Cara Mengukur Lingkar Panggul dengan Mudah dan Benar

Cara mengukur lingkar panggul mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Bahkan, banyak yang mengira ukuran panggul sama dengan lingkar pinggang. Jangan sampai keliru, karena sebenarnya kedua jenis ukuran ini cukup berbeda.

Menghitung ukuran panggul lebih umum digunakan untuk kebutuhan produk fashion wanita. Pasalnya wanita memiliki ukuran yang berbeda untuk bagian bawah pinggang tersebut.

Nah, buat yang belum tahu apa itu lingkar panggul dan hubungannya dengan ukuran pinggang, sebaiknya simak informasi berikut ini.

Apa Itu Lingkar Panggul?

Lingkar panggul merupakan ukuran dari tubuh bagian atas paha dan di bawah pinggang. Setiap orang memiliki ukuran dan bentuk panggul yang berbeda, oleh karena itu ketika menjahit pakaian bagian tersebut patut menjadi perhatian khusus.

Pakaian yang memiliki ukuran panggul yang sesuai dengan milik sendiri akan tampak lebih indah. Penjahit juga bisa memberi kesan jahitan berdasarkan ukuran bagian tersebut agar tampak lebih berisi atau lebih ramping.

Bagaimana Cara Mengukur Lingkar Panggul dengan Mudah dan Benar?

cara mengukur lingkar panggul dengan mudah dan benar

Setelah mengetahui tentang lingkar pinggul, sekarang muncul pertanyaan tentang bagaimana mengukur lingkar panggul tersebut. Sama halnya dengan bagian lain, biasanya penjahit menggunakan meteran untuk mengukurnya, berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Lepaskan Pakaian Sebelum Mengukur Ukuran Lingkar Panggul

Sebelum melakukan pengukuran sebaiknya lepaskan pakaian luar terlebih dahulu agar mendapatkan hasil ukuran yang tepat. Terlebih jika menggunakan celana dengan bahan yang tebal maka akan membuat nilai pengukuran terganggu.

Namun, jika kamu sedang berencana mencari pakaian dengan ukuran yang lapang maka tidak masalah mengukur dengan adanya celana. Namun, jika ingin menjahit pakaian seperti dress atau semacamnya sebaiknya ukur tanpa adanya halangan kain lainnya.

Baca Juga: 5 Macam-macam Garis Leher dan Perkembangannya

2. Gunakan Cermin Berukuran Setinggi Tubuh

Jika kamu mengukur tubuh sendiri tanpa bantuan orang, maka sebaiknya sediakan cermin besar seukuran tubuh. Fungsinya untuk melihat bagian belakang panggul agar ketika diukur letak meterannya bisa diposisikan dengan tepat.

Di depan cermin tersebut ambil posisi yang tegak dengan merapatkan kedua kaki. Jangan melebarkan posisi kaki karena akan membuat ukuran panggul menjadi jauh berbeda. Rapatkan hingga posisi kaki sejajar dengan bahu.

3. Gunakan Meteran Taylor

Sediakan meteran yang biasanya digunakan oleh tukang jahit sebagai alat ukur. Perhatikan juga rasio pinggang dan panggul karena dua hal ini mempengaruhi hasil jahitan nantinya.

Sebelum mengukur, cari tahu lebih dahulu bagian terlebar dari panggul yang akan diukur. Inilah alasan kenapa dibutuhkan cermin seukuran tubuh agar bisa mendapatkan hasil pengukuran yang maksimal.

4. Lingkarkan Pada Bagian yang Tinggi

Cara mengukur lingkat panggul yang terakhir adalah dengan memposisikan meteran pada bagian panggul yang paling lebar. Coba lakukan beberapa kali pengukuran dan catat hasil pengukuran tersebut sebelum mendapatkan nilai yang tepat.

Nantinya akan didapatkan beberapa nilai yang cukup berbeda. Ukuran yang bisa dijadikan sebagai patokan adalah yang nilainya paling besar. Artinya ukuran tersebut adalah bagian terlepas dari panggul.

Jika kamu tidak memiliki meteran taylor maka tidak perlu khawatir. Meteran bisa digantikan dengan benang atau tali rafia yang bahannya elastis. Lingkarkan pada bagian panggul dan potong pada titik pertemuan benang atau tali tersebut.

Selanjutnya gunakan penggaris atau alat ukur panjang lainnya untuk mengukur benang atau tali tersebut. Dan, itu berarti ukuran panggul yang bisa digunakan untuk menjahit pakaian.

Baca Juga: Jangan Salah, Ternyata Ini Cara Mengukur Baju yang Benar

Apa Saja Perbedaan Lingkar Panggul dan Lingkar Pinggang

perbedaan lingkar panggul dan lingkar pinggang

Uniknya, lingkar panggul ternyata tidak langsung dijadikan patokan oleh penjahit ketika membuat pakaian. Namun, harus dicari tahu terlebih dahulu rasio lingkar panggul dan pinggang agar bagian tersebut menyatu dengan sempurna.

Berikut ini perbedaan yang lebih jelasnya tentang ukuran panggul dan pinggang.

1. Letaknya Pada Tubuh

Perbedaan yang paling mencolok dari lingkar panggul dan pinggang adalah posisinya. Mungkin masih banyak yang sulit membedakan dua bagian ini karena sama-sama berkaitan dengan tubuh bagian belakang. Namun, pinggang merupakan bagian yang berada di belakang bersisian dengan perut dan dada.

Sementara panggul adalah bagian belakang tubuh yang terletak di bawah bagian pinggang. Pada wanita, bentuk panggul lebih mencolok karena faktor hormonal. Tidak hanya itu, tapi hampir setiap wanita memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda.

Jika pada pinggang cukup mudah mengasumsikan secara general ukurannya. Maka untuk bagian panggul harus diukur secara detail karena akan mempengaruhi muat atau tidaknya pakaian.

2. Cara Mengukurnya

Perbedaan berikutnya adalah dari cara mengukur. Bagian pinggang bisa diukur dengan lebih mudah yaitu memposisikan meteran melingkar di perut hingga melewati sisi belakang.

Sementara untuk panggul mengukurnya harus lebih cermat karena posisi tubuh saat mengukur juga menentukan. Tips untuk mengukur panggul adalah berdiri dengan tegak dan rapatkan kaki hingga sejajar dengan bahu.

3. Fungsinya Dalam Produk Fashion

Lingkar panggul dan pinggang memiliki fungsi yang berbeda dalam membuat produk fashion. Misalnya saja pada celana jeans di mana bagian lingkar kecil bisa saja menyertakan ukuran panggul yang besar.

Namun, bagi produk fashion fabrikasi biasanya akan menggunakan rasio dari lingkar pinggang dan panggul untuk mendapatkan ukuran yang umum. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan celana yang tidak pas dengan ukuran panggul dan pinggang.

4. Keragaman Ukuran

Perbedaan terakhir adalah keragaman ukuran yang cukup signifikan. Pasalnya lingkar pinggang lebih mudah dikategorikan dalam kelompok size tertentu. Sementara untuk lingkar panggul harus mencari tahu rasio terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Mengukur Lingkar Pinggang

Pinggang dikenal sebagai salah satu bagian terkecil dari tubuh orang yang memiliki proporsi yang seimbang. Pinggang bisa kamu kenali dari bentuk lengkungan yang terjadi di sisi kanan dan kiri tubuh serta di belakang perut.

  1. Untuk dapat mengukur lingkar pinggang sendiri, caranya cukup mudah dilakukan. Tempatkan satu jari di atas pusar, kemudian ukur dengan meteran di daerah tersebut.
  2. Berikutnya, bagi ukuran lingkar pinggang dengan ukuran lingkar pinggul.
  3. Sekedar informasi, semakin rendah nilai antara pembagian lingkar pinggang dan lingkar pinggul, maka semakin rendah juga risiko obesitas dan penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, atau hiperkolesterol.

Baca Juga: 6 Cara Mengukur Lingkar Dada Tanpa Meteran

Nah, itulah informasi mengenai cara mengukur lingkar panggul dengan mudah dan benar. Tentunya hasilnya juga akan lebih akurat jika menggunakan meteran jahit. Mengetahui ukuran tubuh dengan baik juga akan lebih memudahkan untuk mencari pakaian dengan size yang tepat.

Tshirtbar menyediakan berbagai produk fashion dan merchandise. Tersedia berbagai ukuran yang disesuaikan dengan lingkar panggul.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222