Last Update: July 8th, 2021 at 12:01 pm

Inilah Cara Menghilangkan Jamur di Baju

Kain adalah tempat yang cukup mudah ditumbuhi jamur, terutama jika kondisi ruangan lembab, maka jamur akan bermunculan jika baju tidak disimpan dengan baik. Jika baju ditumbuhi jamur, maka akan membuat warna nya jadi kusam karena jamur memiliki tekstur dan warna yang jelek. Oleh karena itu kita perlu mengetahui cara menghilangkan jamur di baju.

Selain membuat warna baju jadi kusam dan tidak layak pakai, jamur juga sangat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan pada pemakainya. Sebab jamur mengandung banyak bakteri jahat yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, bersin-bersin, alergi kulit dan lain-lain.

Lebih parah lagi, jamur akan menyebabkan bau tidak sedap membuat pengguna dan orang disekitarnya tidak nyaman. Hal ini seringkali terjadi pada pakaian yang sudah tersimpan lama atau stok baju digudang yang memiliki ruang lembab. Hal ini bisa membuat baju tersebut tidak layak jual.

Jika kita menemukan baju yang sudah berjamur apakah kita harus segera melakukan sesuatu? Ya, sebab jamur dapat terus berkembang dan menyebabkan baju disekitarnya ikut berjamur, bahkan jamur tersebut juga bisa tumbuh selain di baju seperti di sofa, lemari, tas dan lain-lain bahkan tanpa melalui kontak sekalipun. Untuk menghilangkan jamur di baju, berikut adalah caranya:

Mencuci dengan deterjen

Mencuci dengan deterjen

Dengan mencuci sudah pasti akan dapat membersihkan jamur dari baju-baju tersebut, namun sebelum mencuci, pastikan baju yang terdapat jamur terpisah dengan baju yang tidak ada jamur. Lalu setel air pada mesin cuci ke temperatur tertinggi dan tuangkan deterjen favorit anda. Setelah pencucian selesai, gantung baju dibawah sinar matahari langsung sebab jamur akan cepat mati di bawah terik sinar matahari.

Jika jamur masih tidak hilang, atau bau jamur masih terdapat setelah proses pencucian, rendam baju tersebut ke dalam air yang dicampur dengan cuka atau bubuk soda lalu cuci ulang kembali

Menghilangkan jamur di baju dengan borax

Mencuci dengan borax

 

Borax adalah golong pengawet yang sering dipakai karena berguna untuk menghindari pertumbuhan jamur. Borax mengkonvesi molekul air menjadi hidrogren peroxida sehingga jamur enggan tumbuh dan menghilangkan bau tidak sedap.

Caranya cukup dengan mencampurkan borax dengan air, lalu diaduk hingga rata lalu mencelupkan baju ke dalam larutan tersebut selama 20 menit, lalu angkat dan segera cuci hingga bersih.

Soda bubuk dan Cuka

cara menghilangkan jamur di baju dengan Soda bubuk dan Cuka

 

Cuka adalah cairan yang secara natural mampu membasmi bakteri dan jamur, oleh karena itu akan juga sangat efektif digunakan untuk membersihkan jamur dan bakteri dari pakaian. Caranya ialah mencampurkan cuka kedalam cucian pada tahap pertama. Lalu pada pencucian tahap kedua campurkan bubuk soda.

Gunakan Tea Tree Oil untuk menghilangkan jamur di baju

Minyak Pohon Teh atau Tea Tree Oil

 

Minyak pohon teh adalah cairan yang berasal dari tanaman dari Australia. Harganya tergolong mahal, namun pengunaannya lebih sedikit dari yang lain, sebab konsentrasinya lebih padat.

Cara menghilangkan jamur di baju yang terakhir ialah dengan mencampur sedikit saja minyak pohon teh dengan air dan masukan ke dalam botol spray yang halus, lalu semprotkan cairan tersebut ke baju yang terdapat jamur. Diamkan selama 10 menit dan cuci seperti biasa sampai bersih. Jika tidak terlalu nyaman dengan aroma tea tree oil, bisa juga diganti dengan minyak cengkeh.

Jika kamu sangat prihatin dengan kebersihan pakaian yang kamu pakai, maka perlu mempertimbangkan agar tidak sembarang membeli sebab bahan baju yang kamu beli mempengaruhi banyak atau tidaknya bakteri yang bisa tumbuh di baju tersebut. Gunakan baju kaos antibakteri berbahan katun 100% antimicrobial. Dengan finishing berteknologi silverplus mampu menjadikan bahan tersebut tidak mudah ditempati oleh bakteri.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *