Last Update: July 8th, 2021 at 12:35 pm

Cara Menghilangkan Noda di Baju Berwarna

Akibat pemakaian sehari-hari, baju sering terkena noda dari berbagai macam sumber. Noda pun karena bermacam asalnya, seperti tanah, air yang kotor atau tercemar, minuman, minyak dan lain-lain. Terutama jika baju kita berwarna putih, maka noda akan sangat mudah terlihat dengan jelas karena akan sangat kontras dengan warna baju tersebut.

Namun biarpun baju putih mudah terkena noda, baju putih sebenarnya cenderung mudah juga dibersihkan karena putih adalah warna yang cukup netral. Untuk merawat baju putih biasanya kita akan menggunakan deterjen dan pemutih. Bahkan kita bisa menggunakan colour remover apabila baju kita terkena noda luntur.

Lalu cara menghilangkan noda di baju berwarna? Apakah cara membersihkannya juga sama? Tentu ada perbedaan. Jika kita melakukan pendekatan yang sama dengan apabila kita membersihkan noda di baju warna putih maka akan berpotensi untuk ikut merusak warna dasar baju tersebut. Contohnya jika memberikan colour remover pada baju berwarna untuk membersihkan noda luntur, yang mungkin akan terjadi adalah warna dasar baju tersebut juga akan terbawa ikut pudar juga.

Menggunakan pewarna wantex pun juga juga tidak terlalu mudah, karena pilihan warna wantex belum tentu cocok dengan warna baju. Kalau begitu bagaimana kiat-kiat solusi untuk menghilangkan noda di baju berwarna?

Menghilangkan noda di baju berwarna dengan cuka dan bubuk soda

cara menghilangkan noda di baju berwarna dengan cuka dan bubuk soda

 

Noda yang sangat umum biasanya akan mudah terurai jika terekspos dengan zat dengan tingkat keasaman tinggi. Oleh karena itu cuka dan bubuk soda akan sangat efektif untuk memecah noda, bahkan noda yang cukup bandel sekalipun seperti noda karat. Caranya cukup dengan mengoleskan larutan cuka dengan air atau menaburi bubuk soda ke bagian yang terkena noda lalu digosok. Setelah itu diamkan selama 30 menit sebelum kita cuci dengan deterjen seperti sampai bersih.

Hilangkan dengan sabun cuci piring

cara menghilangkan noda di baju berwarna dengan sabun cuci piring

 

Biarpun terkesan aneh, namun sabun cuci piring cukup efektif dalam menghilangkan noda minyak. Alasannya cukup jelas yaitu kandungan sabun cuci miring memang efektif untuk mengangkat residu minyak dari permukaan benda. Kita bisa coba sabun cuci piring untuk membersihkan noda minyak yang bandel dengan mengolesi bagian yang terkena noda dan menggosoknya secara perlahan. Lalu kita diamkan 

selama 15 menit sebelum akhirnya kita cuci dengan deterjen biasa. Setelah itu jemur pakaian seperti biasa. Namun hindari menggunakan mesin pengering dengan temperatur tinggi sebab akan mempersulit noda minyak untuk hilang. Panas tinggi dari mesin pengering akan membuat noda minyak menjadi matang.

Menghilangkan noda di baju berwarna dengan borax

cara menghilangkan noda di baju berwarna dengan borax

 

Ini adalah bahan pengawet yang sering dipakai untuk bermacam keperluan industri. Kemampuan borax adalah untuk menghalau pertumbuhan jamur yang berakibat pada noda pakaian dan bau yang tidak sedap. Lalu bagaimana aplikasinya? Borax efektif untuk membersihkan noda jamur pada pakaian. Jamur yang tumbuh pada pakaian umumnya terjadi karena kelembapan udara, dan jika kita diamkan begitu saja maka berpotensi membuat baju atau barang lain seperti kursi disekitarnya juga ditumbuhi jamur sebab spora dari jamur bisa terbawa udara dan hinggap di mana saja.

Setelah kamu mempelajari cara menghilangkan noda di baju berwarna, kamu bisa berkunjung tshirtbar.id karena di sana kamu akan menemukan kaos dengan bermacam warna berbahan katun atau dryfit. Selain kaos, di situ kamu bisa mendapati jaket keren. Semuanya kamu bisa pesan dengan desain sendiri yang unik.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *