Last Update: October 7th, 2019 at 1:55 pm

Cara Membersihkan Noda Tinta pada Baju yang Perlu Anda Ketahui

Menghilangkan noda tinta di baju kerap kali menjadi permasalahan yang tak terelakan, bahkan menjadi hal yang menyebalkan untuk setiap orang. Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghilangkan noda tinta pada baju anda dengan cepat. Untuk itu, jangan terburu-buru menyimpulkan jika baju yang anda miliki menjadi tidak layak pakai dikarenakan noda tinta yang ada pada baju tersebut.

Ada beberapa cara ampuh yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan noda tinta ini. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan noda tinta pada baju anda:

 

Menghilangkan Tinta Permanen pada Baju

Tentunya lain jenis tinta akan lain pula untuk membersihkannya. Saat baju kesayangan anda terkena tinta spidol permanen, maka segeralah membersihkannya sebelum tinta tersebut mengering. Pastinya anda akan membutuhkan bahan-bahan tertentu agar menghancurkan kandungan minyak pada noda tinta tersebut. Anda bisa melakukan cara berikut ini agar dapat mengangkat sisa noda tinta permanen pada kain baju.

  • Untuk tinta yang masih basah, maka seraplah tinta dengan menggunakan kain microfiber. Hindarilah menggunakan tisu supaya serpihan seratnya tidak menempel pada baju.
  • Semprotkan hairspray atau oleskan alkohol pada bagian baju yang terkena tinta. Kedua bahan ini bisa menghancurkan minyak yang ada pada noda tinta.
  • Janganlah menunggu hingga hairspray atau alkoholnya mengering, segera cuci baju dengan menggunakan detergen. Kemudian gosoklah pada bagian yang ternoda dengan menggunakan sikat gigi bekas.

 

Cara Menghilangkan Tinta di Baju yang Telah Mengering

Jika noda tintanya telah mengering, maka anda perlu bekerja lebih keras ketika membersihkannya. Karena tinta yang telah mengering tentunya telah meresap sampai ke serat baju. Berikut ini adalah panduan bagaimana menghilangkan tinta di baju paling cepat.

  • Rendamlah baju ke dalam air dan pemutih. Jika yang terkena noda adalah baju yang berwarna, maka sebaiknya rendamlah baju ke dalam air yang telah tercampur detergen cair.
  • Selanjutnya oleskan detergen pada bagian baju yang terkena tinta. Gosoklah dengan jari-jari hingga tinta memudar.
  • Kemudian rendamlah baju tersebut ke dalam larutan air garam hingga 1-2 jam.
  • Jika noda sudah hilang, anda bisa mencuci baju tersebut dengan detergen seperti biasanya.

 

Menghilangkan Noda Tinta yang Berbahan Dasar Air

Sebagian besar pulpen yang anda gunakan sehari-hari terbuat dari tinta yang berbahan dasar air. Anda sebenarnya tidak perlu menggunakan pembersih khusus, hanya cukup memakai detergen anti noda saja. Di bawah ini merupakan cara untuk menghilangkan noda tinta paling mudah dan cepat.

  • Oleskan detergen cair pada baju yang terkena noda. Selanjutnya gosokkan dengan jari-jari.
  • Jika tintanya belum hilang juga, anda bisa merendamnya ke dalam air yang telah tercampur dengan detergen.
  • Jika sudah 10 menit, anda bisa mengoleskan detergen kembali pada bagian yang terkena noda tinta.

 

Bahan-Bahan untuk Menghilangkan Noda Tinta di Baju

Selain dengan cara-cara di atas, Anda juga dapat membersihkan noda tinta pada baju Anda dengan beberapa bahan berikut ini:

 

1. Tiner

Tahukah anda bahwa tiner berfungsi sebagai pencair tip ex. Selain digunakan untuk mencairkan tip ex, ternyata tiner juga sangat bermanfaat untuk membersihkan noda tinta. Hal ini dikarenakan tiner memiliki kadar alkohol yang tinggi.

Untuk menghilangkan noda tinta dengan tiner, sebenarnya sama saja dengan penggunaan bahan alkohol lainnya, yang paling penting adalah anda jangan malas untuk mengulanginya beberapa kali sampai baju benar-benar bersih. Selain untuk menghilangkan noda tinta, tiner juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan sablon pada baju.

 

2. Jeruk Nipis

Bahan yang berbahan kadar asam tinggi ternyata mempunyai sifat dalam mengangkat bahan dengan kadar basa. Dikarenakan tinta memiliki sifat basa, tentunya bahan asam seperti jeruk nipis sangat efektif dalam mengatasi noda tinta dengan cepat. Anda hanya perlu mencampurkan detergen dengan bahan asam, yaitu jeruk nipis, kemudian rendamlah baju anda kurang lebih selama 1 jam, dan kuceklah hingga bersih dan bilas menggunakan air bersih.

 

3. Aseton

Hampir sama halnya dengan alkohol, cairan yang biasanya digunakan untuk menghilangkan cat kuku ini ternyata juga bisa mengangkat noda tinta pada baju anda. Nah, bagaimanakah cara menghilangkan noda tinta di baju dengan menggunakan aseton? Anda hanya perlu menuangkan secukupnya aseton pada bola kapas, selanjutnya bola kapas tersebut digunakan untuk menyerap noda tinta yang terdapat pada baju anda. Yang perlu diperhatikan adalah jangan menggosok bola kapas tersebut agar noda tinta tidak meluber kemana-mana.

 

4. Cuka Putih

Anda bisa memanfaatkan cuka putih ini sebagai bahan alami untuk menghilangkan noda tinta. Caranya adalah tuangkan cuka pada baju yang terkena noda tinta, kemudian gosoklah dengan jari-jari hingga bersih. Jika noda masih membandel, anda bisa merendamnya dengan larutan air cuka. Ulangilah cara yang sama hingga noda tinta bisa hilang secara menyeluruh.

 

5. Baking Soda

Baking soda memang telah dikenal sebagai salah satu bahan untuk menghilangkan noda. Salah satunya adalah noda tinta yang terdapat pada baju. Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir untuk mengaplikasikan baking soda ini, karena baking soda tidak akan merusak serat kain baju. Anda hanya perlu mencampur detergen dengan bubuk baking soda. Kemudian kucek bagian baju yang terkena noda tinta hingga benar-benar hilang. Anda bisa menerapkan baking soda ini sebagai salah satu cara menghilangkan noda tinta di baju.

 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan noda tinta yang ada pada baju Anda. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *