Last Update: June 7th, 2021 at 4:10 pm

Cara Menghilangkan Lem Bekas Stiker Pada Mobil

Hampir semua mobil yang kita jumpai umumnya memiliki stiker dibagian mobil tersebut, biasanya ditempel di bagian jendela. Apalagi jika mobil tersebut adalah bagian dari sebuah komunitas, biasanya akan memiliki stiker khusus. Stiker yang ditempelkan pun sangat beragam, mulai dari stiker vinyl cutting yang berbentuk tulisan atau logo dengan 1 atau beberapa warna, dan stiker printing yang memiliki warna dengan jumlahnya yang sangat banyak.

Namun tidak selamanya mobil kita ingin ditempeli stiker yang sama terus-terusan. Selain itu, stiker pun memiliki kadaluarsa penggunaannya yang maksimal sehingga lambat laun akan berkurang kualitasnya akibat faktor eksternal dan gesekan. Jika stiker mulai memudar atau sedikit mengelupas maka akan membuat terlihat jadi jelek dan tidak pantas dipasang lagi.

Akan tetapi jika kita ingin mengganti stiker tersebut, kita akan dihadapi masalah baru yaitu resiko bekas stiker yang akan ditinggalkan apabila stiker kita cabut. Setiap stiker pun memiliki bekas yang berbeda, ada yang meninggalkan bekas yang sedikit atau tidak ada sama sekali dan ada juga yang meninggalkan bekas yang besar dan sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu kita perlu cara menghilangkan lem bekas stiker. Lalu bagaimana cara menghilangkan lem bekas stiker yang tersisa pada mobil? Berikut ini adalah beberapa caranya: 

Air sabun

Cara Menghilangkan Lem Bekas Stiker di Mobil dengan sabunCara yang cukup mudah dilakukan untuk melepas stiker pada mobil adalah menggunakan air sabun untuk melepasnya. Cukup dengan membasuhi air sabun ke areal stiker dan mencungkil bekas-bekas stiker secara perlahan.

Minyak kayu putih

Cara Menghilangkan Lem Bekas Stiker di Mobil dengan minyak kayu putihSalah satu cara lainnya adalah menggunakan minyak kayu putih untuk membuang sisa lem bekas stiker. Cukup dengan membasuhi minyak kayu putih pada lem bekas stiker dan cungkil sisa lem tersebut secara perlahan.

Alkohol

Cara Menghilangkan Lem Bekas Stiker di Mobil dengan alkohol

Alkohol merupakan cairan yang sangat multiguna, karena mampu membersihkan berbagai macam kotoran, noda hingga bahkan lem bekas stiker. Semakin tinggi kadar persentasenya, maka akan semakin efektif. Cukup dengan menuangkan alkohol pada areal bekas lem stiker dan gosok sampai bersih.

WD40

Cara Menghilangkan Lem Bekas Stiker di Mobil dengan WD40WD40 telah dipakai untuk membersihkan banyak kotoran yang membandel pada banyak jenis permukaan bahkan hingga noda karat, maka WD40 juga bisa efektif untuk membersihkan lem stiker. Cairan ini bisa disemprotkan ke areal noda, lalu digosok sampai bersih. Akan tetapi, perlu berhati-hati, karena WD40 adalah cairan yang cukup keras, cobalah untuk mentest WD40 dengan menyemprotkan ke bagian mobil yang tidak terlihat agar memastikan bahwa cat mobil tersebut tidak ikut rusak akibat WD40. Jika aman, maka semprotkan ke noda dan bilas sampai bersih.

Lalu bagaimana cara yang aman untuk mengcungkil lem sisa stiker setelah diaplikasikan ke 4 cairan di atas? Agar aman dan tidak merusak cat mobil, hindari penggunaan benda metal seperti silet. Gunakan kartu ATM/kartu kredit atau kartu sejenisnya untuk membersihkan lem-lem sisa stiker. Gesekan perlahan-lahan agar tidak meninggalkan bekas baret pada mobil kita.

Setelah kita bersihal melepas stiker kita dari mobil, pesan stiker baru anda di tshirtbar.id yang bisa custom stiker dengan desain sendiri. Mulai dari stiker cutting dan stiker printing full colour. Kunjungi page berikut untuk informasi lebih lanjut.

Kamu juga bisa memasan kaos atau jersey dengan desain yang sama dengan stiker kamu, karena dengan desain tersebut kita bisa membuat produk merchandising lainnya seperti jaket, topi, kaos, emoney dan lain-lain.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *