Last Update: July 8th, 2021 at 12:20 pm

Cara Ampuh Menghilangkan Noda Kunyit di Baju

Kunyit adalah bagian yang cukup umum didapati di makanan khas Indonesia, contohnya seperti nasi kuning, ayam goreng kunyit, opor ayam dan lain-lain. Warna kuning yang khas didapat pada masakan tersebut berasal dari kunyit. Warna alami ini disebabkan kunyit mengandung curcumin yang membuatnya memproduksi warna kuning.

Jika kunyit terkena baju, terutama warna putih, maka akan menimbulkan noda yang jelas terlihat dan sulit untuk dihilangkan sehingga kita perlu mengetahui cara menghilangkan noda kunyit di baju. Jangan heran, karena kunyit ternyata memang pernah dipakai untuk menjadi pewarna pakaian alami, seperti pada baju tradisional India, Sari dan baju pendeta Buddha, yang semuanya memang berwarna kuning oranye.

Kunyit sering didapati dimasakan Indonesia, maka peristiwa noda pada baju kita akan sering kita temukan. Lalu bagaimana jika mendapati noda kunyit di baju kita? Jika kita mendapati noda kunyit pada baju kita, segeralah dengan cepat mencuci baju ini sebelum noda kunyit meresap lebih dalam dan noda tersebut menjadi permanen. Ada beberapa cara menghilangkan noda kunyit di baju, simak sebagai berikut:

Menghilangkan noda kunyit di baju dengan bubuk soda

Menghilangkan noda kunyit di baju dengan bubuk soda

Bahan ini mudah didapat di mana-mana, biasanya kita bisa temukan bubuk soda di dapur yang sering membuat kue atau roti. Bubuk soda memiliki tingkat keasaman yang tinggi yang mampu memecah dan melepas noda dari serat-serat kain. Caranya ialah dengan menabur bubuk soda dibagian yang terkena noda saya tertutup merata, lalu digosok dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu cuci pakaian dengan deterjen seperti biasa. Tambahkan pemutih pada cucian jika baju berwarna putih.Jika noda masih, ulangi proses dari awal. Setelah itu, jemur pakaian dan hindari penggunaan mesin pengering.

Menghilangkan noda kunyit dengan lemon

Menghilangkan noda kunyit dengan lemon

Buah lemon adalah buah yang memiliki tingkat keasaman tinggi, oleh sebab itu rasanya sangat asam dan banyak dipakai sebagai bahan baku tambahan untuk memasak. Lemon pun sering menjadi bahan dasar pembersih. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk membersihkan noda di baju. Caranya dengan memeras lemon dan menuangkan sarinya ke noda kunyit pada baju, lalu digosok. Jika perlu, tambahkan garam pada noda agar lebih efektif membersihkan noda yang cukup membandel. Setelah itu diamkan baju selama 15 menit, lalu dilanjutkan dengan mencuci baju dengan deterjen seperti biasa dan bilas sampai bersih.
Setelah itu jemur pakaian dan hindari penggunaan mesin pengering bertemperatur tinggi.

Menggunakan cuka untuk hilangkan noda

Menggunakan cuka untuk hilangkan noda

Cuka juga sering dijadikan larutan untuk membersihkan bermacam noda pada baju. Alasannya sama karena cuka memiliki konsentrasi asam yang tinggi sehingga bisa memecah noda yang menempel pada serat kain. Caranya cukup dengan menuangkan sedikit cuka ke noda dan gosok secukupnya. Lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci baju seperti biasa deterjen dan bilas sampai bersih. Lanjutkan dengan menjemur pakaian serta hindari penggunaan mesin pengering bertemperatur tinggi.

Tentu tindakan preventif jauh lebih baik daripada membersihkan kunyit dari baju. Agar terhindar dari noda kunyit saat memasak, disarankan untuk menggunakan Apron atau celemek saat memasak. Kamu bisa custom celemek untuk memasak di Tshirtbar dengan desain unik sesuai keinginan kamu dan memberikan nilai jual yang tinggi ketimbang apron biasa. Selain celemek kamu juga bisa memesan kaos, jersey olahraga, jaket, topi, emoney dan berbagai produk lainnya yang bisa di custom sesuai keinginan desain sendiri tanpa minimum order.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *