Last Update: September 30th, 2022 at 3:58 pm

6 Cara Mengukur Lingkar Dada Tanpa Meteran

Cara mengukur lingkar dada tanpa meteran ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Tips ini bisa dilakukan dengan alat-alat disekitar anda tanpa ribet membeli meteran. Tidak perlu khawatir salah jika mengukurnya, karena dijamin hasilnya cermat.

Bagi wanita mengukur lingkar dada sangat penting agar tidak salah membeli ukuran pakaian. Agar tidak keliru memilih ukuran, mari simak informasi seputar ukuran lingkar dada pada pakaian.

Apa Itu Lingkar Dada?

Lingkar Dada (LD) adalah ukuran keliling tubuh di bagian dada. Nilai ini biasanya disertakan dalam ukuran pakaian khusus wanita. Selain itu juga ada pengukuran lingkar perut, panjang lengan, dan lainnya.

Mengukur lingkar dada sangat penting, hal ini karena setiap wanita dianugerahi ukuran berbeda. Dengan mengetahui angkanya bisa leluasa memilih baju yang ukurannya mendekati ukuran anda.

Umumnya untuk mengukur dibutuhkan alat meteran, namun ada cara lain tidak kalah efektif untuk mengukurnya loh. Berikut ini informasinya.

Apa Saja Alat Yang Bisa Digunakan Untuk Mengukur Lingkar Dada Selain Meteran?

Mengukur lingkar dada sulit dilakukan, terutama ketika memesan baju via online. Karena tidak semua orang memilik alat meteran yang umum digunakan para penjahit. Nah, informasi kali ini akan membantu anda memanfaatkan media yang mudah ditemukan untuk mengukurnya.

  • Penggaris dan pakaian lama
  • Menggunakan kertas
  • Tali rafia
  • Jengkal tangan

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Outfit dan Bagaimana Cara Menentukannya?

Bagaimana Cara Mengukur Lingkaran Dada Tanpa Meteran?

4 alat dan media diatas bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tepat. Tentunya harus diserta dengan langkah-langkah cermat. Namun tidak usah khawatir, begini cara untuk mengukur lingkar dada menggunakan media diatas.

1. Penggaris dan pakaian lama

Penggaris dan pakaian lama

Penggaris adalah alat yang umum ditemukan dirumah. Biasanya digunakan untuk kegiatan belajar atau pertukangan. Gunakan penggaris apa saja dan sediakan sebuah baju lama nyaman saat digunakan. Lalu lakukan langkah berikut ini:

  • Posisikan baju lama dalam keadaan terbentang seluruhnya ditempat datar
  • Kemudian tempatkan pangkal penggaris pada bagian ketiak baju sebelah kanan
  • Ukur panjang baju dari ketiak kanan hingga ketiak kiri secara horizontal melewati bagian dada
  • Catat hasil ukur, misalnya 40 cm
  • Kalikan hasil ukur tersebut dengan dua, misalnya 40×2
  • Hasil perkalian tersebut yang selanjutnya menjadi LD untuk ukuran tubuh anda. Misalnya dengan hasil ukur 40 cm, maka lingkar dadanya adalah 80 cm

Sebagai catatan, anda harus memilih pakaian lama dengan ukuran LD ternyaman. Sehingga saat memesan baju, ukuran yang datang sama dengan pakaian lama tersebut.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Bahan Spandek dan Cara Merawatnya

2. Menggunakan kertas

Menggunakan kertas

Jika tidak memiliki kertas, maka anda masih bisa memanfaatkan media lain. Salah satunya adalah kertas. Gunakan kertas yang ukurannya telah diketahui. Misalnya kertas ukuran A4 yang panjangnya adalah 21 cm. Berikut ini cara untuk mengukurnya:

  • Pertama posisikan kertas dibagian ketiak kanan
  • Posisikan bagian panjang kertas secara horizontal pada 3 cm dibawah salah satu ketiak.
  • Tempelkan kertas secara horizontal hingga kembali pada pada titik awal pengukuran
  • Lalu catat berapa kertas yang digunakan untuk satu keliling lingkar dada tersebut.
  • Misalnya membutuhkan 4 lembar kertas, maka artinya lingkar dada adalah 21×4, atau sekitar 84 cm.

Kertas cukup mudah untuk ditemui. Namun pastikan anda meminta bantuan orang lain mengukurnya. Karena mengukur sekeliling tubuh lebih mudah dengan dibantu.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan uang kertas. Uang kertas memiliki ukuran pasti untuk setiap nominalnya. Anda bisa menggunakan cara yang sama dengan media kertas untuk melakukan pengukuran.

3. Tali rafia 

balls, raffia, fiber

Cara selanjutnya adalah menggunakan tali rafia. Tali rafia adalah media yang efektif untuk mengukur lingkar dada. Berikut ini cara mengukur dengan tali rafia.

  • Siapkan tali rafia dengan panjang kurang lebih satu meter
  • Kemudian tempatkan tali rafia dari bagian dada, hingga mengelilingi punggung dan kembali pada titik awal pengukuran.
  • Ikat tali sebagai tanda hasil keliling tubuh bagian dada
  • Kemudian ukur dengan bantuan penggaris panjang keliling tersebut
  • Hasilnya pun dapat digunakan sebagai nilai lingkar dada

Tali rafia cara kerjanya hampir mirip seperti meteran. Hanya saja ia tidak memiliki penujuk angka. Untuk itu anda perlu mengukurnya dengan penggaris setelah mendapatkan keliling yang tepat.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Waterproof agar Tidak Rusak

4. Jengkal tangan 

jengkal tangan

Selanjutnya adalah dengan menggunakan jengkal tangan. Nah, tentunya media satu ini dimiliki oleh semua orang dan bisa dilakukan dimana saja. Sebaiknya anda meminta bantuan tangan orang lain agar lebih mudah. Berikut ini caranya.

  • Pertama ketahui ukuran satu jengkal tangan yang digunakan.
  • Kemudian ukur berapa jengkal yang diperlukan dari dada hingga mengelilingi tubuh dan kembali pada posisi awal.
  • Misalnya ukuran jengkal jari 14 cm, lalu dibutuhkan 6 kali jengkal. Maka artinya ukuran lingkar dada adalah 14×6 atau 84 cm.

5. Pita

happy birthday, gift, present

Selain dapat dijadikan aksesoris, pita juga bisa Anda gunakan untuk mengukur lingkar dada tanpa meteran jahit. Ada banyak jenis pita yang bisa digunakan, namun jika untuk sekedar mengukur lingkar dada, pita biasa polos sudah cukup. Untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan pita polos warna apa saja sepanjang 1 meter.
  • Lalu, lingkarkan pita tersebut pada bagian dada.
  • Setelah menentukan ukuran yang tepat, berikan tanda pada pita dengan spidol.
  • Ukur menggunakan penggaris dari dari ukuran pita yang diberi tanda spidol.

Ketika Anda mengukur lingkar dada menggunakan pita atau alat ukur lainnya, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Hal tersebut adalah memastikan untuk memberikan sedikit ruang tambahan pada ukuran lingkar dada agar gerak tubuh Anda lebih leluasa dan nyaman digunakan ketika baju selesai dijahit nanti. Ruang tambahan saat penmgukuran tersebut disarankan berukuran 4 hingga 6 cm supaya mencegah ukuran baju yang terlalu kecil.

6. Benang Jahit

thread, sewing, colorful

Meskipun mengukur lingkar dada menggunakan benang jahit terkesan sedikit tidak mungkin karena benang jahit yang bentuknya terlalu tipis serta susah dilihat. Namun jangan salah, benang jahit bisa menjadi salah satu cara alternatif yang paling mudah untuk mengukur ukuran lingkar dada bila tidak memiliki meteran, berikut caranya:

  • Anda siapkan satu atau beberapa helai benang jahit yang warnanya mencolok.
  • Kemudian, lingkarkan helaian benang jahit warna mencolok tersebut pada bagian dada terlebih dulu lalu lanjut ke bagian samping dan punggung.
  • Usahakan agar benang tersebut tidak terlalu kencang ataupun longgar.
  • Setelah itu, gunakan penggaris lalu taruh di bawah benang untuk dijadikan sebagai penanda ukuran lingkar dada tersebut.

Tips Mengukur Lingkar Dada Tanpa Meteran dengan Tepat

Setelah Anda mengetahui beberapa alat yang bisa dijadikan alternatif untuk mengukur lingkar dada tanpa menggunakan meteran. Anda juga perlu mengetahui beberapa hal penting sebelum mengetahui ukuran lingkar dada dengan tepat. Adapun beberapa tips mengukur lingkar dada agar memperoleh ukuran yang pas yaitu:

1. Hindari memakai pakaian tebal

Seseorang yang memakai aju yang memiliki bahan tebal akan mempersulit Anda ketika mengukur ukuran lingkar dada. Agar dapat mengukur lingkar dada secara akurat, Anda disarankan untuk menggunakan pakaian biasa dengan bahan yang tipis seperti kaos pendek atau kemeja.

2. Membuat posisi tubuh tegak

Kemudian tips berikutnya adalah membuat posisi tubuh yang tegak dan lurus agar ukuran lingkar dada dapat terukur dengan pas dan proporsional. Perlu Anda ketahui bahwa bentuk tubuh yang tegak akan sangat mempengaruhi hasil pengukuran lingkar dada tersebut.

3. Memastikan dengan ukuran tabel baju yang sudah ada

Meski Anda telah merasa yakin akan pengukuran lingkar dada menggunakan meteran atau alat lainnya. Tak ada salahnya untuk memastikannya kembali dengan melihat tabel ukuran baju yang sudah ada. Tiap jenis pakaian tentu memiliki ukuran yang berbeda-beda, biasanya ukuran baju orang dewasa tersedia dari size XS, S, M, L, XL hingg XXL.

Nah, itulah cara mengukur lingkar dada tanpa meteran yang praktis dan mudah. Jika masih ragu dengan hasilnya, anda bisa menggunakan dua cara dan membandingkannya. Hasilnya akan sama dan tentunya bisa membantu untuk mencari ukuran pakaian ternyaman. Sebelum kalian akan membeli baju, lebih baik kalian juga perhatikan kembali size chart-nya ya!

cara mengukur lingkar dada tanpa meteran

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.