Last Update: July 8th, 2021 at 4:01 pm

Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Baju putih adalah baju yang seringkali dihindari oleh banyak orang karena ditakutkan akan cepat kotor. Tentu karena warna putih adalah warna dasar ibaratkan tanpa campuran warna sehingga noda akan sangat terlihat jelas pada baju putih ketimbang semisal baju warna hitam. Untuk merawat baju berwarna putih, pengguna harus lebih hati-hati saat beraktifitas. Contohnya saat makan agar cipratan kuah misalnya bisa menodai baju putih dan nodanya akan sangat mudah untuk terlihat. Bersandaran ke benda asing pun beresiko, sebab jika benda tersebut terdapat oli atau cairan yang dapat menodai baju, maka akan mudah terlihat pada baju putih. Untuk itu perlu mengetahui cara menghilangkan noda di baju putih, agar cepat teratasi saat terkena noda.

Noda yang paling umum pada baju putih adalah saus tomat, kopi, keringat, deodoran, tinta, darah, muntahan, crayon dan lain-lain. Bagaimana cara menghadapi jika baju putih sudah terlanjut terkena noda seperti yang sebelumnya disebutkan?

Menghilangkan noda di baju putih dengan cuka

Cara menghilangkan noda di baju putih adalah dengan cuka. Kenapa cuka? Sebab cuka adalah cairan yang memiliki konsentrasi asam yang tinggi, dan kekuataan asam nya mampu menghancurkan kotoran, minyak dan bermacam noda lainnya termasuk bermacam noda pada baju.

Cara untuk membersihkan segala noda tersebut hampir semuanya mirip-mirip yaitu sebagai berikut:

cara menghilangkan noda luntur di baju putih dan berwarna

 

1. Usap bagian noda dengan tisu tebal hingga noda berkurang sebisa mungkin.

2. Rendam bagian bernoda ke dalam larutan air yang sudah dicampur dengan cuka selama 30 menit. Gosok bagian noda tersebut jika perlu secara perlahan.

3. Angkat baju dari rendaman air cuka, lalu cuci baju dengan deterjen seperti biasa. Namun pastikan baju dicuci sendiri.

4. Jika noda masih membandel ulangi proses dari awal.

5. Setelah pencucian selesai, keringkan baju dengan cara dijemur ketimbang dikeringkan dengan mesin pengering.

Menggunakan WD40

Akan tetapi seringkali noda masih terus ada sebab beberapa jenis noda memang sangat sulit untuk dihilangkan. Kali ini mungkin diharuskan untuk menggunakan cairan bantuan seperti stain remover atau cairan WD40 yang terkenal karena sering dipakai untuk membersihkan kotoran di dapur.

Namun dikarenakan WD40 adalah cairan yang keras dan bahkan dapat berpotensi merusak kain, maka ada baiknya menguji WD40 bagian baju yang tidak terlihat untuk memastikan WD40 masih bisa digunakan. Jika aman, semprotkan WD40 ke bagian noda tersebut hingga menutupi noda, lalu gosok noda namun pastikan jangan sampai malah menggeser noda ke areal yang bersih.

Setelah menggunakan WD40 hingga bersih, bilas baju dan cuci baju sendiri seperti biasa menggunakan deterjen. Pastikan untuk mengikuti instruksi pencucian dengan benar. Setelah pencucian selesai, keringkan baju dengan cara dijemur ketimbang dikeringkan dengan mesin pengering. Kenapa menghindari mesin pengering, karena beberapa jenis noda bisa semakin sulit untuk dihilangkan apabila terkena panas tinggi. Contohnya seperti noda minyak yang jika bertemu panas tinggi akan seperti membuatnya matang dan ini akan membuat noda menjadi permanen.

Jika kamu kesulitan dalam menghilangkan noda, kamu bisa membeli kaos putih baru dengan harga dimulai dari Rp50,000 yang kamu bisa custom dengan desain sesuai keinginan kamu di Tshirtbar. Menyediakan kaos yang terbuat dari bahan katun 100% yang nyaman dipakai untuk sehari-hari, ada juga kaos berbahan dry fit yang juga bisa dipakai sehari-hari atau untuk olahraga.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *