Cara Sablon Manual

Cara sablon manual tentunya wajib Anda ketahui jika ingin membuka bisnis di bidang ini, apalagi baju sablon memiliki banyak peminat terutama pada saat musim pemilu maupun kebutuhan lainnya untuk mendapatkan baju seragam. Tentunya jika Anda ingin bekerja di bidang ini pastinya wajib mengetahui mengenai cara sablon kaos secara manual yang bagus sehingga akan menghasilkan cetakan sablon yang bagus dan rapi. Hal ini tentunya wajib diketahui terutama jika Anda belum memiliki pengalaman di bidang ini. Lalu Bagaimanakah cara melakukan sablon manual? Berikut langkah-langkahnya.

 

Langkah-Langkah Sablon Manual

 

1. Menyiapkan kaos

Cara sablon manual pertama adalah dengan menyiapkan kaos yang akan disablon, dimana Anda harus meletakkan pada tatakan yang terbuat dari bahan tripleks pada bagian dalam kaos. Hal ini bertujuan agar tinta yang akan digunakan tidak merembes hingga bagian belakang, mengingat hanya bagian depan saja yang umumnya akan disablon, selain itu hal ini dilakukan agar posisi kaos tetap stabil sehingga hasilnya akan bagus dan tidak miring.

 

2. Menaruh screen

Kemudian letakkan screen atau kasa sablon di bagian permukaannya, tentunya untuk posisi peletakan screen dapat disesuaikan dengan rancangan gambarnya. Sebab umumnya beberapa orang telah memiliki gambar maupun teks yang akan di sablon di baju, apabila teks maupun gambar yang disablon memiliki jumlah yang banyak maka ada baiknya untuk menutupi gambar maupun teks lainnya dengan menggunakan plastik yang ditempel menggunakan lakban. Hal ini bertujuan agar teks atau gambar yang sudah di sablon tidak terkena cat sehingga akan merusak hasil yang sudah ada.

 

3. Menuangkan tinta

Apabila semuanya telah dipersiapkan maka Anda bisa menuangkan tinta pada bagian pinggir gambar dengan menghadap objek gambar tersebut. Setelah itu tariklah cat sablon yang mengarah ke bagian bawah menggunakan rakel bertekanan rata sehingga bisa dilakukan sekali tarik saja. Hal ini harus dengan teliti Anda lakukan agar hasilnya bagus dan tidak akan mengecewakan Anda, oleh sebab itu lakukan dengan hati-hati dan perlahan agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.

 

4. Mengangkat rangka screen

Apabila Anda hanya ingin menyablon baju dengan satu warna saja maka dapat mengangkat rangka screen dengan perlahan, sebab jika tidak maka cat yang terdapat baju akan berantakan sehingga membuat hasil sablon menjadi mengecewakan.

Dengan mengangkat rangka sablon juga akan membuat Anda mudah dalam melihat hasil mencetak gambar tersebut, oleh sebab itu usahakan untuk mengeringkan langsung kaos tersebut sehingga cat pada baju tidak rusak dan kaos dapat siap digunakan.

Tentunya kegiatan menyablon baju akan menjadi mudah jika Anda mengikuti cara sablon manual ini, dimana juga membantu Anda dalam menghasilkan sablon yang berkualitas. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin melakukan sablon baju ke depannya.

 

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *