Cara Menghilangkan Sablon di Jaket dengan 3 Cara Ini

Sablon menjadi elemen yang paling umum pada pakaian pada jaket. Sebab, sablon paling mudah diaplikasikan. Banyak orang yang juga menyukai jaket dengan model sederhana tapi dengan desain sablon tertempel yang menarik. Sayangnya, terkadang desain sablon yang tersedia bisa membuat orang bosan. Jika Anda salah satunya, maka Anda perlu mengetahui cara menghilangkan sablon di jaket berikut ini.

1. Menggunakan setrika

Cara ini adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan sablon. Alatnya pun mudah didapat karena merupakan alat keseharian yang digunakan di rumah. Selain alat ini mudah didapatkan, cara ini juga jadi cara yang paling tidak berisiko. Anda tinggal menyetrika bagian jaket yang memiliki desain sablon dengan suhu panas agar desain tersebut mengelupas. Namun, Anda perlu juga mempersiapkan kain agar sablon tidak menempel di setrika.

Selain setrika dan kain kering, Anda juga perlu mempersiapkan alkohol dan pisau atau bisa juga menggunakan gunting atau cutter. Setelah semuanya telah siap, Anda perlu memanaskan setrika selama 3 hingga 5 menit. Agar tidak merusak kain jaket, maka atur suhu panas setrika sesuai jenis kain jaket Anda. Jangan menggunakan suhu yang terlalu panas dengan harapan sablon cepat mengelupas, karena dapat merusak warna jaket.

Cara menggunakan setrika untuk mengelupas sablon

Jika Anda tidak mempunyai papan setrika, letakkan jaket di bidang yang datar dengan posisi bagian sablon di atas. Masukkan kain yang relatif tebal dalam jaket, tepatnya di balik letak sablon tersebut. Letakkan pula kain di atas desain sablon yang ingin dihilangkan. Kemudian tempelkan setrika yang sudah panas tadi selama beberapa detik tepat di atas desain sablon. Selagi desain sablon masih panas, oleskan alkohol secara merata.

Baca Juga : Inilah Cara Menghilangkan Tinta Di Baju Dengan Pasta Gigi

Jika sablon terlihat mengkerut dan pecah-pecah, Anda bisa menarik desain sablon agar terkelupas. Gunakan alat bantu pisau, cutter, atau gunting agar sablon lebih mudah terkelupas. Namun, Anda perlu melakukannya dengan hati-hati agar penggunaan pisau, cutter, atau gunting tersebut tidak merusak jaket. Perlu diingat juga, Anda harus melakukannya secara perlahan-lahan agar sablon bisa terkelupas dengan baik tanpa sisa.

2. Menggunakan bensin

Meskipun cara menghilangkan sablon di jaket ini tidak begitu efektif jika dibandingkan dengan menggunakan setrika, cara ini bisa Anda coba jika Anda enggan untuk repot memanaskan setrika terlebih dahulu. Cara ini lebih disarankan untuk desain sablon yang tidak menempel begitu kuat, karena desain sablon akan tersisa di jaket. Sebaiknya, Anda menggunakan cara ini jika sablon sudah lama atau rapuh, sehingga melepaskannya lebih mudah.

Selain menggunakan bahan bakar kendaraan seperti pertamax, premium, minyak tanah, Anda juga bisa menggunakan alternatif minyak kayu putih. Alat-alat yang Anda butuhkan selebihnya sama dengan saat menggunakan setrika. Anda perlu menyiapkan dua lembar kain, gunting, dan tentunya bahan bakar. Langkah-langkahnya pun kurang lebih masih sama. Anda perlu melapisi jaket terlebih dahulu dengan kain agar bahan bakar yang dioleskan tidak merembes.

3. Menggunakan pemutih pakaian

Selain bensin dan minyak kayu putih, Anda juga bisa menggunakan pemutih pakaian. Namun, cara ini lebih disarankan jika jaket Anda berwarna putih. Jika jaket Anda berwarna gelap atau terang seperti merah dan hitam, warna jaket akan memudar. Anda juga disarankan menggunakan cara ini jika sablon pada jaket sudah rapuh sehingga mudah terkelupas saat dikucek.

Siapkan air panas dalam ember kemudian campurkan dengan satu genggam deterjen dan pemutih pakaian sebanyak 100ml saja. Aduk campuran detergen dan pemutih tersebut secara merata agar larut. Baru Anda masukkan jaket yang ingin Anda kelupas desain sablonnya. Jangan lupa untuk mengoleskan pemutih pakaian secukupnya pada desain sablon sebelum merendamnya.

Biarkan rendaman selama lima menit, kemudian kucek jaket pada bagian sablon. Setelah itu coba lepaskan desain sablon menggunakan kuku. Jika masih belum bisa terlepas, Anda perlu mengulangi langkah-langkah awal sebelumnya tiga hingga empat kali. Mulai dari mengoleskan pemutih, merendamnya, lalu mengucek jaket. Setelah sablon telah terlepas dengan bersih, bilas dengan air agar sisa-sisa sablon tidak menempel di bagian jaket yang lainnya.

 

Meskipun ada beberapa cara menghilangkan sablon di jaket di atas yang cenderung lebih  aman, tidak ada kepastian bahwa desain sablon pada jaket Anda akan terlepas dengan sempurna. Selain bergantung pada tingkat kelengketan desain sablon, usia sablon pada jaket juga berpengaruh. Sablon yang telah lama menempel dan semakin rapuh akan lebih mudah dihilangkan dibandingkan dengan sablon yang baru.

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *