Last Update: July 20th, 2023 at 12:58 pm

6 Cara Menghilangkan Noda Maskara di Baju dengan Mudah

Cara menghilangkan noda maskara di baju masih banyak yang belum tahu. Ketika sedang berdandan, setiap kali ada situasi yang tak enak. Seperti halnya ketika botol maskara atau kuas jatuh dari tangan dan isinya tumpah ke permukaan pakaian. Kamu mungkin berharap bahwa membersihkan noda maskara dengan sabun dan air akan berhasil, tetapi kenyataannya noda ini seringkali sulit diatasi.

Terlebih jika tinta maskara tumpah ke baju kesayangan. Tentunya noda tadi ingin segera hilang dengan cepat. Namun, tak perlu khawatir, kami akan berikan banyak cara yang bisa buat baju yang terkena maskara jadi bersih seperti sedia kala.

Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Maskara di Baju?

bagaimana cara menghilangkan noda maskara di baju

Sumber: Pinterest

Maskara bisa mudah hilang pada area muka, Akan tetapi, kasus ini akan tak selalu berjalan mulus pada pakaian. Terlebih saat ini banyak produk maskara yang dilengkapi teknologi waterproof alias tahan air. Jangan khawatir, kamu bisa coba dengan cara berikut:

1. Gunakan Sabun Cuci Piring

Karena kebanyakan maskara mengandung lilin atau minyak, sabun cuci piring dapat menjadi pilihan pembersih yang efektif.

Ada beberapa cara untuk menggunakan sabun cuci piring dalam menghilangkan noda maskara. Pertama, tuangkan sabun cuci piring langsung pada noda maskara, kemudian bersihkan  dengan jari atau sikat gigi secara lembut.

Alternatifnya, kamu bisa mencampurkan sabun cuci piring dengan air, lalu rendam spons atau kain ke dalam larutan tersebut, dan usapkan ke spot noda maskara.

2. Gunakan Deterjen

Campurkan air hangat dengan deterjen bubuk hingga jadi pasta. Lalu, oleskan pasta secara langsung ke noda pada pakaian dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, cucilah pakaian dengan air dingin.

Kamu juga bisa menggunakan deterjen cair dengan metode yang sama. Biarkan deterjen cair meresap pada area yang bernoda selama 15 menit, lalu cuci seperti biasa. Ulangi sampai noda sudah benar-benar hilang.

3. Gunakan Cairan Alkohol

Alkohol merupakan salah satu bahan pembersih noda yang sangat efektif. Kamu dapat mengaplikasikan beberapa tetes alkohol pada area yang terkena noda menggunakan kapas kasa, dan biarkan selama lima menit. 

Setelah itu, bersihkan noda dengan menggunakan sepotong kain hingga noda hilang. Selanjutnya, lanjutkan dengan mencuci pakaian seperti yang biasa kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Baju yang Sudah Kering

4. Gunakan Pembersih Makeup

Untuk menggunakan metode ini dengan aman, letakkan bagian pakaian yang terkena noda menghadap ke bawah pada kain putih bersih atau tisu.

Gunakan makeup remover wipes noda secara lembut ke dalam kain. Kemudian lanjutkan dengan menggunakan deterjen ringan atau semprotan penghilang noda, lalu cuci seperti biasa.

5. Gunakan Stain Remover

Penghilang noda ini sangat ampuh membasmi noda apa saja. Mulai dari makanan, gel, bahkan hingga noda maskara yang menempel pada kain.

Semprotkan sedikit penghilang noda pada bagian yang terkena noda dan gosokkan dengan jari atau sikat gigi pada kain. Biarkan bahan tersebut meresap selama beberapa menit atau jam sebelum dicuci.

6. Gunakan Bleaching

Cara ini jadi satu-satunya cara yang cocok bila sedang keadaan darurat. Produk bleaching sebenarnya kurang direkomendasikan bila digunakan secara sering karena bisa merusak serat kain, serta kurang eco-friendly. Perlu diingat juga bila tidak setiap bahan pakaian cocok dengan penggunaan cairan bleaching.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Baju

Tips Merawat Baju yang Warnanya Luntur?

tips merawat baju yang warnanya luntur

Hal pertama yang perlu kamu tahu adalah cek laundry tag terlebih dulu. Namun, barangkali masih ada yang belum paham soal ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca poin-poin berikut:

1. Mencuci Secukupnya

Hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan warna hitam dan mencegah pemudaran yang cepat. Menghindari mencuci setiap kali digunakan dapat memperpanjang umur pakaiannya. Namun, jika pakaian masih dalam kondisi cukup bersih, cukup dikeringkan dengan angin.

2. Hindari Banyak Gesekan

Sebaiknya hindari merendam pakaian hitam terlalu lama. Selain itu, saat mencuci, gosok pakaian dengan lembut. Gesekan yang terlalu kuat saat mencuci dapat menyebabkan warna hitam memudar. Jika ada noda, segera bersihkan pada area yang terkena noda dan lakukan pencucian dan pembilasan dengan cepat.

3. Jangan Mengeringkan di Bawah Sinar Matahari Langsung

Warna pakaian cenderung sensitif terhadap sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet (UV) juga dapat merusak serat kain. Lebih baik keringkan pakaian di tempat yang teduh atau di bawah atap untuk melindunginya dari sinar matahari langsung. 

4. Gunakan Air Dingin saat Mencuci

Pencucian dengan air dingin membantu menjaga kekuatan serat kain dan mencegah pemudaran warna. Dengan cara ini, pigmentasi warna dapat tetap terjaga. Meskipun air dingin mungkin tidak seefektif dan secepat air hangat dalam menghilangkan kotoran, tetapi penggunaan air dingin dapat mencegah penyusutan pada pakaian.

Baca Juga: Ini Cara Menghilangkan Noda Tinta yang Sudah Kering di Baju berwarna

5. Pisahkan Warna Pakaian Ketika Mencuci

Warna pakaian seperti hitam dan putih lebih mudah luntur. Agar menghindari perubahan warna yang tidak diinginkan, direkomendasikan untuk memisahkan pakaian dari pakaian hitam atau putih dengan warna lain saat proses mencuci. Apalagi warna putih yang jauh lebih sensitif dari warna lainnya.

6. Jangan Terlalu Sering Digunakan

Penggunaan baju yang berlebihan akan menimbun banyak keringat. Bila terus menumpuk, yang ada baju jadi cepat pudar dan terlihat usang. Meskipun sudah dicuci berkali-kali, namun jangan sampai keringat pada baju selalu menempel pada pakaian.

Ya, jadi itu tadi beberapa cara menghilangkan noda maskara untuk kamu coba di kemudian hari. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati ketika ber-makeup. Terutama ketika kamu akan hadiri pesta yang sifatnya formal. Ikuti tips lain seputar tips busana dan dapatkan produk fashion berkualitas hanya di Tshirtbar!

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224