Last Update: July 8th, 2021 at 2:07 pm

Cara Menghilangkan Oli di Baju Tanpa Luntur

Noda oli seringkali menempel di baju kita, sebab oli berada pada mesin dan alat mekanis sehingga cukup banyak disekitar kita. Oleh karena itu kita sering tidak sengaja menyentuh oli dengan baju kita. Oli adalah komponen penting dimesin sehingga akan sering kita temui kapan saja. Terbilang cukup menyeramkan sebab noda oli berwarna hitam gelap, apalagi jika baju yang terkena berwarna terang karena akan sangat terlihat dan noda oli cukup tebal dan sulit untuk dihilangkan. Sehingga kamu perlu mengetahui cara menghilangkan oli di baju.

Namun sebenarnya tak perlu terlalu khawatir sebab kita masih menghilangkan atau paling tidak mengurangi noda oli yang menempel pada baju kita asal kita tau caranya. Terdapat ada beberapa cara menghilangkan oli di baju, berikut adalah caranya:

Menggunakan deterjen piring, shampo atau sabun batangan

Menggunakan deterjen piring, shampo atau sabun batangan

 

Cara pertama dari cara menghilangkan oli di baju yaitu menggunakan campur air dengan sabun, atau tambahkan ammonia jika noda oli sangat membandel. Untuk sabun batangan, parut sabun tersebut dan campur dengan air. Setelah dicampur dengan air, aduk sampai tercampur dengan baik. Oleskan larutan ini ke seluruh bagian yang ternoda sampai rata dan berbusa.

Lalu celupkan kain ke wadah berisi air dan bilas dengan larutan air yang sudah dicampur dengan cuka sampai bersih, setelah itu cuci seperti biasa. Ulangi cara ini apabila noda oli masih terus membandel.

 

Menggunakan semprotan penghilang noda

Menggunakan semprotan penghilang noda

 

Dipasaran kita bisa menemukan semprotan penghilang noda yang cukup serba guna. Kita bisa menggunakan semprotan ini untuk menghilangkan noda oli pada baju. Caranya dengan menyemprotkan ke bagian yang terdapat noda oli lalu digosok sampai merata. Lalu tarik bagian dalam baju keluar sehingga bagian luar baju menjadi sisi dalam, dan celupkan baju yang sudah digosok ke dalam air mendidih. Ulangi terus sampai noda menghilang, setelah itu baru kita cuci dengan deterjen seperti biasa namun pastikan baju tidak dicampur dengan cucian lainnya.

 

Menggunakan baby powder

Menggunakan baby powder

Baby powder adalah bubuk bedak yang sering kita gunakan untuk kulit bayi setelah mandi. Ternyata bubuk ini bisa juga membantu mengurangi noda oli yang membandel. Caranya ialah dengan mengusap bagian yang terkena noda dengan tisu tebal sampai berkurang lalu taburkan baby powder sampai noda tertutup rata, dan usapkan baby powder tersebut ke kain menggunakan tisu tebal. Lakukan sampai baby powder menghilang dari kain. Tuangkan deterjen ke bagian yang diusap tadi, lalu gunakan sikat gigi untuk menggosok areal tersebut sampai rata. Lakukan hal yang sama ke sisi kain sebaliknya agar hasil maksimal. Setelah itu cuci baju seperti biasa namun pastikan baju tidak dicampur dengan cucian lainnya.

 

Menggunakan WD40

Hilangkan noda dengan cairan pembersih noda

WD40 adalah larutan dalam kaleng berbentuk semprotan yang serba guna. Seringkali dilakukan untuk membersihkan tempat-tempat dengan kotoran yang membandel seperti kotoran di dapur. Biarpun tergolong larutan keras, kita bisa juga menggunakannya untuk membersihkan noda oli dari baju. Cara menghilangkan oli di baju dengan WD40 mirip dengan cara-cara sebelumnya, yaitu dengan menyemprotkan WD40 ke bagian noda dan digosok sampai merata dan diamkan selama 20 menit. Namun pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu ke bagian kain yang tidak terlalu terlihat. Sebab cairan WD40 tergolong keras dan berpotensi untuk merusak kain. Jika aman, lakukan dan diamkan. Setelah itu bilas dan cuci dengan deterjen seperti biasa. Sama halnya dengan cara lainnya, cuci baju tanpa dicampur dengan cucian lainnya.

Di Tshirtbar kamu bisa memesan baju dengan desain yang kamu inginkan tanpa minimum order, sehingga tak perlu khawatir kalau baju lama kamu sudah tidak layak pakai, cukup pesan di Tshirtbar, bahkan kamu bisa menjual lagi desain-desain unik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *