Last Update: October 7th, 2019 at 11:31 am

Intip Cara Praktis Menghilangkan Sablon di Tas

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan desain-desain unik yang ada di tas. Khususnya untuk tas dengan bahan dasar kanvas seperti yang banyak digunakan pada totebag. Meski membuat tampilan tas menarik, terkadang kita merasa bosan dengan sablon tas yang ada dan ingin menghilangkannya. Akan tetapi, banyak pula yang belum mengetahui bagaimana caranya. Anda tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara menghilangkan sablon di tas yang bisa Anda lakukan.

 

1. Menggunakan Setrika

Menghilangkan sablon di tas menggunakan setrika adalah cara yang aman dan tidak berisiko tinggi. Selain itu, alat yang digunakan pun sangat mudah untuk ditemukan. Beberapa di antaranya adalah setrika, kain kering, alkohol, dan pisau.

Langkah-langkahnya juga mudah. Anda perlu memanaskan setrika selama kurang lebih 3-5 menit dan aturlah sesuai dengan bahan tas yang digunakan. Kemudian letakkan tas di tempat yang datar dan gunakan kain kering untuk melindungi sisi tas lainnya.

Tempelkanlah setrika panas di atas kain kering pada sablonan. Setelah itu, ambillah kain kering, kemudian oles alkohol secara merata. Ulangilah hingga 4-5 kali sampai sablon hilang dan setrika kembali. Terakhir, cucilah tas untuk melarutkan alkohol dan membersihkan sisa sablon.

 

2. Menggunakan Bahan Bensin

Selain menggunakan setrika, cara menghilangkan sablon di tas juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan cairan bahan bakar. Contohnya pertalite, pertamax, atau minyak tanah. Peralatan yang digunakan pun mudah didapat dan hampir tidak jauh berbeda dengan menggunakan setrika seperti dijelaskan sebelumnya.

Untuk langkah yang perlu Anda lakukan adalah letakkan kain kering pada bagian dalam tas agar tidak merembes ke bagian yang lain. Selanjutnya, oleskan bensin pada bagian sablon di tas dan diamkan sebentar agar bensin mengering. Setelah cukup, kelupaslah secara perlahan sablonan menggunakan gunting. Ulangi proses ini selama tiga kali jika belum terkelupas. Namun, saat mengelupasnya Anda perlu berhati-hati agar tas tidak robek terkena gunting atau pisau.

Setelah selesai, cucilah tas tersebut dengan air bersih hingga bersih. Jika perlu, gunakan pewangi agar bau bensin yang menyengat tidak menempel. Sebagai pengganti bensin, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih. Namun, penggunaan kayu putih tentunya sedikit lebih memakan biaya sebab harga minyak kayu putih yang kurang ekonomis.

 

3. Menghilangkan dengan Pemutih Pakaian

Menggunakan pemutih mungkin bisa Anda jadikan alternatif sebagai cara menghilangkan sablon pada tas. Bahan yang perlu Anda siapkan di antaranya adalah tas yang akan digunakan, pemutih pakaian, deterjen, dan air panas secukupnya. Lalu, bagaimana dengan langkah-langkahnya?

Pertama, Anda perlu memasukkan air panas dalam sebuah ember dan pastikan jumlahnya cukup untuk merendam tas tersebut. Kedua, tuangkan pemutih sejumlah 100 ml dan segenggam deterjen sampai semua bahan larut. Lanjutkan dengan proses ketiga, yakni mengoleskan pemutih pada bagian sablon secara merata dan rendam kembali dalam air untuk didiamkan selama 5-10 menit. Kuceklah bagian tersebut agar sablon perlahan mengelupas. Terakhir, cuci hingga bersih dan kering secara merata.

Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat adalah proses menghilangkan sablon menggunakan pemutih hanya bisa dilakukan untuk tas kanvas berwarna putih. Sebab, jika Anda gunakan pada warna lain, dikhawatirkan akan membuat bagian lain pada tas menjadi kusam.

 

4. Cairan M3

Berikutnya, sebagai cara menghilangkan sablon di tas dengan menggunakan cairan M3. Ini adalah larutan kimia yang hampir serupa dengan thinner. Prosesnya pun hampir sama dengan memberishkan sablon menggunakan bensin. Namun, sebagian orang tidak menyarankan menggunakan cairan ini karena dikhawatirkan dapat membuat kulit Anda menjadi gatal.

Hal ini karena cairan M3 memiliki sifat yang lebih keras bila dibandingkan menggunakan bahan bakar. Meski cepat menghilangkan sablon, bila Anda menggunakannya usahakan untuk memakai sarung tangan yang aman agar kulit Anda tidak gatal.

Anda bisa menerapkan cara menghilangkan sablon di tas tersebut di rumah. Namun, jangan lupa juga untuk memperhatikan bahan tas yang ada agar tidak salah metode dan justru membuat tas menjadi rusak.

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *