Cara Menghilangkan Sablon pada Jaket dengan Mudah

Ingin membuat sablonan baru di jaketmu? Atau ingin memiliki jaket polos tapi tidak mau mengeluarkan bujet lebih? Tenang saja, kamu bisa menghapus cetakan yang ada di jaket kamu. Memang tidak merusak jaketnya? Tentu tidak, selama kamu melakukan step by step berikut ini secara benar. Seperti apa caranya?

 

Siapkan Alas untuk Menyetrika

Letakkan pakaian pada permukaan yang rata dan tidak memuai atau rusak karena panas agar mudah disetrika. Kalau perlu, sebaiknya kamu gunakan papan setrika atau meja dengan bahan keras seperti kayu. Hindari meja plastik atau permukaan yang ditutup dengan plastik. Kalau kamu tidak ada alas seperti yang disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan lantai, namun jangan sampai kamu menyetrika di lantai yang beralas karpet. Langkah ini berfungsi untuk menghilangkan cetakan vinil atau karet yang disematkan ke jaket kamu.

Gunakan Handuk Kering dan Masukkan ke Dalam Jaket

Tempatkan handuk kering di dalam pakaian kamu, pastikan handuk ini berada di bawah cetakan. Kalau handuk terlalu besar, lipat handuk sehingga pas di bagian dalam pakaian dan semua bagian cetakan yang ingin kamu hapus teralasi. Ini akan melindungi sisi lain pakaian dari panas setrika.

Letakkan Kain Dingin di Atas Jaket

Rendam handuk tangan atau kain bersih dalam air dingin yang mengalir. Peras air yang berlebih agar tidak menetes dan letakkan kain rata di atas cetakan yang ingin kamu hapus. Kain basah ini akan menjadi lapisan pelindung antara setrika dan cetakan sehingga tidak meleleh ke setrika.

Panaskan Setrika dan Tekan di Atas Kain Dingin

Tempatkan setrika yang sudah panas di atas kain basah tersebut, pastikan posisi setrikan berada tepat di atas cetakan. Tekan setrika pada kain basah secara perlahan, berikan tekanan lembut untuk memastikan panas mencapai cetakan secara merata. Lepaskan setrika saat kain basah tersebut sudah benar-benar kering. Dengarkan baik-baik suara air yang mendesis dan menguap pada kain basah itu, bila masih ada desisan berarti kain masih belum benar-benar kering. Tarik setrika ketika kain benar-benar kering. Jangan biarkan setrika berada terlalu lama di atas kain basah yang kering itu, sebab kain bisa cepat terbakar.

Kerik dengan Pisau

Gunakan pisau untuk mengerik cetakan atau mencabutnya. Caranya, gosok cetakan dengan ujung pisau yang tajam secara perlahan, kemudian gunakan jari-jari kamu untuk membantu mengelupasnya. Berhati-hatilah dengan sisi tajam pisau tersebut, jangan sampai jarimu ikut terluka ketika melakukan ini. Cobalah menggunakan pisau hanya untuk melonggarkan tepi-tepi cetakan, dan kemudian kupas sebanyak mungkin dengan jari-jari Anda untuk menghindari kerusakan kain.

Makin Cepat dengan Cairan Penghilang Sablon

Bila kamu memiliki bujet lebih, kamu bisa membeli cairan penghilang hasil cetak yang dijual di mana-mana, bisa juga dibeli secara online. Kamu pun juga harus hati-hati ketika menggunakan cairan ini, karena terkadang bisa berbahaya untuk kulit. Gunakan sarung tangan dari plastic sebelum mencuci baju dengan cairan penghilang cetakan ini agar tanganmu aman.

 

Tidak susah untuk melakukannya, bukan? Tetapi, kamu memang harus telaten. Jangan sampai cara ini justru jadi melukai tanganmu atau jaket kesayanganmu. Jangan lupa untuk mengunjungi tshirtbar.id untuk mendesain jaket barumu supaya terlihat lebih kece dan menarik.

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *