10 Cara Merawat Jas Hujan dengan Baik dan Benar

Cara merawat jas hujan sebenarnya tidaklah sulit. Namun, memang faktanya masih banyak orang yang belum paham akan hal itu. Beberapa contoh seperti asal pakai, menaruh disembarang tempat, dan bahkan salah dalam pencucian pun bisa berakibat fatal pada tekstur kain di jas hujan.

Namun, jangan kemana-mana, ikuti tips di bawah dan ketahui benda apa saja yang tidak direkomendasikan untuk kontak langsung. Selamat membaca!

Apa Saja Jenis-jenis Jas Hujan?

jenis jenis jas hujanTerdapat banyak jenis jas hujan yang biasa kita jumpai. Antara lain sebagai berikut:

1. Jas Hujan Ponco

menyerupai mantel dan dirancang untuk menutupi tubuh dan tas. Jas hujan ponco sangat ideal untuk kegiatan outdoor karena fleksibel dalam pemakaian dan nyaman digunakan.

2. Jas Hujan Full Body

Sesuai namanya, jas hujan satu ini menutupi seluruh badan dari ujung kepala sampai mata kaki. Bahannya lebih tebal dari ponco dan punya daya tahan yang baik. Namun, jenis jas hujan ini juga dapat membuat kamu merasa gerah dan tidak nyaman saat digunakan untuk waktu yang lama.

3. Parka

Sebenarnya parka lebih merujuk pada pakaian luaran. Namun, bahan yang digunakan serta kemampuannya untuk menangkal hujan telah menjadikan parka sebagai alternatif ‘jas hujan’  bahkan saat hujan yang deras sekalipun.

4. Cagoule

Opsi lain untuk kamu yang suka luaran tipis dan punya sifat water repellent. Meski tipis, kualitas dari cagoule tidak perlu diragukan lagi. Bahan cagoule juga terasa tidak panas walaupun dipakai saat matahari terik.

5. Jas Hujan Sekali Pakai

Jas hujan satu ini bisa kamu dapatkan di mana saja, bahkan di minimarket. Kekurangan dari jas hujan ini terletak pada bahan super tipis, sehingga tidak direkomendasikan kecuali pada saat kondisi darurat.

6. Jas Hujan Half-Body

Pelindung hujan setengah badan yang memang hanya berfokus pada bagian atas saja. Namun kamu bisa diakali dengan memakai celana dengan bahan PVC yang sifatnya waterproof.

Baca Juga: Mengenal Raincoat dan Beragam Jenis-jenisnya

Bagaimana Cara Merawat Jas Hujan dengan Baik dan Benar?

cara merawat jas hujan dengan baik dan benarSumber: Pinterest

Jas hujan merupakan perlengkapan yang penting bagi semua orang, karena jas hujan memberikan perlindungan terhadap air hujan dan meningkatkan kenyamanan saat berpergian di cuaca hujan. 

Namun, seperti perlengkapan lainnya, jas hujan juga perlu dirawat dengan baik agar tetap berfungsi dengan optimal dalam jangka waktu yang lebih lama.

Supaya tidak keliru, berikut adalah beberapa tahapan untuk merawat jas hujan yang perlu kamu ketahui:

1. Mencuci Jas Hujan dengan Teratur

Cuci jas hujan secara teratur dengan air bersih dan rendam dalam air sabun selama beberapa menit. Hindari penggunaan deterjen atau penghilang noda yang kuat. Bilas hingga bersih, lalu gantung di tempat yang teduh untuk mengeringkan.

2. Begini Cara Menjemur Jas Hujan

Hindari menjemur jas hujan di bawah sinar matahari langsung. Lebih baik menjemur di tempat yang teduh dengan sirkulasi udara yang baik. Jangan menggunakan mesin pengering.

3. Simpan di Tempat Kering

Menyimpan jas hujan harus di tempat kering dan bersih. Hindari meletakkannya di tempat yang lembab atau basah.

Baca Juga: 3 Inspirasi Nonton Konser Outdoor yang Kece

4. Jangan Dilipat

Hindari melipat jas hujan saat menyimpannya. Lipatan pada jas hujan dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Lebih baik menggunakan gantungan atau digulung saja.

5. Hindari Benda Tajam di Sekitar Jas Hujan

Jangan sampai jas hujan berkontak langsung dengan benda tajam atau kasar, sebab bisa merusak permukaannya..

6. Lindungi Jas Hujan dari Minyak

Minyak bisa menyebabkan perubahan tekstur dan warna jas hujan, serta mengurangi daya tahan dan kemampuan jas hujan untuk menahan air. Bukan cuma itu, minyak juga membuat jas hujan menjadi licin dan tidak efektif dalam melindungi tubuh dari air hujan. 

7. Periksa Jas Hujan Secara Teratur

Periksa jas hujan secara berkala untuk memastikan tidak ada bagian yang rusak atau sobek. Jika ada, segera perbaiki sebelum digunakan kembali.

8. Jangan Gunakan Mesin Pengering

Cuci jas hujan dengan mesin pengering bisa beresiko pada keawetan bahan. Lebih baik kamu jemur di bawah sinar matahari secara langsung.

9. Gunakan Pelindung Ekstra

Kamu bisa semprot perlindungan khusus pada jas hujan untuk menjaga sifat tahan lama dan tetap berfungsi dengan maksimal.

Baca Juga: Pakaian Saat Musim Hujan yang Perlu Disiapkan

10. Simpan Jas Hujan dengan Benar 

Simpan jas hujan dengan benar jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman dan kering agar terhindar dari kerusakan.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih jas hujan:

  • Pertama, pastikan jas hujan yang dipilih sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan. Misalnya, jika digunakan untuk bersepeda, pilih jas hujan yang dirancang khusus untuk kegiatan tersebut.
  • Kedua, perhatikan bahan jas hujan yang dipilih dan pastikan terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Bahan yang baik akan meningkatkan daya tahan dan kenyamanan penggunaan jas hujan.
  • Ketiga, sesuaikan ukuran jas hujan dengan ukuran tubuh agar pas dan nyaman saat digunakan. Hindari jas hujan yang terlalu kecil atau terlalu besar.
  • Keempat, pertimbangkan juga warna dan desain jas hujan yang sesuai dengan preferensi dan gaya pribadi.
  • Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan jas hujan secara teratur dan menyimpannya dengan baik. Hindari menyimpan di tempat lembab dan sirkulasi udara yang buruk.

Cara merawat jas hujan di atas bisa jadi pedoman ampuh untuk menjaga jas hujan dari risiko kerusakan. Selain itu, kamu juga perlu jas hujan dengan bahan berkualitas, untuk bisa disesuaikan dengan desain. Silakan cek Tshirtbar sekarang!

CTA BANNER Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217