Begini Cara Ukur Lingkar Lengan Baju dengan Baik dan Benar

Cara ukur lingkar lengan baju bisa menggunakan meteran atau peralatan lainnya. Lingkar lengan bagian atas biasanya diukur oleh penjahit sebelum membuat baju. Mengetahui ukuran lengan sangat penting agar ukuran baju yang dibuat pas.

Ada banyak variasi lengan baju yang bisa dipilih yaitu puff, suai, lonceng, raglan dan sebagainya. Namun apapun jenisnya cara mengukurnya tetap sama dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

Apa Itu Lingkar Lengan Baju?

Dalam dunia fashion designer lengan baju bisa disebut dengan komponen pakaian yang menutupi seluruh atau sebagian tangan. Adapun fungsi lainnya adalah untuk melindungi bagian ketiak sampai ke pangkal lengan.

Ada banyak inspirasi desain lengan baju yang juga berfungsi untuk memperindah penampilan serta memanipulasi bentuk tubuh yang lengannya kecil akan terlihat besar. Ada 3 jenis lengan baju yang biasanya digunakan pada pakaian yaitu setali, raglan, dan licin.

  • Setali merupakan jenis lengan yang dibuat menyatu dengan pakaian
  • Raglan adalah jenis lengan yang jahitannya dimulai dari garis leher sampai ke ketiak
  • Licin merupakan jenis lengan yang dijahit pada bagian lingkar kerung lengan

Apapun jenis yang diinginkan pelanggan, proses atau cara ukur lingkar lengan tetap sama yaitu menggunakan meteran. Bagian lain yang biasanya diukur ketika membuat baju adalah lingkar pinggang, panjang atasan dan bawahan serta lingkar dada.

Apa Saja Alat yang Bisa Mengukur Lingkar Lengan Baju Selain Meteran?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengukur yang benar ketahui dulu apa alat yang biasanya digunakan selain meteran. Memang meteran adalah alat ukur utama bagi seorang penjahit, namun ada juga alat ukur lainnya yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut:

1. Tali Rafia

tali rafia

Panjang tali rafia yang akan digunakan untuk mengukur lingkar baju adalah satu meter. Adapun cara menggunakannya tinggal dilingkarkan pada dada, jika ada bagian tali yang kelebihan itu tandanya ukuran dada Anda di bawah 100 cm.

2. Benang Jahit

benang jahit

Ragu menggunakan tali rafia coba untuk menggunakan alat lain yaitu benang jahit. Adapun cara ukur lingkar lengan menggunakan benang jahit adalah siapkan dulu benang dengan warna mencolok misalnya abu-abu tua kemudian lingkarkan benang di dada dan letakkan penggaris di bawahnya.

Kemudian Anda bisa melihat angka yang tertera pada penggaris, misalnya 80 cm berarti itu ukuran lingkar dada Anda.

3. Jengkal Jari

jengkal jari

Jika Anda tidak memiliki alat-alat di atas bisa juga menggunakan jengkal jari. Panjang jari manusia itu 23 cm lalu cara mengukurnya bisa memulainya dari punggung sampai ke dada hingga tahu berapa ukurannya.

Baca Juga: 6 Cara Mengukur Lingkar Dada Tanpa Meteran

Bagaimana Cara Ukur Lingkar Lengan Baju?

Apabila Anda ingin mengukur bagian lengah saat akan membuat baju, alat yang bisa digunakan hanya meteran atau pita ukur. Sebenarnya cara ukur lingkar lengan itu mudah dan bisa dilakukan sendiri hanya saja terkadang hasilnya belum tentu akurat. Di bawah ini ada langkah yang benar.

1. Mengetahui Ukuran Panjang Rentangan Lengan

Ada dua hal yang harus diukur yaitu panjang pergelangan tangan bagian atas serta panjang rentangan lengan. Untuk mengukur panjang rentangan bisa menggunakan 5 langkah di bawah ini:

1. Meminta Bantuan Orang Lain

Orang lain dalam hal ini adalah seorang penjahit yang akan membuatkan baju. Biasanya penjahit menggunakan meteran karena dirasa hasilnya akan lebih akurat.

2. Bersandar di Dinding

Langkah kedua adalah dengan berdiri tegak sambil bersandar di dinding. Hal ini perlu dilakukan agar hasilnya akurat karena ketika Anda membungkuk sedikit saja maka hasilnya bisa berkurang. Jika tidak bisa bersandar di dinding cobalah untuk menegakkan tubuh dengan menarik bahu ke arah belakang.

3. Merentangkan Kedua Tangan

Untuk cara ukur lingkar lengan berikutnya adalah dengan merentangkan kedua pergelangan tangan bagian atas dengan sejajar. Ketika diukur jangan menekuk bagian jemari, pergelangan tangan serta siku karena hasilnya bisa berubah. Selain itu, Anda juga tidak boleh menaikkan atau menurunkan lengan.

4. Mengukur Di Kedua Ujung Jari Tengah

Langkah berikutnya adalah menarik meteran dan meletakkannya sejajar dengan kedua ujung jari tengah. Pastikan juga bahwa meterannya sejajar antara jari tengah tangan kanan dan tangan kiri untuk mendapatkan hasil yang pas.

5. Membandingkan dengan Tinggi Badan

Setelah mendapatkan hasilnya, langkah berikutnya adalah membandingkannya dengan tinggi badan. Biasanya panjang rentang sama dengan tinggi badan dan bedanya hanya beberapa sentimeter saja. Anda bisa mencari tahu berapa tinggi badan dengan mengukurnya sendiri.

Baca Juga: Cara Konversi Ukuran Baju US Ke Indonesia dan Perbandingannya

2. Menghitung Panjang

Masuk ke cara ukur lingkar lengan ini berbeda dari langkah-langkah di atas. Mengukur panjang bagian tangan atas sebenarnya bisa dilakukan sendiri hanya saja agar hasilnya lebih pas bisa meminta bantuan orang lain. Adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Badan Tegak dan Rileks

Ketika akan diukur pastikan badan tegak dan tidak tegang, jangan membungkuk atau mencondongkan tubuh ke depan karena sangat berpengaruh pada hasilnya. Selain itu, bisa juga dengan menekuk sedikit siku lalu memasukkan tangan ke kantong celana.

2. Mulai Mengukur dari Ruas Tulang Leher

Jika mengukur panjang rentangan dimulai dari ujung jari tengah, untuk panjang lengan dimulai dari ruas tulang leher. Kemudian tarik meteran sampai ke bahu hingga pergelangan tangan, hal ini sangat penting dilakukan apalagi jika akan membuat kemeja.

3. Mengukur dari Bahu sampai Pergelangan Tangan

Jika ingin membuat kemeja, cara ukur lingkar lengan yang tepat dimulai dari bahu sampai ke pergelangan tangan. Pertama ukur dari bahu sampai ke siku setelah itu baru dari siku turun ke pergelangan tangan.

Baca Juga: Jangan Salah, Ternyata Ini Cara Mengukur Baju yang Benar!

Mengukur pergelangan tangan atas biasanya digunakan ketika seseorang akan membuat pakaian. Saat diukur, pastikan posisi tubuh tegak dan rileks karena sangat mempengaruhi hasilnya. Adapun cara ukur lingkar lengan tidak hanya menggunakan meteran bisa juga dengan alat lainnya seperti tali rafia.

Cara ini dilakukan supaya kamu bisa menemukan ukuran baju dengan tepat. Tshirtbar menyediakan berbagai produk fashion seperti baju, jaket dan merchandise dengan ukuran yang variatif. Bisa dipakai untuk usia bayi sampai dewasa.

Custom Produk Tanpa Minimal

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *