh para wanita. Tentunya hal ini sangat pas bila ingin menunjukkan kesan feminin dalam penampilan. Ada banyak pilihan warna yang tersedia untuk midi dress. Mulai dari hitam sampai warna pastel seperti hijau sage.

2. Tunic Dress

Tunic dress adalah pakaian yang cukup serbaguna dan dapat digunakan untuk berbagai kesempatan, termasuk gaya kasual resmi. Pilihlah tunic dress dengan potongan yang tepat, yang nyaman dipakai dan cocok dengan bentuk tubuh Anda. Pastikan juga warna dan motif tunic dress sesuai dengan acara yang akan Anda hadiri.

3. Polo Shirt

Polo shirt memberikan kenyamanan yang sama seperti T-Shirt, namun terdapat kerah yang membuatnya terlihat lebih resmi. Baju tersebut sangat cocok bila digunakan dalam acara resmi yang lebih santai, seperti acara reuni, pesta pernikahan, atau acara seminar.

Supaya bisa tampil maksimall dengan polo shirt, pastikan memilih polo shirt yang punya mutu baik dari segi bahan dan ukuran yang sesuai. Padukan polo shirt dengan celana panjang, seperti celana chino atau jeans yang bersih, serta sepatu seperti sepatu loafers dan tabby shoes.

4. Kemeja Pendek

Kemeja pendek adalah pakaian yang cocok untuk digunakan pada saat cuaca sedang panas. Model pakaian ini sangat adem dan cerah, karena memiliki kerah dan saku di depannya. Kemeja pendek bisa dipadukan dengan celana panjang atau celana pendek, serta sepatu yang kasual sesuai dengan acara yang akan dihadiri.

Maka dari itu, memadukan kemeja dengan celana dan sepatu yang sesuai dapat menciptakan tampilan gaya kasual yang nyaman, santai, namun tetap elegan.

5. Fullprint Hijab

Hijab full print dapat digunakan agar terlihat elegan dan modern. Pola cetak pada hijab fullprint dapat memperkaya tampilan dan dapat dipadukan dengan berbagai busana.

Pilih hijab fullprint yang memiliki warna dan pola yang minimalis. Padukan hijab fullprint dengan baju lengan panjang dan celana panjang yang cocok dengan warna hijab. 

Baca Juga: 7 Style Sporty Casual untuk Berbagai Acara dan Inspirasinya

Demikian tadi cara memakai casual formal style wanita yang feminim. Sekarang kamu sudah siap tampil lebih rapi dan tidak kaku. Langsung saja cek website dan media sosial kami untuk informasi lain seputar fashion.

CTA BANNER FASHIONWEAR

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217