Last Update: July 8th, 2021 at 1:35 pm

Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju

Besi yang lama terekspos terhadap kelembapan udara akan mudah sekali untuk berkarat. Sebab oksigen dan kelembapan adalah pemicu terhadap proses besi menjadi berkarat. Pada besi yang berkarat akan timbul noda merah tua dan orange yang jika dipegang akan membuat kotor benda tersebut. Terutama jika terjadi kontak terhadap kain dan karat yang dapat menyebabkan baju jadi kotor sehingga kita perlu mengetahui cara menghilangkan noda karat di baju tersebut.

Noda karat ini tergolong menganggu dan tidak mudah untuk dihilangkan. Partikel karat mudah untuk hinggap dibaju menempel lama. Biarpun sulit, namun menghilangkan noda karat dari baju bukanlah hal yang tidak mungkin. Caranya pun cukup mudah dan dapat dilakukan menggunakan alat dan bahan-bahan yang tidak sulit didapat. Di bawah ini adalah cara menghilangkan noda karat di baju:

Menghilangkan noda karat di baju dengan garam dan jus lemon

Menghilangkan noda karat di baju dengan garam dan jus lemon

Solusi ini tergolong solusi paling aman karena sama sekali tidak menggunakan bahan kimia. Caranya ialah dengan menaburkan garam ke areal noda, lalu memeras lemon dan disiramkan areal yang sudah ditaburi garam. Setelah itu letakan baju di tempat terbuka dibawah sinar matahari sampai kering. Sinar matahari akan mempercepat proses pembersihan noda karat.

Namun, perlu diperhatikan apabila baju yang akan dibersihkan rentan terhadap luntur, maka sebaiknya untuk baju yang tidak berwarna putih dicoba terlebih dahulu ke bagian baju yang tidak terlihat dan perhatikan apakah campuran garam dan lemon akan menyebabkan warna luntur. Jika tidak, makan solusi ini aman untuk dilakukan.

Menggunakan larutan krim tartar, bubuk soda dan hydrogen peroksida

Menggunakan larutan krim tartar, bubuk soda dan hydrogen peroksida

Larutan terhadap semua bahan diatas bisa berpotensi untuk menjadi penghilang noda yang handal. Cukup buat larutan di atas dan oleskan ke daerah yang ternodai. Setelah dioleskan, diamkan selama 30 menit sebelum dibilas sampai bersih. Solusi ini mungkin akan lebih baik dari pada garam dan jus lemon namun dikarenakan adanya bahan kimia, pastikan dicoba terlebih dahulu agar memastikan larutan ini tidak merusak bahan baju. Lalu pastikan juga, proses pencucian setelah benar-benar bersih sebelum akan dipakai.

Hilangkan noda karat dengan cairan pembersih noda

Hilangkan noda karat dengan cairan pembersih noda

Salah satu solusi yang cukup mudah yaitu dengan menggunakan cairan khusus pembersih noda yang dijual dipasaran. Banyak merk yang menjual cairan agar membantu menghilangkan noda pada baju. Mulai dari yang ringan hingga yang cukup berat seperti WD40 yang terkenal karena mampu membersihkan noda termasuk karat pada benda keras.

Namun perlu diperhatikan karena cairan kimia ini ada yang cukup keras bahkan bisa dipakai untuk membersihkan besi itu juga sekalipun, makan diuji coba ke bahan kain agar memastikan bahwa cairan ini tidak akan merusak baju. Cairan WD40 ditakutkan dapat merusak serat baju terutama jika baju terbuat dari bahan yang sensitif dan mudah rusak akibat gosokan dan faktor lainnya.

Selain itu juga pastikan agar mencuci sampai benar-benar bersih, sebelum dipakai agar memastikan bahwa tidak ada residu kimia yang menempel pada kulit karena jika tidak akan menimbulkan masalah kesehatan pada kulit.

Jika kamu perlu baju baru yang sudah rusak akibat noda-noda karat yang terlanjur lama menempel. Tshirtbar menyediakan berbagai custom baju mulai dari kaos, jersey, jaket dan masih banyak lagi. Kamu bisa custom sesuai dengan desain yang kamu inginkan sehingga kamu bisa tampil dengan baju baru yang tidak ada duanya.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *