4 Langkah-langkah Sablon Manual

Cara sablon manual tentunya wajib Anda ketahui jika ingin membuka bisnis di bidang ini, apalagi baju sablon memiliki banyak peminat terutama pada saat musim pemilu maupun kebutuhan lainnya untuk mendapatkan baju seragam. Tentunya jika Anda ingin bekerja di bidang ini pastinya wajib mengetahui mengenai cara sablon kaos secara manual yang bagus sehingga akan menghasilkan cetakan sablon yang bagus dan rapi. Hal ini tentunya wajib diketahui terutama jika Anda belum memiliki pengalaman di bidang ini. Lalu Bagaimanakah cara melakukan sablon manual? Berikut langkah-langkahnya.

Peralatan yang diperlukan untuk Sablon Manual

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai langkah langkah sablon manual, alangkah lebih baik bila Anda mempersiapkan terlebih dahulu segala peralatan yang diperlukan sebelum memulai proses pembuatan kaos sablon manual.

Alat dan bahan berikut ini dapat dibilang cukup penting untuk memengaruhi hasil sablon secara manual yang dilakukan. Maka dari itu, peralatan dan bahan-bahan yang harus disiapkan adalah diantaranya:

1. Screen dan Frame

Alat utama yang dibutuhkan untuk menjalankan setiap tahapan dalam proses pembuatan sablon manual adalah bingkai kayu yang dilengkapi dengan kain atau kertas screen sablon yang terletak di tengahnya. Ukurannya biasanya sekitar 30 x 40 cm.

2. Rakel 

Alat yang berukuran sekitar 15-20 cm yang dipergunakan untuk meratakan tinta sablon ke hampir seluruh permukaan kaos.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Menyablon Baju Sendiri Dengan Mudah

3. Busa 

Busa ini difungsikan sebagai penopang screen agar tinta yang diteteskan dapat meresap dengan sempurna. Ukuran alat ini biasanya lebih besar dibandingkan dengan ukuran screen.

4. Kaca Bening

Kaca bening dipakai untuk menyebarkan tinta dengan merata dan menciptakan efek seperti sinar matahari. Alat ini mempunyai ukuran selebar-sekitar 40 x 50 cm.

5. Emulsi Foto 

Emulsi foto digunakan untuk melapisi desain sablon yang ada.

6. Lampu 250 Watt

Alat sablon berikutnya adalah lampu 250 watt bertujuan untuk memancarkan cahaya panas ketika akan mengeringkan tinta sablon di ruangan yang gelap.

7. Sarung Tangan Latex

Kemudian ada juga sarung tangan latex yang mesti disiapkan yang akan dipakai pada saat proses menyablon kaos manual hingga selesai.

8. Kaos Polos

Tentunya kaos polos merupakan bahan utama dalam proses penyablonan secara manual. Pastikan Anda memilih jenis kaos sesuai dengan kebutuhan supaya hasil sablon sesuai keinginan.

9. Tinta Sablon yang Berkualitas

Pastikan Anda memilih jenis tinta sablon yang akan di cetak pada proses sablon manual yang berkualitas. Sebab hal inilah yang juga menentukan bagus atau tidaknya hasil sablon Anda.

10. Ruangan Gelap

Terakhir, Anda perlu menyiapkan ruangan yang gelap selama melaksanakan pembuatan sablon kaos manual. Tujuannya untuk memperoleh hasil sablon yang berkualitas baik.

Baca Juga: Inilah Cara Sablon Plastisol

Langkah-Langkah Sablon Manual

Secara umum, cara menyablon kaos secara manual bisa dikatakan cukup sederhana. Namun, bagi Anda yang masih pemula untuk melakukannya, berikut ini terdapat langkah-langkah yang bisa diikuti:

1. Menyiapkan Kaos

Cara sablon manual pertama adalah dengan menyiapkan kaos yang akan disablon, dimana Anda harus meletakkan pada tatakan atau meja sablon yang terbuat dari bahan tripleks pada bagian dalam kaos. Hal ini bertujuan agar tinta yang akan digunakan tidak merembes hingga bagian belakang, mengingat hanya bagian depan saja yang umumnya akan disablon, selain itu hal ini dilakukan agar posisi kaos tetap stabil sehingga hasil penyablonan akan bagus dan tidak miring.

2. Menaruh Screen

Kemudian letakkan screen atau kasa sablon di bagian permukaannya, tentunya untuk posisi peletakan screen dapat disesuaikan dengan rancangan gambarnya. Sebab umumnya beberapa orang telah memiliki gambar maupun teks yang akan di sablon di baju, apabila teks maupun gambar yang disablon memiliki jumlah yang banyak maka ada baiknya untuk menutupi gambar maupun teks lainnya dengan menggunakan plastik yang ditempel menggunakan lakban. Hal ini bertujuan agar teks atau gambar yang sudah di sablon tidak terkena cat sehingga akan merusak hasil yang sudah ada.

3. Menuangkan Tinta

Apabila semuanya telah dipersiapkan maka Anda bisa menuangkan tinta pada bagian pinggir gambar dengan menghadap objek gambar tersebut. Setelah itu tariklah cat sablon yang mengarah ke bagian bawah menggunakan rakel bertekanan rata sehingga bisa dilakukan sekali tarik saja. Hal ini harus dengan teliti Anda lakukan agar hasilnya bagus dan tidak akan mengecewakan Anda, oleh sebab itu lakukan dengan hati-hati dan perlahan agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: 6 Jenis Tinta Sablon yang Bisa Hasilkan Warna Terbaik

4. Mengangkat Rangka Screen

Apabila Anda hanya ingin menyablon baju dengan satu warna saja maka dapat mengangkat rangka screen dengan perlahan, sebab jika tidak maka cat yang terdapat baju akan berantakan sehingga membuat hasil sablon menjadi mengecewakan.

Dengan mengangkat rangka sablon juga akan membuat Anda mudah dalam melihat hasil mencetak gambar tersebut, oleh sebab itu usahakan untuk mengeringkan langsung kaos sablon tersebut sehingga cat pada baju tidak rusak dan kaos dapat siap digunakan.

Tentunya kegiatan menyablon baju akan menjadi mudah jika Anda mengikuti teknik sablon manual ini, dimana juga membantu Anda dalam menghasilkan sablon yang berkualitas. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin melakukan sablon baju ke depannya.

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211