Cara Menghilangkan Sablon Pada Jaket

Teknologi sablon kian hari kian berkembang saja, terbukti banyaknya jenis sablon yang dijual di pasaran hari ini. Mulai dari rubber (sablon karet), flocking, plastisol, pigmen, glitter, poliflex dan masih banyak jenis sablon lainnya. Sablon ialah jenis bahan yang akan melekat kuat pada kain sehingga meskipun digunakan dan dicuci berulang kali, bahan ini tetap awet dan tidak akan rusak.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin menghilangkan sablon pada jaket? Apakah ada cara tertentu yang bisa digunakan untuk menghilangkan sablon? Tidak perlu khawatir, karena memang ada caranya lho. Yuk, cari tahu detail informasi berikut ini!

 

Menggunakan Setrika

setrika berwarna putih
Tidak bisa dipungkiri, ada banyak diantara kita yang selalu ekstra hati-hati saat menyetrika jaket dan menghindari bagian sablon. Alasannya ialah karena takut sablon pada jaket atau kaos akan rusak karena terkena panas yang tinggi. Nah, sudah saatnya Anda memanfaatkan cara ini sebagai salah satu upaya untuk menghilangkan sablon di baju jaket.

Coba siapkan kain kering dan letakkan di antara sablon dan setrika, dengan ini sablon tidak akan menempel ke bagian setrika. Untuk mengurangi kelengketan sablon, Anda juga bisa menggunakan alkohol atau minyak kayu putih. Untuk membantu mengelupas sablon dari jaket kesayangan, Anda bisa memanfaatkan pisau atau gunting.

 

Menggunakan Bensin

Bensin

Pernahkah Anda tidak sengaja terkena bahan lengket seperti permen karet, lem super, cat, stiker hingga getah nangka? Lalu, apa yang akan dilakukan oleh orang tua Anda pertama kali? Salah satu upaya penyelamatan pertama ialah dengan menggunakan bensin dan hal serupa juga berlaku pada jaket sablon lho. Beberapa bahan bakar bisa digunakan untuk menghilangkan sablon pada jaket. Caranya ialah letakkan kain kering di dalam jaket Anda agar bensin tidak merembes. Pastikan Anda mengingat dengan betul posisi sablon.

Kemudian oleskan bensin dan diamkan beberapa saat hingga mengering. Lakukan proses ini sampai lima kali hingga sablon terkelupas sepenuhnya. Lanjutkan dengan mencuci jaket Anda hingga bersih dan berikan parfum untuk menghilangkan aroma bensin. Hanya saja perlu diketahui, jika metode menghilangkan sablon menggunakan bensin ini tidak seefektif menggunakan panas setrika, terlebih jika sablon menempel dengan kuat.

 

Menggunakan Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian

Selain menggunakan setrika dan bensin, cara menghilangkan sablon pada jaket juga bisa menggunakan pemutih pakaian lho. Pemutih pakaian memang terkenal sebagai bahan perontok noda membandel dan percaya atau tidak, pemutih pakaian juga bisa melunturkan gambar sablon pada jaket lho.

Caranya, masukkan air panas  ke dalam sebuah ember. Tambahkan satu genggam deterjen dan pemutih pakaian serta aduk kembali hingga larut. Kemudian, oleskan pemutih ke bagian sablon dan rendam ke dalam air sekitar 5 menit. Kucek bagian sablon dan coba perlahan melepaskannya menggunakan kuku Anda. Jika masih belum bisa, oleskan kembali pemutih dan rendam kembali.

Ulangi langkah ini sekitar empat kali sampai sablon di jaket kesayangan Anda benar-benar terlepas. Selanjutnya, cuci kembali jaket Anda seperti biasa hingga benar-benar bersih dan harum. Sayangnya, metode menghilangkan sablon ini hanya bisa digunakan pada jenis jaket yang terbuat dari bahan tertentu dan berwarna putih saja.

Selain itu, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, maka pastikan untuk menggunakan sarung tangan karet saat melakukan proses pembersihan sablon di jaket. Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan sablon pada jaket, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ya!

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *