Last Update: July 9th, 2021 at 10:52 am

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Baju

Memakai baju dan terkena noda sering terjadi dalam keseharian kita, mulai dari noda debu, cipratan makanan, minuman, minyak, oli, tinta, karat dan lain sebagainya. Terutama jika baju kita berwarna terang seperti putih atau kuning yang membuatnya rentan terhadap noda. Jika terkena noda maka akan sangat mudah terlihat di baju.

Sebelum berkecil akibat baju yang terkena noda, perlu diketahui bahwa noda dari bermacam asalnya masih bisa kita bersihkan. Semua bisa dilakukan menggunakan bermacam cara, mulai dari yang menggunakan bahan-bahan yang banyak di dapat di dapur kita sampai menggunakan cairan khusus yang lebih keras apabila kita mendapati noda yang sulit sekali dihilangkan.

Setiap noda pun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda tergantung asal muasalnya. Mulai dari noda cipratan makanan biasa, minyak, ‘oli bahkan sampai noda luntur yang didapat dari baju lain di dalam cucian. Berikut adalah cara menghilangkan noda berikut dengan bahan yang diperlukan:

  1. Menggunakan cuka
    Penggunaan cuka sudah sangat lumrah dipakai untuk membersihkan berbagai produk turunan. Hal ini disebabkan karena cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga, dan asam mampu memecah kotoran yang menempel dibanyak permukaan termasuk kain. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan cuka dengan air lalu merendam pakaian yang terkena noda atau bisa juga dengan menuangkan sedikit cuka dan menggosok bagian yang terkena noda. Setelah itu biasanya baju dibiarkan selama 30 menit, sebelum akhirnya dicuci dan bilas sampai bersih.
  2. Menggunakan bubuk soda
    Sama seperti cuka, bubuk soda juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan juga bisa membantu membersihkan baju dari noda. Caranya hampir sama, yaitu dengan membubuhi bagian noda yang ada pada baju dengan bubuk soda lalu gosok bubuknya. Setelah itu diamkan baju selama kurang lebih 30 menit. Lalu dilanjutkan dengan pencucian seperti biasa dengan deterjen.
  3. Menggunakan lemon dan garam
    Keasaman yang didapat dari sari buah lemon juga memiliki efek serupa dengan cairan asam lainnya. Sedangkan garam mampu menarik noda yang menempel di kain. Caranya ialah dengan memeras buah lemon untuk mengambil sarinya. Lalu tuangkan ke bagian yang terkena noda sambil digosok dan taburkan garam ke noda sambil digosok. Setelah itu diamkan selam 15 menit lalu dilanjutkan dengan mencuci dengan deterjen dan bilas sampai bersih.
  4. Menggunakan cairan khusus pembersih
    Dipasaran banyak sekali cairan pembersih noda yang dijual dan cukup efektif dalam membersihkan noda. Mulai dari yang bisa membersihkan noda ringan serta cairan yang lebih keras seperti WD40 yang sering dipakai untuk membersihkan noda keras seperti perlatan dapur seperti kompor yang kotor bekas pemakaian. Namun perlu diperhatikan bahwa cairan pembersih yang keras umumnya tidak diciptakan untuk membersihkan noda dari kain, sehingga harus diuji terlebih dahulu apakah aman digunakan untuk kain.

 

Di www.tshirtbar.id kamu bisa menemukan ragam baju yang bisa dipesan dengan desain sesuai keinginan kamu sendiri. Bahkan kamu bisa pesan kaos custom dan jual lagi untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Mulai dari kaos, jaket, jersey dan banyak produk lainnya.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *