Last Update: April 23rd, 2021 at 10:51 am

6 Cara Menghilangkan Permen Karet di Baju Anda

Mungkin semua orang pernah mengalami hal yang satu ini, mereka tidak tahu bagaimana, namun ada permen karet yang menempel di celana atau belakang baju mereka. Mungkin hal ini bisa dikarenakan duduk di kursi umum tanpa memeriksa, atau bersandar di pagar tanpa menyadari bahwa ada permen karet yang menempel. 

Mencoba menghilangkan permen karet dari pakaian tanpa menggunakan cara yang benar akan bisa menyebabkan berbagai macam kekacauan lainnya. Jika Anda berada dalam situasi yang seperti ini, maka ikuti cara menghilangkan permen karet di baju Anda berikut ini.

Gunakan Cara Menghilangkan Permen Karet di Baju Anda Berikut Ini

Berbagai macam barang yang mudah ditemui seperti alkohol, cuka, es, dan bahkan selai kacang, akan bisa membantu Anda menyingkirkan permen karet yang mengganggu itu. Baik saat di kantor, rumah, atau dalam perjalanan, proses pembersihan ini akan membantu di mana dan kapan pun Anda membutuhkannya. Berikut cara menghilangkan permen karet dari pakaian dengan mudah.

1. Hilangkan permen karet dengan es.

Letakkan es batu di atas permen karet yang menempel di baju Anda selama 20 menit. Es akan membekukan dan mengeraskan permen karet sehingga Anda bisa dengan mudah mengangkat atau mengikisnya dengan berbagai macam benda. Tangan, pisau tumpul, pengikis cat, ataupun sendok. Anda juga bisa memasukan baju ke dalam freezer untuk bisa membekukan permen karet yang menempel.

2. Hilangkan permen karet dengan uap.

Pegang bagian yang terdapat permen karet pada pakaian Anda di atas panci dengan air yang sedang menguap. Uap akan melembutkan permen karet sehingga mudah dihilangkan dengan pengikis atau sikat gigi. Anda bisa juga meletakkan pakaian dalam mangkuk berisi air mendidih sampai permen karet cukup lunak untuk diangkat.

3. Menghilangkan permen karet dengan alkohol.

Gunakan kapas untuk mengoleskan alkohol ke seluruh permukaan permen karet yang menempel di baju. Biarkan alkohol meresap dan mengering sekitar 1 menit. Tarik permen karet menggunakan tangan atau selotip.

4. Menghilangkan permen karet dengan selai kacang.

Oleskan selai kacang yang lembut dalam jumlah banyak di atas permen karet. Diamkan selama beberapa menit agar lemak dan minyak pada selai kacang tidak terlalu lengket. Setelah itu Anda akan bisa mengikis permen karet dan selai kacang dengan pisau tumpul atau ujung kartu yang keras. Agar lebih aman Anda bisa mencuci kembali baju tersebut agar bisa bersih dari berbagai noda.

5. Bersihkan permen karet dengan deterjen.

Gunakan sikat gigi untuk menggosokkan cairan pencuci pakaian atau sabun cuci piring langsung ke permen karet. Ini akan menghancurkan serat permen karet dan memudahkan Anda mengikis gumpalan pengganggu tersebut. Cuci pakaian, gunakan penghilang noda jika perlu.

6. Gunakan cuka untuk menghilangkan noda permen karet.

Tuang cuka putih ke dalam wadah, kemudian panaskan di atas kompor atau microwave. Celupkan sikat gigi ke dalam cairan cuka hangat dan gosokkan ke permen karet. Asam yang terkandung di dalam cuka akan melembutkan permen karet dan membantu untuk melepaskannya dari kain. Cuci pakaian agar aroma cuka tidak tertinggal di baju Anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan permen karet di baju Anda. Jika pakaian Anda rusak dalam proses menghilangkan noda ini, atau membutuhkan baju lainnya sebagai pengganti baju yang terkena permen karet ini, maka ada baiknya untuk mulai membuat baju baru di Tshirtbar, yang siap membantu untuk membuat baju sesuai keinginan Anda dengan teknik sablon yang modern. Menghasilkan hasil sablon berkualitas. Tunggu apalagi, kunjungi website Tshirtbar sekarang juga!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *