Last Update: July 8th, 2021 at 3:04 pm

Cara Menghilangkan Luntur di Baju Berwarna

Luntur sering menjadi masalah utama saat mencuci, tidak jarang kita kaget saat menarik baju dari cucian dan melihat warna baju kita tercampur dengan warna baju lain, terutama jika baju kita berwarna putih dan dicuci berbarengan dengan baju warna merah, maka besar kemungkinan baju kita yang tadinya berwarna putih akan memiliki noda berwarna merah. Untuk mengantisipasi masalah luntur, penting agar kita memisahkan baju-baju kita yang hendak kita cuci berdasarkan warna. Terutama baju warna putih, agar dicuci dengan sesama baju berwarna putih. Tapi bagaimana jika baju sudah terlanjur terkena noda luntur? Apakah kita sudah harus menyerah dan berkecil hati? Yuk cari tau cara menghilangkan luntur di baju berwarna di bawah ini

Hindari menggunakan mesin pengering

Pertama-tama perlu diketahui bahwa noda luntur belum tentu bersifat permanen, sebab agar tinta menjadi permanen setelah pindah, membutuhkan proses pemanasan terlebih dahulu. Maka hindari menggunakan mesin pengering dengan suhu tinggi agar tidak permanen.

Pisahkan pakaian yang luntur sesuai warna

Memisahkan pakaian luntur yang berwarna putih dan berwarna, sebab cara menghilangkan noda luntur dari dua jenis baju itu tidak sama. Untuk baju putih, caranya cukup mudah sebab warna dasar putih adalah warna netral dan dipasaran sudah ada pemutih pakaian yang memang bertujuan untuk memutihkan pakaian.

Cara menghilangkan luntur di baju putih

Untuk menangani baju putih yang terkena noda luntur:

  1. Rendam baju putih di dalam air yang dicampur dengan selama 30 menit. Jika tidak ada pemutih, bisa juga menggunakan cuka.
  2. Setelah merendamnya selema 30 menit, bilas dengan air dingin, lalu cuci seperti biasa tapi pastikan juga menggunakan air dingin.
  3. Jemur pakaian pakaian sampai kering.
  4. Jika sampai tahap ini, noda luntur kerap membandel dan tidak hilang, maka kita harus menggunakan bubuk color remover. Yang bisa dibeli dibanyak toko online. Ikutin panduan produk sesuai yang tertera dikemasan, rendam, cuci dan jemur.
  5. Pastikan agar tidak menggunakan color remover dibaju yang berwarna. Sebab color remover mampur menghilangkan warna baju, jadi jika kita salah merendam baju, maka akan membuat warna baju tersebut menjadi pudar.

cara menghilangkan luntur di baju berwarna

Cara menghilangkan luntur di baju berwarna

Untuk menangani baju warna yang terkena noda luntur:

  1. Jika kita sadar bahwa kelunturan sudah terlanjur terjadi, sebelum kita menjemurnya hingga kering. Cepatlah untuk mencuci ulang kembali dengan deterjen. Namun kali pastikan kita mengikuti cara instruksi cuci yang tertera pada label.
  2. Apabila kerap tidak bisa hilang, gunakan pemutih yang tidak mengandung chlorine. Ikuti instruksi yang ada pada kemasan produk tersebut.
  3. Lalu cuci seperti biasa dengan mengikuti instruksi label pakaian.
  4. Jemur baju namun hindari penjemuran yang terkena langsung dibawah sinar matahari.

Memiliki baju dengan banyak warna adalah yang sangat wajar, namun tetap yang paling baik daripada menghilangkan noda ialah dengan mencegah noda luntur bisa terjadi yang umumnya terjadi akibat pencucian baju dengan bermacam warna menjadi satu.

Di tshirtbar kamu bisa memesan baju kaos dengan berbagai model dan warna yang tersedia, bahkan kamu bisa memesan baju full printing yang bisa diprint ke seluruh bagian badan. Semua bisa kamu pesan dengan desain yang kamu inginkan.

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *